Khawatir Singgung Kulit Hitam, BTS Ubah Lirik Lagu Fake Love

0
212
BTS-di-BBMA-2018
Foto: Ethan Miller/ Getty Images/ Us Weekly

Penampilan BTS di ajang penghargaan Billboard Music Awards 2018, memang menarik perhatian. Lagu Fake Love dari album terbarunya, Love Yourself: Tear yang mereka bawakan, berhasil membuat penonton bersorak.

Namun, ada yang berbeda dari lagu tersebut. Boyband asal Korea Selatan itu, mengubah beberapa bagian lirik lagunya.

Baca juga: BTS Kalahkah Justin Bieber di Billboard Music Awards 2018

Seperti pada umumnya lagu Korea, mereka menggunakan kata naega yang berarti aku, dan niga yang berarti kamu. Mereka mengubah kata tersebut dengan kata lain, karena takut disalahartikan menjadi kata-kata kasar (nigga), yang bisa menyinggung ras kulit hitam.

“Banyak sekali orang-orang yang mendengarkan lagu ini untuk pertama kalinya, saat itu. Dan ketika kalian mendengarkan kata-kata tersebut, dan memaknainya sebagai Bahasa Inggris, maka akan berpotensi terjadi kesalahpahaman. Untuk mencegahnya, kita mengubah lirik itu sehingga tidak membuat orang salah paham, ketika mendengarnya,” ungkap sang leader, Kim Nam Joon, di tengah konferensi pers peluncuran album terbaru BTS, Kamis (24/5) kemarin.

Baca juga: Heboh! Lagi-lagi Jimin BTS Dapat Ancaman Akan Dibunuh

Meski begitu,Pprubahan itu tidaklah merubah makna asli dari lagu mereka, dan hanya terdapat pada bagian Suga dan J-Hope.