Biaya Keamanan untuk Pernikahan Pangeran Harry Mencapai Rp 561,4 M!

Foto: Getty Images

Perhelatan Royal Wedding Pangeran Harry dan Meghan Markle pada Sabtu (19/5) lalu mencuri banyak perhatian dari seluruh dunia. Salah satu yang disorot adalah biaya pernikahan yang mencapai $42.8 juta atau sekitar Rp 599,2 miliar. Namun, sebagian besar pengeluaran bukan untuk dekorasi, bunga, maupun hiburan, melainkan untuk keamanan ribuan tamu.

Dilansir dari Bridebook, Pangeran Harry mengeluarkan dana hingga $40.1 juta atau setara dengan Rp 561,4 miliar, untuk keamanan. Biaya tersebut meliputi penembak jitu, penyamaran aparat kepolisian, alat untuk menonaktifkan dan penghancur drone, serta kebutuhan lainnya.

Foto: Maverick Photography/THE sun

Seluruh biaya keamanan tersebut, setara dengan 94% dari budget total biaya pernikahan. Sementara Pangeran William, yang menghabiskan $32 juta untuk keamanan, saat menikah dengan Kate Middleton.

Aparat bersenjata yang bertugas, diberi instruksi untuk menembak di tempat jika diperlukan. Hal ini dilakukan, mengingat banyak serangan teror yang belakangan ini terjadi, seperti di London Bridge, Westminster Bridge, dan Manchester Arena.

Selain itu, Pangeran Harry yang pernah tergabung di dunia militer Inggris, juga menjadi pertimbangan akan kebutuhan keamanan pada saat pernikahan.

Foto: Maverick Photography/THE sun

Mengutip dari CNBC, perencana pernikahan terkenal di Inggris bernama Aimee Dunne mengatakan, bahwa biaya yang dikeluarkan untuk makanan, minuman, gaun, dan dekorasi pada Royal Wedding ini, mencapai £2 juta atau setara Rp 38,1 miliar. Biaya ini lebih besar 73 kali lipat, dari biaya pernikahan di Inggris pada umumnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here