Bersikap Dewasa, Will Smith Pilih Mengundurkan Diri dari Academy Awards

will-smith-mengundurkan-diri-dari-oscars
Dok. AFP/ Robyn Beck

Tidak cukup dengan permintaan maaf terbukanya, pemeran Richard William di film King Richard melakukan hal mengejutkan. Jumat (1/4), Will Smith menyatakan pengunduran dirinya dari keanggotaan Academy Awards. Hal tersebut disampaikannya lewat seorang perantara.

Sebelum mengambil langkah besar, Will telah mendengar respon Academy yang akan melakukan sidang disiplin kepadanya. Tidak ingin semakin melebar, dia kirimkan utusannya ke People untuk memberikan klarifikasi.

Menanggapi pemberitahuan sidang disiplin Academy, saya sepenuhnya menerima setiap dan semua konsekuensi atas perilaku saya. Tindakan saya pada Academy Awards ke-94, beberapa hari lalu memang mengejutkan, menyakitkan, dan tidak bisa dimaafkan. Daftar orang-orang yang telah saya sakiti sangat panjang, termasuk Chris, keluarganya, kerabat yang saya cintai, semua yang hadir, dan semua penonton di seluruh dunia yang menyaksikan. Saya mengkhianati kepercayaan Academy,” ujarnya.

| Baca juga: Muncul Pertama Kali Pasca Ditempeleng Will Smith, Chris Rock Tampilkan Ekspresi Tak Biasa

Dia menambahkan, “Saya telah merampas nominasi dari pemenang seharusnya yang berkesempatan untuk merayakan pekerjaan luar biasa mereka. Saya patah hati (kecewa, red). Saya ingin mengembalikan pada mereka yang pantas mendapatkan perhatian atas pencapaian mereka, dan membuat Academy kembali melakukan pekerjaan luar biasanya untuk mendukung kreativitas dan seni dalam film.

Gongnya adalah dia umumkan kepergiannya dari Academy, “Jadi, saya mengundurkan diri dari keanggotaan Academy of Motion Picture Arts and Sciences, dan akan menerima konsekuensi selanjutnya sesuai keputusan Dewan. Perubahan (ini) membutuhkan waktu, dan saya berkomitmen untuk melakukannya. Memastikan bahwa saya tidak akan pernah lagi membiarkan kekerasan mengambil alih akal sehat.

| Baca juga: Plak! Ini Alasan Will Smith Gampar Chris Rock di Atas Panggung Oscar

Pengunduran diri Will Smith dari Academy Awards mendapat reaksi tegas dari David Rubin, Presiden Academy of Motion Picture Arts and Sciences. “Kami telah menerima pengunduran diri langsung Will Smith dari Academy of Motion Picture Arts and Sciences,” kata Rubin dalam sebuah pernyataan. “Kami akan terus melanjutkan proses disipliner terhadap Will Smith atas pelanggaran Standar Perilaku Akademi, sebelum pertemuan dewan terjadwal berikutnya pada 18 April,” pungkasnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here