Jharna Bhagwani Viralkan ‘Lathi Challenge’, Ini Makna di Balik Lagunya

0
709
lathi-challenge-2
Youtube Weird Genius

Media sosial kini tengah dihebohkan dengan sebuah video dari seorang beauty influencer yang baru berusia 17 tahun, Jharna Bhagwani. Dalam video tersebut, Jharna bertransformasi dari seorang yang rupawan menjadi sosok devil yang menyeramkan. Ia menyebut aksinya dengan sebutan #LathiChallenge.

Yang paling menarik dalam video tersebut adalah lagu yang mengiringinya. Kali pertama mendengarnya, mungkin terlintas pikiran jika lagu tersebut berasal dari luar negeri, karena lirik bahasa Inggrisnya yang menarik. Namun presepsi tersebut langsung berubah saat mendengar lirik dengan bahasa Jawa dan musik gamelan di tengah-tengahnya.

lathi-challenge
Transformasi Jharna Bhagwani

Lagu itu berjudul Lathi, karya grup musik Weird Genius yang terdiri dari dua YouTuber serta seorang DJ dari Indonesia. Dua YouTuber itu ialah Eka Gustiwana dan Reza ‘Arap’ Oktovian, serta Gerard Liu. Di lagu tersebut, Weird Genius menggaet penyanyi muda Sara Fajira.

Lathi kali pertama ditayangkan melalui YouTube pada 26 Maret 2020. Lagu itu sempat booming dan banyak didengar dalam aplikasi seperti TikTok hingga Instagram. Lathi menjadi makin fenomenal sejak berceceran video #LathiChallenge yang salah satunya dibawakan oleh Jharna Bhagwani tersebut.

Menurut Weird Genius dalam akun YouTube-nya, mereka mendefinisikan Lathi sebagai lagu yang bercerita tentang hubungan sarat kebohongan, tak ada kasih sayang, namun justru merusak. Hal itu biasa disebut dengan toxic relationship.

Meski begitu, wanita dalam video klip Lathi, berusaha keluar dari belenggu tersebut yang ditandai dengan perubahan sosok wanita lemah menjadi tangguh, meski masih ada aura gelap mengelilinginya.

Hal tersebut makin dipertegas dengan penggalan lirik Jawa-nya “Kowe ra iso mlayu saka kesalahan ajining diri ana ing lathi” yang berarti “Kamu tidak bisa lari dari kesalahan, harga diri seseorang ada pada ucapannya”.

Dengan begitu dapat disimpulkan lagu Lathi yang artinya adalah lidah, menyiratkan makna sebuah semangat keberanian dalam menghadapi hubungan yang toxic. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here