Mudah Terbakar Api Cemburu pada Pasangan? Ini 6 Cara Mengusirnya!

0
838
cara-mengatasi-rasa-cemburu
Foto: Net

Cemburu kepada pasanganbyang dicintai memang wajar.Tetapi jangan sampai cemburu yang berlebihan dan terus menerus, karena malah akan bikin sakit hati dan membebani hidup.

Padahal, belum tentu masalah yang membuatmu cemburu itu memang benar-benar terjadi. Bisa jadi masalah itu sebenarnya enteng, sehingga tak perlu jadi beban pikiran.

Nah, berikut ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi rasa cemburu berlebihan:

1. Berpikir Positif

Terkadang rasa cemburu datang meskipun kamu belum tahu kebenarannya. Bisa jadi kamu hanya salah sangka. Misalnya, pasangan mendadak mengatakan tak bisa pergi denganmu, kamu berpikir jika dia sedang bersama orang lain. Padahal besar kemungkinan dia memang sedang menyelesaikan pekerjaannya.

Jangan biarkan pikiran negatif menguasaimu, karena hal tersebut hanya membuatmu semakin stres dan tidak bisa mengontrol diri.

|Baca juga: Pasanganmu Keras Kepala? Begini Cara Menghadapinya!

2. Cari Akarnya

Jangan sampai kamu cemburu buta. Kamu mungkin takut ditinggalkan, atau mungkin merasa tersaingi. Tapi pada kenyataannya dia tidaklah seperti itu. Karena itu, carilah akar dari rasa cemburumu. Jika memang masalah tersebut sepele, sudahi rasa cemburu itu dan cobalah bersikap tenang.

3. Cari Tahu Penyebab Sulit Percaya

Salah satu penyebab rasa cemburu muncul adalah sulit percaya pada pasangan. Karena itu, cari tahu penyebabnya. Mungkin di masa lalu kamu pernah dikhianati oleh orang lain atau punya trauma masa kecil yang buruk. Cobalah berdamai dengan hal tersebut.

4. Ungkapkan Rasa yang Mengganjal

Cobalah untuk lebih terbuka dalam menyampaikan unek-unekmu kepada pasangan. Bicarakanlah sebab cemburumu dengan jujur, agar dia mengerti apa yang kamu maksud. Bisa jadi kamu hanya salah sangka dengan rasa cemburu yang kamu duga-duga sebelumnya.

|Baca juga: 9 Tanda Si Dia Hanya Memanfaatkanmu, Pasanganmu Salah Satunya?

Ungkapkan perasaan mengganjal tersebut dengan lembut dan tanpa emosi. Jangan gara-gara kamu berbicara kasar karena sudah terbakar cemburu, membuat dia jadi terpancing emosi juga. Dengan sikap lembutmu, besar kemungkinan akan membuat dia juga berkata jujur serta apa adanya.

5. Jangan Bandingkan Dirimu dengan Orang Lain

Jangan sampai kamu membandingkan dirimu dengan orang lain. Kebiasaan ini akan membuatmu merasa ‘kalah’ dan ‘tersaingi’, sehingga kamu takut pasanganmu berpindah kepada orang yang ‘lebih’ dari dirimu.

6. Jika Dia Terbukti Bersalah, Selesaikan dengan Cerdas

Jika cemburumu memang beralasan yakni karena pasanganmu memang membuat kesalahan, langsung tangani dan selesaikan dengan tenang. Daripada terus cemburu dan menyimpan dendam padanya, langsung ambil langkah cerdas untuk mengatasinya.

Pertimbangkan apakah kamu harus meninggalkannya atau tidak. Jika tidak, carilah solusi bagaimana dia bisa memperbaiki kesalahannya. Ingat, segera selesaikan dan jangan terlalu lama hanyut dalam rasa cemburumu. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here