3 Artis Luar Negeri yang Berhasil Bangkit Setelah Bangkrut

0
72
artis-bangkrut
Foto: Wikipedia/Dok. Instagram Lady Gaga/Black America Web

Kabar bangkrutnya mantan kekasih aktor Leonardo DiCaprio, Erin Heatherton belum lama ini, tentu mengejutkan. Bagaimana tidak, Erin dikenal sebagai model ternama dengan penghasilan fantastis.

Ternyata, bukan hanya Erin saja yang pernah mengalami kebangkrutan. Artis sekelas Lady Gaga, Will Smith dan Nicolas Cage, rupanya juga pernah mengalami nasib yang sama. Namun akhirnya mereka bisa kembali bangkit. Ini dia kisah mereka!

1. Lady Gaga

Gaga pernah mengalami kebrangkrutan karena konser Monster Ball-nya di tahun 2009 hingga 2011 gagal. Akibatnya Gaga bangkrut dan berutang USD 3 juta atau sekitar IDR 43,89 miliar.

”Tapi saya benar-benar bangkrut setelah perpanjangan pertama konser The Monster Ball. Lucunya, saya tidak tahu itu ” ungkap Gaga kepada Financial Times.

Baca juga: Layaknya Raja Mesir, Aksi Billy Porter di Met Gala Bikin Speechless

Syukurlah Gaga akhirnya berhasil keluar dari situasi yang tidak menguntungkan berkat kualitas dan popularitasnya. Kekayaannya pun terus bertambah. Per Juli 2018, kekayaannya mencapai USD 50 juta sekitar IDR 7 triliun. Namun, bagi Gaga, uang bukanlah segalanya.

2. Will Smith

Bekerja sama dengan DJ Jazzy Jeff, Will Smith mengeluarkan album perdana yang bertajuk He’s the DJ, I’m Rapper. Tak disangka, album mereka meledak. Mereka pun meraih multi-platinum pada tahun 1989. Will Smith menjelma menjadi seorang miliarder dalam semalam.

Namun pria 50 tahun itu lupa diri. Dia membelanjakan banyak uangnya untuk bersenang-senang hingga kebablasan. Ironisnya, Will lupa membayar pajak!

Baca juga: Sempat Bikin Kecewa, Andy Lau Siapkan Obat Patah Hati Penggemar?

Hingga datang tagihan dari Internal Revenue Service atau IRC (Badan Pajak Pemerintah Amerika Serikat) sebesar USD 2,8 juta (sekitar IDR 40,96 miliar). Selain itu dia juga harus menyerahkan hampir semua kekayaan yang dimiliki untuk melunasi hutang.

Untungnya setahun kemudian Will mendapatkan peran dalam The Fresh Prince of Bel-Air, dan ternyata film itu sukses. Will akhirnya berhasil melunasi sisa utangnya, dengan IRS mengambil 70 persen dari semua pendapatannya.

3. Nicolas Cage

Nama Nicolas Cage jadi jaminan suksesnya sebuah film di era 1990-2000-an. Kekayaannya saat itu diperkirakan mencapai USD 150 juta atau sekitar IDR 1,95 triliun (dengan kurs IDR 13 ribu per USD).

Namun kesuksesan membuat Cage lupa. Dia suka bergaya hidup mewah dan berfoya-foya. Menurut mantan manajer bisnis Cage, Samuel Levin, Cage pernah membeli sembilan mobil Rolls Royce dan tiga buah rumah
mewah senilai GBP 25 juta (sekitar IDR 397 miliar). Cage juga membeli 47 karya seni, perhiasan mahal, dan masih banyak lagi barang-barang mewah lainnya.

Baca juga: Adu Gaya Kate Middleton vs Meghan Markle Pasca Melahirkan

Kebiasaan itu membuat Cage punya banyak utang di bank. Akhirnya pada Oktober 2009, Cage secara resmi menyatakan kebangkrutan. Bahkan dia masih terbelit utang puluhan miliar pada Direktorat Pajak Amerika Serikat.

Untungnya Cage tidak menyerah pada keadaan. Dia berhasil bangkit kembali, dan akhirnya memiliki total kekayaan mencapai USD 25 juta sekitar IDR 366 miliar pada 2017. Sejak itu Cage mulai menata diri dan mengontrol hidupnya.

Masih ada beberapa artis lain yang memiliki nasib yang sama seperti diatas. Kisah lengkapnya bisa dibaca di Tabloid Nyata edisi 2498 yang terbit Jumat, 17 Mei 2019. (*)