Unik banget! Biarawati Tertua di Dunia Ini Ternyata Gemar Makan Cokelat dan Minum Wine

suster-andre-biarawati-tertua-di-dunia
Dok. Gerard Julien/ AFP via Getty Images

Suster André, wanita yang tinggal di panti jompo, Résidence Catherine Labouré, Prancis Selatan, dinobatkan sebagai biarawati tertua di dunia yang masih hidup oleh Guiness World Records.

Tahun ini usianya menginjak 118 tahun, dan sebagian besar waktu dia dedikasikan untuk melayani Tuhan. Jiwa kemanusiaan Suster André memang sudah mendarah daging di tubuhnya.

Buktinya sebelum menjadi biarawati Katolik, wanita kelahiran 11 Februari 1904 itu mau merelakan dirinya untuk merawat anak-anak selama Perang Dunia II, memelihara anak-anak yatim dan orang tua di rumah sakit.

Dok. AFP/ BBC Indonesia

| Baca juga: Gorila Tertua Dimangsa COVID

Banyak pengalaman hidupnya yang menarik untuk dikulik. Salah satunya sebagai pasien Covid-19 tertua yang selamat di dunia. Wanita yang tinggal di Kota Toulon itu terinfeksi virus corona pada awal 2021, dan berhasil pulih sepenuhnya tiga minggu kemudian, tepat pada ulang tahunnya yang ke-117.

Dalam sebuah wawancara dengan TV Prancis, RMC Story, Selasa (26/4) kemarin, wanita yang menggunakan kursi roda sebagai alat mobilisasinya tampak senang menjadi orang tertua di dunia.

“Saya merasa akan lebih baik di surga, tetapi Tuhan yang baik belum menginginkan saya,” katanya, sembari menyebut gelar ‘biarawati tertua’ sebagai ‘kehormatan yang menyedihkan’.

biarawati-tertua-di-dunia-1
Dok. CNN

| Baca juga: TobyKeith Dinobatkan Sebagai Anjing Tertua di Dunia. Ternyata Ini Rahasia Umur Panjangnya!

Dalam wawancara bersama stasiun televisi tersebut, dia juga mengungkapkan kebahagiaannya yang selalu dimanjakan oleh keluarganya. Suster André sangat menikmati cokelat dan segelas anggurnya setiap hari di panti jomponya.

Saat merayakan ulang tahunnya, awal tahun ini, biarawati tertua di dunia yang memiliki nama lengkap Lucile Randon itu mendapatkan pesan spesial dari Presiden Prancis, Emmanuel Marcon, Presiden ke-18 selama hidupnya.

Sebelumnya, Guiness World Record telah mencatat Kane Tanaka sebagai wanita Jepang tertua di dunia, dia disertifikasi meninggal pada usia 119.

Gelar itu juga pernah disandang wanita Prancis yang lahir 21 Februari 1875, dimana kehidupan Jeanne Louise Calment berlangsung selama 122 tahun, 164 hari, berdasarkan pernyataan dari Guiness World Records. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here