6 Rekomendasi Film Indonesia yang Angkat Isu Kesehatan Mental

Foto: Dok. Imdb

Dalam beberapa tahun terakhir, industri perfilman Indonesia kian berkembang. Banyak genre dan tema yang bisa diangkat untuk dijadikan sebuah karya di film maupun drama. Salah satu tema yang banyak diminati adalah mengangkat isu mental health atau kesehatan mental.

Isu ini makin berkembang ketika masyarakat mulai peduli dengan kesehatan mental. Oleh sebabnya, semua karya yang berbau mental health biasanya laris di pasaran. Nyata telah merangkum film yang mengangkat isu kesehatan mental. Berikut ulasannya,

  1. My Idiot Brother (2014)
Foto: Dok. Imdb

Film yang diadaptasi dari novel karya Agnes Davonar ini mengisahkan seorang gadis berusia 15 tahun bernama Angel (Aldila Fitri). Angel memiliki seorang kakak yang mempunyai keterbelakangan mental bernama Hendra (Ali Mensan).

Bisa dibilang bila Angel sangat membenci kakaknya. Namun sebaliknya, Hendra sangat menyanyangi adiknya. Drama yang disajikan dalam film ini bikin para penonton terharu. Sangat pas dinikmati bareng keluarga.

|Baca Juga: 6 Film dan Series Indonesia Tentang Perselingkuhan. Awas Bikin Trust Issue!

  1. Posesif (2017)
Foto: Dok. Imdb

Film karya Gina S.Noer ini dibintangani oleh dua nama beken, Putri Marino dan Adipati Dolken. Keduanya digambarkan sebagai sepasang kekasih yang terjebak dalam hubungan toxic relationship.

  1. Imperfect (2019)
Foto: Dok. Imdb

Film yang diperankan oleh Jessica Mila sebagai Rara ini mengisahkan kehidupan seorang wanita yang memiliki tubuh besar. Selama hidupnya, Rara kerap dibandingkan dengan adiknya yang dinilai lebih cantik, Lulu (Yasmin Napper). Merasa muak selalu dibandingkan, Rara pun berinisiatif untuk membuat perubahan dalam dirinya untuk menjadi lebih baik.

  1. Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (2020)
Foto: Dok. Imdb

Film yang disingkat NKCTHI ini berkisah tentang sebuah keluarga yang memiliki tiga orang anak yakni Angkasa (Rio Dewanto), Aurora (Sheila Dara) dan Awan (Rachel Amanda). Konflik dalam keluarga mereka mulai muncul saat Awan berkenalan dengan Kale (Ardhito Pramono) dan mengenal duani baru yang tak pernah Awan bayangkan sebelumnya.

|Baca Juga:5 Film  Animasi Populer yang Pakai Suara Selena Gomez. Sudah Pernah Nonton?

  1. Dear Nathan: Thank You Salma (2022)
Foto: Dok. Imdb

Thank You Salma adalah film ketiga dalam trilogi Dear Nathan. Film yang dibintangi Jefri Nichol dan Amanda Rawles ini mengangkat isu yang krusial tentang perempuan dan kasus pelecehan seksual.

  1. Kukira Kau Rumah (2022)
Foto: Dok. Imdb

Film yang dibintangi Prilly Latuconsina sebagai Niskala ini mengangkat isu mental health. Niskala digambarkan sebagai wanita yang mengidap ganguan Bipolar. Suatu hari ia bertemu dengan Pram (Jourdy Pratama) seorang laki-laki yang jatuh cinta dengan musik. Pram memiliki hidup yang kesepian karena ayahnya meninggal dan ibunya sibuk bekerja.

Beberapa film di atas sangat cocok untuk mengisi waktu luangmu. Selamat menonton!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here