Jadi Penulis Ternama, Ini Alasan Raditya Dika Pake Judul Nama Binatang

raditya-dika
Foto: Dok. Instagram Raditya Dika

Nama Raditya Dika pasti sudah banyak dikenal. Memulai karir sebagai penulis, pria yang kini juga seorang komika dan aktor itu sudah menghasilkan banyak buku. Uniknya, pria yang akrab disapa Radit itu kerap menggunakan nama binatang sebagai judul.

Sebut saja Kambing Jantan, Marmut Merah Jambu, Koala Kumal, Babi Ngesot, Cinta Brontosaurus, Ubur-Ubur Lembur, dan masih banyak lagi.   

Penggunaan nama-nama binatang sebagai judul bukunya itu, rupanya jadi tanda tanya banyak orang. Termasuk aktris cantik Luna Maya. Dalam perbincangan yang diunggah di akun YouTube-nya, Luna pun menanyakan hal itu.

”Kenapa sih semua (buku-buku) loe berhubungan dengan binatang? Apakah di dalam khayalan loe mereka adalah teman-teman loe,” tanya Luna disertai tawa kecil.

Beberapa buku karangan Raditya Dika. Foto: NET

Baca juga: 6 Artis Ini Koleksi Hewan Eksotis yang Unik Abis, Yuk Intip!

Mendengar pertanyaan itu, Radit pun langsung menimpali. ”Apakah saya sadar saya seorang binatang, sehingga harus membuat buku,” canda ayah satu anak itu.

Setelah bercanda, pria kelahiran Jakarta 28 Desember 1984 itu akhirnya memberi alasan. Menurut Radit, pada zamannya dulu, buku-buku kerap diberi judul yang indah-indah. Seperti Eiffel I’m in Love, Me versus High Heels, dan masih banyak lagi.

Nah, karena tidak ingin sama, Radit pun mencoba mencari cara berbeda dengan membuat sesuatu yang aneh. Pilihannya, menggunakan nama-nama binatang. ”Pokoknya judulnya nggak jelas-nggak jelas, karena buku lainnya keren-keren,” ungkapnya.

Namun, karena menggunakan nama binatang, ada sedikit drama yang mewarnai bukunya. Radit masih ingat, karena berjudul Kambing Jantan, buku pertamanya itu diletakkan di deretan buku-buku pertanian dan pertenakan.  

”Nah, yang bikin gua sakit hati, karena di sampul buku ada wajah gua, pasti banyak yang beranggapan gua adalah penggembali kambing,” ungkap Radit yang langsung disambut tawa oleh Luna.

Baca juga: Terkenal Horor, Rumah Raditya Dika Ternyata Mewah Banget

Bukan hanya itu pengalaman tidak mengenakkan yang dirasakan Radit. Ketika berkunjung ke Makassar, dia mendapati buku pertamanya diletakkan di deretan buku misteri dan kejahatan.

”Haduh, itu keputusan apa, sih. Kalau orang lihat buku gua, pasti merasa ada aura-aura nggak enak. Tapi itu risiko membuat judul yang orang nggak familiar dengan judul judul nggak jelas,” beber suami model Anissa Aziza itu.

Namun, kini Radit bersyukur. Pasalnya, dengan menggunakan nama-nama tidak jelas dan berbeda untuk bukunya, justru menjadikan Radit seperti sekarang ini.

”Itu memang rumus gua. Jangan jadi yang paling baik, tapi jadilah yang paling berbeda. Karena dengan paling berbeda, kita akan sendirian. Jadi, dalam hidup, gua memang selalu menjadi sesuatu yang beda,” ungkapnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here