10 Negara dengan Waktu Puasa Terlama di Dunia. Ada yang Sampai 23 Jam

Foto: Dok. Pexels/Thirdman

Puasa di bulan Ramadan merupakan salah satu ibadah yang sangat penting bagi umat Muslim di seluruh dunia. Umat Muslim di berbagai belahan dunia berpuasa dari fajar hingga matahari terbenam saat bulan Ramadan.

Namun, durasi puasa di setiap negara berbeda-beda tergantung berada di bagian mana negara tersebut serta musim dari negara itu sendiri. Indonesia sendiri mempunyai waktu berpuasa sekitar 13 jam dan disebut sebagai salah satu negara dengan waktu puasa terpendek.

Tapi di sisi lain dunia, ada banyak negara yang memiliki waktu puasa yang sangat panjang. Bahkan ada yang mencapai hampir 24 jam. Nah berikut merupakan 10 negara di dunia yang memiliki waktu puasa terlama di dunia.

|Baca Juga:Perayaan Halloween di Seluruh Dunia. Dari Meksiko Hingga Jepang

Foto: Dok. freepik

1. Norwegia

Norwegia terletak di belahan dunia sebelah utara. Dimana kawasan di utara terkenal dengan periode musim panasnya yang sangat panjang. Bahkan di saat-saat ini, matahari hampir tidak pernah terbenam di kawasan tersebut. Di ibukota Norwegia, Oslo, durasi berpuasa bahkan bisa mencapai 20 jam pada hari-hari puncak musim panas.

2. Islandia

Negara ini juga terletak di kawasan utara serta memiliki durasi puasa yang cukup lama. Saat musim panas, matahari di negara ini hampir tidak pernah tenggelam di ufuk barat laut. Yang mana membuat durasi puasa disini mencapai 18 hingga 19 jam sehari. Bahkan, dilansir dari CNBC, waktu terlama yang tercatat adalah 22 jam sehari.

3. Swedia

Swedia pun juga terletak di bagian utara dunia. Seperti dua negara sebelumnya, Swedia juga mengalami periode musim panas yang sangat panjang. Layaknya Islandia, saat musim panas durasi berpuasa di negara ini bisa mencapai 18 hingga 19 jam.

4. Kanada

Durasi puasa di negara ini sendiri sebetulnya berbeda-beda di setiap kota. Namun durasi puasa terlama di negara ini sendiri tercatat selama 19 jam sehari. Untuk Muslim di Kota Toronto, durasi puasanya bisa mencapai 16 jam. Sedangkan Muslim di Kota Edmonton bisa menjalani puasa hingga 19 jam sehari.

5. Inggris

Di negara yang terkenal dengan menara jam Big Ben ini, umat muslim dapat menjalankan puasa selama 18 hingga 19 jam sehari. Dimana puasa untuk Muslim di Inggris mulai pada pukul 02.30 dini hari dan berakhir pada pukul 21.30 di hari yang sama.

6. Jerman

Tak berbeda jauh dengan Inggris, Muslim di negara Jerman juga menjalankan puasa selama 18 hingga 19 jam sehari. Perbedaannya berada di jam mulai berpuasa dan berbuka. Dimana umat Muslim di Jerman mulai berpuasa pada pukul 03.00 dini hari dan berbuka pada pukul 22.00 di hari yang sama.

7. Alaska, Amerika Serikat

Ada yang unik dari periode berpuasa di Alaska. Pasalnya di negara ini, waktu berpuasa dapat mencapai durasi sekitar 20 jam saat musim panas berlangsung. Namun, saat musim dingin waktu berpuasa di negara ini menjadi sangat singkat. Dimana umat muslim di Alaska hanya berpuasa selama 5 jam sehari saat musim dingin berlangsung.

8. Rusia

Rusia merupakan salah satu negara terluas di dunia. Yang mana ini membuat waktu puasa di negara ini beragam dari satu bagian dengan bagian yang lain. Di kota Moskow sendiri, umat Muslim menghabiskan waktu sekitar 19 jam sehari untuk berpuasa. Sedangkan umat Muslim yang berada di Kota Murmansk berpuasa hampir 21 jam sehari.

|Baca Juga:7 Takjil Dadakan yang Cocok Buat Buka Puasa di Perjalanan

9. Belarus

Negara yang terletak di Eropa Timur ini juga memiliki durasi puasa yang cukup lama. Dimana umat Muslim di negara ini menjalankan puasa selama 19 jam sehari.

10. Finlandia

Negara ini disebut menjadi negara dengan durasi puasa terlama di dunia. Dimana Muslim di negara ini menjalankan puasa selama hampir sehari penuh, hampir 24 jam. Mereka berpuasa selama 23 jam dalam sehari saat Ramadan.

Nah itu dia 10 negara dengan durasi puasa terlama di dunia. Semoga bisa menambah pengetahuan kalian ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here