4 Pebisnis Indonesia Masuk Daftar 100 Orang Terkaya Di Dunia

4 pebisnis Indonesia ini sukses masuk daftar 100 orang terkaya di dunia versi Forbes. Foto: Dok. Forbes
Deretan pebisnis Indonesia yang sukses masuk daftar 100 orang terkaya di dunia versi Forbes. Foto: Dok. Forbes

Tak kekurangan orang kaya, Indonesia ternyata memiliki empat orang pebisnis yang masuk ke dalam daftar 100 orang terkaya versi Forbes.

Melansir dari real-time billionaires Forbes, terdapat 4 pebisnis Indonesia yang memiliki kekayaan fantastis dengan jumlah harta melebihi 20 miliar dolar Amerika.

Beberapa di antara mereka bekerja mengelola bisnis energi, bank, dan juga perusahaan pengolahan tembakau atau rokok. Berikut adalah 4 pebisnis asal Indonesia yang masuk dalam daftar 100 orang terkaya di dunia versi Forbes.

| Baca Juga : Rupert Murdoch, Taipan Media yang Menikah Kelima Kalinya Di Usia 93 Tahun!

Prajogo Pangestu

Prajogo Pangestu orang terkaya urutan ke-26 di dunia. Foto: Dok. Forbes
Prajogo Pangestu orang terkaya urutan ke-26 di dunia. Foto: Dok. Forbes

Prajogo Pangestu adalah pendiri dari perusahaan Barito Pacific yang bergerak di bidang sektor petrokimia dan energi. Awalnya dia lahir di keluarga yang kurang mampu dan ayahnya hanyalah seorang pedagang karet. Lalu pada tahun 1970-an, Prajogo memulai bisnis perkayuan. 

Sukses besar, ia kemudian mendirikan perusahaan Barito Pacific Timber pada tahun 1993 yang kemudian berubah nama menjadi Barito Pacific pada tahun 2007 usai mengurangi bisnis kayunya.

Dengan jumlah kekayaan sebanyak 52,9 miliar dolar atau setara dengan lebih dari 800 miliar rupiah, Prajogo Pangestu menempati posisi ke-26 orang terkaya di dunia.

Low Tuck Kwong

Low Tuck Kwong, raja batu bara, orang terkaya nomor 66 di dunia. Foto: Dok. Forbes
Low Tuck Kwong, raja batu bara, orang terkaya nomor 66 di dunia. Foto: Dok. Forbes

Raja batu bara, Low Tuck Kwong jadi orang terkaya Indonesia yang berada di urutan 66 dalam daftar 100 orang terkaya di dunia.

Lahir di Singapura, Low Tuck Kwong mulai tinggal di Indonesia pada tahun 1972 karena ingin mencari peluang yang lebih besar setelah sebelumnya bekerja di perusahaan konstruksi milik ayahnya.

Setelah tinggal di Indonesia, ia kemudian mulai mendirikan perusahaan kontraktor hingga suatu hari mendapatkan kesempatan untuk memulai proyek pertambangan batu bara dan mendapatkan kesuksesan besar hingga akhirnya mendirikan perusahaan bernama Bayan Resource.

Berdasarkan laporan Forbes, Low Tuck Kwong memiliki kekayaan sebesar 24,3 miliar dolar atau setara dengan lebih dari 400 miliar rupiah.

| Baca Juga : Pengantin di Spanyol Gelar Pesta Lajang Berujung Masuk Penjara

Robert Budi Hartono

Robert Budi Hartono, pemilik Djarum dan BCA yang menempati urutan 84 orang terkaya di dunia. Foto: Dok. wikipedia
Robert Budi Hartono, pemilik Djarum dan BCA yang menempati urutan 84 orang terkaya di dunia. Foto: Dok. wikipedia

Siapa yang tak tahu perusahaan rokok Djarum dan bank BCA? Robert Budi Hartono adalah sosok di balik dua perusahaan tembakau dan keuangan terkenal ini.

Pada awalnya Robert Budi Hartono mewarisi perusahaan Djarum milik ayahnya yang hampir bangkrut. Namun bersama dengan kakaknya, Michael Bambang Hartono, mereka sukses menyelamatkan bisnis ini bahkan membuatnya jadi perusahaan penyokong industri tembakau terbesar di Indonesia.

Pada akhir tahun 90-an, keluarga Hartono membeli mayoritas saham BCA yang sedang mengalami krisis ekonomi dari tangan pemiliknya.

Dengan kekayaan senilai 23,6 miliar dolar atau setara dengan lebih dari 380 miliar rupiah, Robert Budi Hartono menempati posisi ke-84 sebagai orang terkaya di dunia.

Michael Bambang Hartono

Michael Bambang Hartono, pemilik Djarum, orang terkaya nomor 86 di dunia. Foto: Dok. Forbes
Michael Bambang Hartono, pemilik Djarum, orang terkaya nomor 86 di dunia. Foto: Dok. Forbes

Merupakan kakak dari Robert Budi Hartono, Michael Bambang Hartono juga menggeluti bisnis dan menguasai perusahaan yang sama.

Berbeda 1 miliar dari sang kakak, Michael Bambang Hartono memiliki kekayaan 22,6 miliar dolar yang kemudian menempatkannya di peringkat ke-86 orang terkaya di dunia.

Namun jika kekayaannya Hartono bersaudara ini digabungkan, maka harta mereka akan mencapai 46,2 miliar dolar dan berada di urutan atas orang terkaya di Indonesia. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here