Amy Winehouse Habiskan Rp 10 Miliar untuk Beli Narkoba

amy winehouse narkoba miliaran
Foto: Jennifer Rade

Sabtu, 23 Juli 2011 jadi malapetaka bagi penyanyi yang kala itu tengah naik daun, Amy Winehouse. Nyawa pelantun Back to Black itu melayang usai meminum terlalu banyak meminum alkohol dan melebihi batas normal. Narkoba dan alkohol memang bukanlah hal yang asing dalam kehidupan Amy Winehouse.

Sepanjang kariernya, penyanyi kelahiran 14 September 1983 tersebut sudah beberapa kali masuk rehabilitasi. Bahkan ketika kariernya sedang ada di puncak, Amy terus bergelut dengan kecanduannya akan heroin dan alkohol.

Kini setelah hampir satu dekade berlalu setelah kematiannya, sahabat Amy, Tyler James mengungkap fakta mengejutkan. Amy Winehouse sempat menyelundupkan begitu banyak narkoba saat berlibur bersama rekan selebriti lainnya ke Pulau Mustique. 

Tyler dan bintang rock, Mick Jagger ikut dalam perjalanan tersebut. Kala itu, Amy mengonsumsi banyak sekali barkoba. Hingga ketika barang haram itu habis, Amy harus disuntik obat penenang dari dokter setempat. 

Tentu hal ini membuat Tyler panik dan khawatir. Namun Mick Jagger menenangkannya. Pentolan band Rolling Stones tersebut mengatakan kalau apa yang dialami Amy adalah hal yang lumrah terjadi di kalangan bintang rock.

Bahkan Mick mengatakan bahwa seorang bintang musik rock pasti mengalami kecanduan. Ia menyebut hal itu sebagai bagian dari proses menjadi bintang. 

“Jangan khawatir, dia (Amy, red) akan baik-baik saja. Banyak orang di dunia ini mengalami hal tersebut (kecanduan, red),” ujar Mick Jagger pada Tyler.

Baca juga: Pengakuan Ari Lasso yang Pernah Jadi Pecandu Berat Narkoba

Kecanduan Amy terhadap obat-obatan terlarang itu dimulai sekitar tahun 2004. Tyler yang sempat tinggal bersama Amy di Camden, London mengatakan bahwa penyanyi yang memiliki ciri khas rambut disasak tersebut selalu pergi ke pub untuk minum-minum setiap jam 11 pagi. 

Amy akan berada di sana, bermalas-malasan selama beberapa jam. Tentu dengan mengonsumi alkohol dalam jumlah besar. Ia bisa menghabiskan segelas black sambuca setiap 202 menit.  

Kebiasaan Amy untuk mendatangi pub tersebut yang membuatnya mengenal para pecandu narkoba. Termasuk Blake Fielder-Civil, laki-laki yang nantinya dinikahi oleh Amy. 

Di awal hubungannya, Amy sempat curhat ke Tyler bahwa hubungannya dengan Blake tak akan pernah berlanjut ke jenjang yang lebih serius. Blake yang merupakan seorang pecandu heroin membuat Amy ragu-ragu. 

Meski mengatakan hal tersebut, Amy malah menikahi Blake beberapa bulan kemudian. Tyler mengatakan keduanya meresmikan hubungannya dalam keadaan mabuk setelah minum alkohol dan mengonsumsi narkoba. Blake juga lah yang memperkenalkan Amy dengan heroin.

Tak lama setelah pernikahan tersebut, Blake ditangkap polisi. Inilah yang menjadi kejatuhan seorang Amy Winehouse. Pemilik nama lengkap Amy Jade Winehouse tersebut memang sempat memutuskan untuk masuk rehabilitasi. Ia bahkan mencoba untuk berlibur ke pulau Mustique untuk menutup segala lembar hitam masa lalunya. 

Namun Amy rupanya masih belum siap untuk berubah. Ia masih kesulitan untuk meninggalkan kebiasaan lamanya. Ia bahkan menyelundupkan begitu banyak narkoba dalam liburan itu. 

Kecanduannya itu juga membuat Amy kehilangan kesempatan emas. Kala itu ia sempat ditawari untuk menulis soundtrack film James Bond, Quantum of Solace

Kala itu ia bekerjasama dengan Mark Ronson untuk menggarapnya. Bukannya menggarapnya dengan serius, Amy malah sibuk mengonsumsi heroin. 

“Aku duduk di sana di meja mixing bersama Mark dan Amy sangat kecanduan heroin. Matanya berputar-putar bahkan ia tidak bisa memegang gitar,” cerita Tyler. 

Amy tak lagi bisa bekerja dengan profesional. Tim produksi film yang dibintangi oleh Daniel Craig tersebut pun membatalkan kerjasama itu. 

Tak hanya itu, Amy juga pernah menghabiskan setengah juta Poundsterling atau sekitar Rp 10,1 miliar untuk membeli narkoba. “Aku menghabiskan sekitar 500 ribu Poundsterling untuk narkoba. Aku bisa saja membeli rumah. Aku bisa saja membelikanmu rumah,” kata Amy kala itu. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here