Ingin Bibirmu Tidak Keriput? Lakukan 4 Rekomendasi Jitu dari Dokter Ini

0
tips-agar-bibir-tidak-keriput-anti-aging
Foto: Spy

Meski kelihatan, banyak perempuan yang lupa merawat bibirnya. Padaha bibir juga bisa menua. Hal itu ditandai dengan volumenya yang menipis dan munculnya garis-garis halus di sekitarnya. 

Seorang dokter spesialis kulit dari New York, Dr. Macrene Alexiades mengatakan, bibir harusnya juga mendapat perawatan yang sama optimalnya dengan bagian tubuh lain. Terutama bagi perokok, orang-orang dengan kulit pucat dan sering terpapar sinar matahari.

“Garis-garis halus bisa jadi lebih buruk bagi perokok,” ujar Macrene seperti dilansir dari Harper’s Bazaar.

Jika selama ini kalian hanya mengaplikasikan lip balm, masih ada beberapa cara lain yang bisa dilakukan untuk membuat bibir lebih muda, segar dan berisi. Berikut tips dari dokter spesialis kulit terbaik di New York agar bibirmu tetap sehat dan anti-tua. 

1. Serum dan Balm Anti-penuaan

Serum khusus untuk bibir yang mengandung bahan anti-aging jadi salah satu cara untuk melawan penuaan. Salah satu agen anti-aging adalah retinol.

Retinol dikenal sebagai agen anti-penuaan yang meningkatkan produksi kolagen, dan menyamarkan noda hitam. Masalahnya, mengaplikasikan retinol secara langsung ke bibir bisa menimbulkan iritasi.

Baca juga: Kesalahan Penggunaan Cleansing Brush yang Jadi Mimpi Buruk Kulitmu

Jadi, jangan begitu saja memakai krim yang mengandung retinol untuk bibir. Pilih produk yang memang dikhususkan untuk perawatan bibir. 

“Hanya dalam beberapa hari, bibir akan terlihat lebih berisi tanpa adanya penanganan dengan jarum sekalipun. Kandungan Hyaluronic acid dan stimulasi kolagen memberikan tampilan yang lebih natural di bibir daripadi injeksi,” kata Dr. Macrene.

2. Eksfoliasi

Yang ke dua dan tak kalah penting adalah eksfoliasi. Layaknya perawatan kulit biasa, kulit bibir juga membutuhkan eksfoliasi. Hal ini bisa membantu pergantian sel kulit, sehingga bibirmu akan tampak lebih muda. 

Tetapi cara paling mudah untuk menyamarkan tanda penuaan pada bibir adalah dengan memberikan perawatan seperti bagian tubuh lain. Misalnya saja jika kalian melindungi kulit dengan sunscreen, jangan lupa untuk memakai lip balm atau lipstick yang memiliki kandungan setidaknya SPF 30.

“Seperti merawat kulit di area lainnya, kulit di sekitar mulut juga harus dirawat setiap pagi dengan sunscreen dan antioksidan topikal, sehingga terhindar dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar UV,” kata Dr. Joshua Zeichner, direktur riset kosmetik dan klinis di Departemen Dermatologi Mount Sinai, New York.

“Di malam hari, cobalah perawatan yang bersifat memperbaiki seperti retinol,” tambahnya.

3. Laser dan Peeling

Laser dan pengelupasan kimia atau chemical peeling juga jadi salah satu cara untuk menyamarkan garis halus dan pigmentasi di sekitar bibir. Dua hal ini bisa ditempuh jika penggunaan topikal tidak bekerja.

“Alasan terbentuknya garis-garis tersebut adalah karena otot-otot di sekitar mulut mengerut dan melipat kulit di atasnya. Laser dan peeling bisa membantu memerbaiki warna kulit dan tekstur kulit bibir, serta meminimalisir garis-garis halus,” ujar Dr. Joshua Zeichner.

4. Injeksi

“Dengan bertambahnya usia, garis batas bibir bisa kehilangan kekencangannya. Sehingga jika kalian memakai lipstik akan terlihat meluber keluar. Jika hal itu terjadi, lip filler jadi solusinya,” ujar Dr. Joshua Zeichner.

Baca juga: Ajaib! 5 Cara Pakai Highlighter Ini Bikin Wajahmu Terlihat Berbeda

Injeksi lip filler ini bisa mengembalikan volume dan struktur di area bibir. Jangan berlebihan karena akan membuat bibir tampak bengkak. Namun, dengan sedikit injeksi, maka akan mebuat bibir tampak lebih baik. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here