Berhasil Hamil, Rianti Cartwright: Jangan Takut Dibilang Mandul

Ultah Rianti Cartwright
Foto: Dok. Instagram Rianti Cartwright

Penantian selama sembilan tahun artis Rianti Cartwright untuk mendapat momongan, berakhir. Saat ini Rianti tengah hamil melalui proses bayi tabung. Usia kehamilan perempuan 36 tahun itu sudah memasuki trimester ke tiga.

Atas keberhasilan usahanya itu, Rianti ingin menyampaikan kepada masyarakat tentang stigma kemandulan. Menurut Rianti, tidak sedikit pasangan suami-istri yang tidak berani cek kemandulan, karena takut jadi bahan gunjingan.

“Kami merasa masalah cek kemandulan atau infertility itu masih ada stigmanya. Jadi orang suka malu untuk ngomongin atau membahas atau bertanya soal itu,” ujar Rianti dalam kanal YouTube Keluarga ITIKK milik Tya Ariestya, Selasa (26/5).

“Jadinya mereka nggak cari bantuan, nggak mulai-mulai,” lanjutnya.

|Baca juga: Hampir Sedekade Menanti, Rianti Cartwright ungkap Tantangan Kehamilan

Menurut Rianti, masalah seperti itu sudah biasa terjadi di kota-kota besar yang penduduknya memiliki tingkat stres tinggi. Hanya saja, banyak yang tak mau memeriksakan kondisinya, karena takut dibilang mandul.

Pemain film Ayat‑Ayat Cinta (2008) itu lantas berpesan kepada pasutri yang kesulitan mendapatkan buah hati agar tetap berusaha. Harapan untuk mendapatkan momongan masih besar, karena teknologi sudah semakin maju.

“Jangan berharap tanpa usaha, dan ternyata di Indonesia teknologinya sudah ada. Masih ada solusinya,” kata Rianti.

“Jangan pernah takut sama judgement mandul, karena sebenarnya di dunia kedokteran kata-kata mandul itu sudah nggak ada. Selama masih ada sperma, selama masih ada rahim, dan sel telur, itu masih bisa,” tambah Tya.

|Baca juga: Feel Nostalgic! 3 VJ Berkumpul Rayakan 15 Tahun Persahabatan

Suami Rianti, Cassanova Alfonso, juga berpesan untuk selalu memerhatikan kesehatan tubuh bagian dalam. Sebab, hal tersebut juga berpengaruh pada kesuburan dan kemudahan mendapatkan keturunan.

Please, meskipun kamu merasa sehat di luar, tapi kamu tetap harus cek bagian dalam tubuh, cek darah. Apa yang harus dikurangin, apa yang harus ditambahin harus tahu. Karena bisa aja kelihatan sehat, tapi kita nggak tahu apa yang terjadi sebenarnya sampai bertahun-tahun,” ujar suami Rianti. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here