14 Aturan Fashion Kerajaan Inggris yang Jarang Diketahui

0
427
Foto : Getty / Chris Jackson / Pop Sugar

Menjadi anggota keluarga kerajaan Inggris, bukanlah hal yang mudah. Berbagai macam protokol dan aturan harus ditaati, termasuk untuk fashion.

Mulai dari aturan pemilihan gaun pengantin, warna cat kuku, hingga penggunaan stocking, harus diperhatikan. Bahkan, ada jenis sepatu tertentu yang sangat tidak disukai oleh sang ratu.

Mau tahu lebih lanjut? Yuk, baca selengkapnya di bawah ini.

1. Pemilihan baju pengantin

Foto : Getty Images

Pemilihan baju pengantin, tidak hanya melalui persetujuan kedua mempelai. Tetapi, juga harus mendapatkan persetujuan dari sang ratu.

Tradisi ini, juga dilakukan ketika pernikahan Kate Middleton dengan Pangeran William. Begitu juga untuk gaun pernikahan Meghan Markle dengan Pangeran Harry nantinya.

2. Dilarang memakai cat kuku warna-warni

Foto : Getty Images

Dilarang menggunakan cat kuku warna-warni, pada kegiatan resmi kerajaan. Itulah kenapa Kate selalu memilih cat kuku dengan warna alami, seperti merah muda yang kalem, atau transparan.

3. Aturan pemakaian tiara

Foto : Elle

Tidak setiap wanita anggota keluarga kerajaan, bisa mengenakan tiara. Hanya wanita yang sudah menikah saja yang memiliki hak spesial itu. Anak-anak dan wanita bujang tidak bisa mengenakannya.

“Hal ini menandakan penobatan cinta, serta lepasnya kepolosan setelah menikah,” ucap Geoffrey Munn, penulis Tiaras – A history of Splendour, dalam wawancaranya bersama Forbes.

Pengantin wanita akan mengenakan tiara milik dari anggota keluarga sang suami. Hal ini juga jadi pesan tersembunyi, bahwa dia telah berpindah dari keluarganya ke keluarga yang lain.

 

Baca juga : 8 Fakta Menarik Kelahiran Anak Ketiga Kate Middleton

Pada pernikahannya dengan Pangeran William, Kate mengenakan tiara milik Ratu Elizabeth, Cartier Halo Tiara. Dia juga seringkali meminjam tiara miliki Putri Diana, pada beberapa kesempatan.

Begitu juga nantinya dengan Meghan Markle saat pesta pernikahannya. Namun, masih belum diketahui, tiara siapakah yang akan dikenakannya pada 19 Mei nanti.

Selain pada perayaan pernikahan, tiara juga dikenakan hanya pada acara kerajaan yang paling fancy. 

4. Pesan rahasia yang dikirim sang ratu dari tas tangannya

Foto : Hello! Magazine

Bukanlah rahasia jika Ratu Elizabeth selalu membawa tas tangan, dalam setiap kesempatan. Bukan hanya untuk kebutuhan fashion, tetapi tas tersebut juga digunakannya untuk mengirim pesan rahasia.

Pemimpin monarki Inggris tersebut, akan meletakkan tasnya di atas meja makan ketika dia ingin meninggalkan meja makan. Hal tersebut juga memberi tanda bahwa acara tersebut telah usai, dan sang ratu ingin segera meninggalkan tempat.

Tak hanya itu, ketika ratu sedang berbicara dan dia mengubah posisi tas tangannya, hal tersebut mengartikan bahwa dia ingin menghentikan pembicaraan itu.

“Jadi hal yang sangat mengkhawatirkan, ketika dia mengubah posisi tas tangannya. Hal itu berarti secara halus ratu mengatakan ingin menghentikan pembicaraan tersebut,” ucap sejarawan kerajaan Hugo Vickers dalam wawancaranya dengan People

5. Clutch berfungsi untuk menutup belahan dada

Foto : PressFrom

Mendiang Putri Diana selalu menggunakan clutch, untuk menutupi belahan dadanya saat keluar dari mobil. Sehingga bagian tubuhnya tersebut, tidak akan tertangkap kamera.

6. Clutch juga menghindarkan dari jabat tangan

Foto : Getty Images / Glamour

Tak hanya untuk menutupi belahan dada, clutch juga digunakan untuk menghindari jabat tangan. Kate seringkali memegang clutch miliknya dengan kedua tangannya.

Posisi tersebut akan membuat jabat tangan menjadi hal yang canggung. Nah, Meghan yang seringkali mengenakan tas selempang, adalah sesuatu yang tidak biasa dilakukan oleh anggota keluarga kerajaan.

7. Warna pakaian ratu yang selalu cerah

Foto : Tim Rooke / Shutterstock/ Rex / Reader’s Digest

Bukan karena sang ratu menyukai warna cerah, tetapi agar masyarakat bisa dengan mudah menemukan keberadaan pemimpin monarki Inggris tersebut.

Baca juga : Menjadi Pewaris Takhta, Tak Membuat Pangeran George Ingin Jadi Raja

8. Tradisi mengenakan topi atau penutup kepala

Foto : Marie Claire

Ratu seringkali mengenakan topi pada acara-acara formal. Hal ini ternyata berdasarkan tradisi yang sangat tua, dimana wanita harus mengenakan penutup kepala.

Tak hanya topi, terkadang sang ratu juga menggunakan penutup kepala seperti bandana pada kesempatan yang kurang formal.

9. Wajib membawa pakaian hitam 

Foto : Getty Images

Ketika anggota keluarga kerajaan melakukan sebuah perjalanan, mereka diwajibkan untuk membawa pakaian hitam. Hal tersebut dilakukan untuk jaga-jaga agar ketika salah satu anggota royal family meninggal, mereka bisa langsung mengenakan pakaian tersebut sebagai tanda duka.

10. Anak laki-laki hanya kenakan celana pendek

Foto : Hello! Magazine

Tak hanya karena Pangeran George kelihatan lucu dengan mengenakan celana pendek, tetapi hal ini sudah menjadi tradisi para bangsawan dan aristokrat, sejak sekian lama.

Mereka akan mulai mengenakan celana panjang pada usia 8 tahun.

11. Jangan kenakan sepatu wedges saat bersama ratu!

Foto : Cosmopolitan

“Ratu sangat tidak menyukai sepatu tersebut, dan hal itu telah diketahui oleh semua anggota keluarga kerajaan,” ungkap salah satu bangsawan kepada Vanity Fair

Kate beberapa kali mengenakan jenis sepatu tersebut. Tetapi, hal tersebut dilakukannya saat tidak sedang bersama ratu.

12. Ratu tidak menyukai ketidaknyamanan sepatu baru

Foto : DC’s Shoes

Nah, untuk menanggulangi hal ini, Ratu Elizabeth memiliki pekerja untuk mengenakan sepatu barunya. Sehingga ketika ratu memakainya, sudah dalam keadaan nyaman, dan anti lecet.

Baca juga : 5 Potret Hangatnya Persahabatan Meghan Markle dan Priyanka Chopra

13. Gunakan pemberat di dalam keliman

Foto : Cosmpolitan

Untuk menghindari hal yang terjadi pada Kate Middleton di atas. Sang Ratu memiliki cara, yaitu memberikan pemberat di dalam keliman gaun-gaunnya.

14. Tidak wajib, tapi sangat disarankan untuk memakai stocking

Foto : InStyle

Walau bukan sesuatu hal yang wajib dan resmi, tetapi pemakaian stocking sangat disarankan.

Nah, itu dia keempat belas aturan fashion kerajaan Inggris. Wah, jadi anggota keluarga kerajaan memang bukan hal yang mudah ya.