Simak 7 Cara Meminta Maaf yang Baik saat Hari Raya Idul Fitri

Foto: Dok. iStock

Pada saat malam Lebaran, biasanya kamu akan menerima banyak sekali ucapan selamat merayakan Hari Raya Idul Fitri sekaligus permohonan maaf lahir dan batin. Hal yang sama pun biasanya akan kamu lakukan. Rasanya ada yang kurang jika kamu tak meminta maaf, terutama kepada orang yang lebih tua dan juga orang-orang yang kamu hormati.

Hal ini telah menjadi tradisi, kamu barangkali tak sadar bahwa kemudian sebagian penerima ucapan maafmu menganggapnya hanya basa-basi. Coba ingat-ingat, apakah ada yang tak membalas ucapan maafmu? Hal itu bisa saja terjadi apabila kamu tidak melakukan cara meminta maaf saat lebaran dengan baik. Coba deh simak tips ini!

1. Akui Kesalahan

Cara meminta maaf saat lebaran yang pertama adalah akui kesalahan atau sebutkan saja secara terus terang kesalahan-kesalahan yang pernah kamu perbuat. Apakah kamu yang suka marah-marah, kurang perhatian, kurang mengurusi dengan baik, atau mungkin jarang bersilaturahmi, dan lain-lain.

2. Lakukan dengan Kerendahan Hati

Cara meminta maaf saat lebaran yang kedua adalah dengan melakukannya dengan kerendahan hati. Tidak dapat dipungkiri bahwa permainan bahasa dalam merangkai kata memiliki peran penting untuk tersampaikannya suatu pesan.

Oleh sebab itu, ketika hendak memulai permintaan maaf, baik itu dengan bertatap muka atau melalui chat atau sambungan telepon, sebaiknya kamu awali dengan kata-kata seperti, “Aku minta maaf karena pernah menyakiti kamu”, “Aku salah selama ini,..”, dan semacamnya. Bukan maksudnya untuk memainkan permintaan maaf, melainkan agar permintaan maaf kita lebih dapat diterima.

|Baca Juga: 7 Rekomendasi Amplop Lebaran Lucu dan Kekinian. Anak-Anak Dijamin Suka!

3. Membuat Ucapan Sendiri Bukan Hanya Mem-forward

Apakah kamu termasuk dalam orang yang sering meneruskan pesan berisi ucapan permintaan maaf? Kamu mungkin mendapatkannya dari grup alumni kemudian mengirimkannya ke grup keluarga. Memang mungkin ucapan atau gambarnya menarik, tetapi isinya pun sama. Meski demikian kebiasaan seperti ini bisa juga memberikan kesan bahwa kamu meminta maaf hanya sekadar formalitas.

Oleh sebab itu, sebisa mungkin untuk membuat ucapan permintaan maaf lebaran sendiri. Meskipun kamu tak pandai dalam merangkai kata, ucapan permohonan maaf yang asli buatanmu sendiri akan terasa lebih serius dan lebih tulus untuk disampaikan.

4. Meminta Maaf Tanpa Membela Diri

Pembelaan dirimu tak akan pernah meluluhkan hati orang lain. Bukannya tergerak untuk memaafkanmu, si dia malah menjadi semakin kesal. Hal ini karena kamu terkesan tidak tulus dalam meminta maaf. Bahkan, orang lain bisa berubah pikiran dengan menilaimu tak bersalah.

Satu sisi kamu tengah meminta maaf, tapi di sisi lain tetap membela diri apalagi dengan berpanjang lebar. Hal ini kemudian menandakan tingginya egomu. Orang lain pun akhirnya akan menjadi kurang respek dan tidak bersungguh-sungguh memaafkanmu. Basa-basimu dalam meminta maaf juga akan dibalas dengan sebatas sikap etis seseorang untuk tidak menolaknya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here