8 Istilah Dalam Fashion yang Harus Diketahui Penggemar Mode

0
213
istilah-fashion
Foto: The New York Times

Berbicara tentang fashion, seringkali kita mendengar istilah-istilah asing yang jarang diucapkan sehari-hari. Padahal, berbagai istilah tersebut bisa kita jadikan referensi untuk bergaya.

Daripada penasaran dengan arti dari penyebutan kata asing tersebut, yuk pelajari artinya dibawah ini!

1. Haute couture

Haute-couture
Foto: Glowsly

Merupakan istilah dari Prancis, haute couture memiliki arti high fashion. Teknik pembuatan pada pakaian ini, memiliki level yang tinggi. Bahan dipilih dari kualitas terbaik. Detail jahitan pun sangat berkualitas. Pembuatannya cukup lama, karena handmade.

Bukan sembarangan pakaian disebut haute couture. Pakaian akan terlebih dahulu dipilih oleh Chambre Syndicale de la Haute Couture, badan khusus yang dibentuk pemerintah Prancis.

Baca juga: 6 Model Unik Anting Para Seleb yang Bisa Jadi Inspirasi Gayamu

2. Edgy

edgy
Foto: Wachabuy/Quora

Istilah edgy mengarah pada mode penampilan yang memiliki karakter khusus. Biasanya lebih merujuk pada kesan garang dengan mengaitkan warna hitam. Fashion edgy suka menawarkan hal yang anti-mainstream dan inovatif.

3. Chic

chic
Foto: Fashionedchic

Berasal dari bahasa Prancis chique, yang berarti keterampilan dan keanggunan. Gaya chic berarti tetap stylish dan modis, namun tidak menjadi budak fashion, yang harus mengikuti gaya sesuai tren yang sedang booming.

Baca juga: 7 Style Trendi ala Paula Verhoeven Untuk si Pecinta Hitam

4. Faux pas

faux-pas
Foto: Wholesale Urban Clothing

Faux pas dalam bahasa Prancis berarti melenceng. Jadi penikmat fashion faux pas akan lebih tertarik berpenampilan nyeleneh, meski tak sesuai dengan tren saat ini.

5. Retro

retro
Foto: PriceArea

Retro Berasal dari kata retrospective. Artinya adalah pakaian ataupun barang yang baru dibuat, namun terinspirasi dari gaya busana pada era sebelumnya. Retro lebih merujuk pada fashion tahun 70 – 90an. Fashion ini lebih kontemporer dengan kesan warna dan gemerlap.

6. Vintage

vintage
Foto: Vintage Dancer

Pada awalnya, istilah vintage digunakan untuk menyebut barang yang sudah berumur lebih dari 20 tahun. Namun kini penyebutannya digunakan untuk menyebut style sekitar tahun 20an hingga 60an.

Hampir sama dengan retro yang menampilkan kesan oldstyle, gaya vintage lebih didominasi dengan warna-warna yang pudar.

Baca juga: Anak Muda Wajib Punya 10 Celana Keren Seperti Marsha Aruan ini!

7. Sophisticated

sophisticated
Foto: StyleWe/Glam Radar

Memiliki selera tinggi serta berkelas, menjadi gaya para sophisticated. Penampilannya selalu sempurna, namun tidak berlebihan dan memiliki pesona yang menarik perhatian.

8. Oversized

oversized
Foto: Pinterest/Harper and Harley

Penikmat fashion oversized, akan mengenakan pakaian yang lebih besar dari ukuran tubuhnya, sehingga terlihat sangat kebesaran. (*)