Diah Ayu Lestari Padukan Jazz dan Religi di Muslim Festival Kairo

0
40
Foto: Why/Nyata

Penyanyi jazz muda, Diah Ayu Lestari baru bertolak ke Kairo. Wanita berusia 20 tahun ini, akan mewakili Indonesia di acara Moeslem Festival di Opera House Kairo, 26 – 27 Mei ini.

Persiapan Diah untuk penampilan pertamanya ini terlihat, saat berlatih di Anjungan Jawa Timur, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Selasa (23/5) lalu.

”Sekarang lagi persiapan, latihan tari bareng Sparkling Surabaya (tim tari dari Surabaya). Selain nyanyi di sana nanti, saya juga ikut nari di bagian penutupan,” ujar wanita kelahiran 2 Desember 1997 ini.

Baca juga: Serunya Ultah Anak Inul Daratista Bareng 6 Panti Asuhan

Kali pertama mendapat kesempatan dari Komite Seni Budaya Nusantara (KSBN), Diah mengaku senang. Tawaran itu menjadi pengalaman pertama baginya, tampil di Kairo, Mesir.

”Biasanya saya dapat tawaran perform di Eropa. Ini pengalaman pertama saya datang ke Kairo. Apalagi penampilan saya nanti, memadukan unsur jazz dan lagu religi,” ujar Diah pada Nyata.

Dalam penampilannya nanti, Diah akan membawakan tiga lagu. Satu solawat Tala Al Badru, dan dua lagu medley daerah Paris Barantai (Kalimantan Selatan), Cik Cik Periuk (Kalimantan Barat).

Meski tak ada kesulitan dalam persiapannya, Diah masih khawatir pelafalan solawatnya. ”Kalau lagu-lagu daerah masih bisa dihafal. Tapi kalau solawat kan semua dunia mengetahui. Apalagi di Kairo itu kan benar-benar bahasa Arab,” akunya.

Baca juga: Rap Monster Ungkap Kebenaran BTS Kolaborasi dengan Zedd

Selain menyanyikan dua lagu daerah dan solawat di acara pembukanya nanti, Diah juga akan ikut menari. Ada tiga tarian yang akan ditampilkan, Lenggang Surabaya, Kembang Setaman dan Indang Dindin Badindin.

”Dua bulan ini aku bolak balik Jakarta – Surabaya, untuk latihan sama ibu-ibu dari Sparkling Surabaya. Alhamdulillah sekarang semuanya sudah siap,” aku Diah.

Foto: Why/Nyata

Selepas dari Mesir, Diah sudah ada jadwal untuk tampil di Ukraiana. Diah akan tampil pada sebuah event festival dengan full band. ”Rencananya Agustus nanti akan tampil di Ukraina. Acaranya bareng full band. Doakan ya,” pungkas Diah.