Siap Tempur! Ini Tips Menjawab Pertanyaan Sensitif yang Muncul saat Lebaran

Foto: Dok. mentatdgt/pixels.com

Lebaran sebentar lagi, hari sukacita untuk umat muslim bisa berkumpul dengan sanak saudara dan saling bermaaf-maafan.

Hari yang suci itu lekat dengan silaturahmi yang indah dan damai. Namun, bagi beberapa orang terutama yang sudah berusia 20 tahun ke atas momen lebaran membuat mereka sedikit takut. Pasalnya, keluarga besar akan berkumpul dan bisa saja timbul pertanyaan yang cukup mengganggu.

Ketika itu terjadi, Jangan Takut! Tetap santai dan tenang. Berikut adalah tips pintar untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan canggung tanpa menyakiti hati orang lain. Apa saja ya? simak berikut ini.

1. Kapan Nikah?

Pertanyaan paling klise yang sering ditanyakan kepada orang berusia 20 tahun ke atas. Apalagi posisinya semua saudara sudah banyak yang berkeluarga, wah jadi semakin bertambah tekanannya.

Jadi yang bisa kamu lakukan adalah menjawab seadanya. Bila punya pacar kamu bisa menjawab, “Iya nih semoga sama si dia berjodoh ya, doakan yang terbaik saja”. Tapi buat kamu yang single bisa menjawab beberapa hal seperti:

“Masih fokus karir dulu, semoga aja sekalian ketemu jodohnya”

“Masih nunggu yang pas, nanti kalau ada pasti udah sebar undangan kok”

|Baca Juga: Sudah Tahu Belum? Ini Loh Aturan Perjalanan Selama Mudik Lebaran 2022

2. Kerja Apa?

Seusai lulus sekolah atau kuliah pasti ada beberapa saudara yang menanyakan hal tersebut. Mereka jelas-jelas ingin tahu apa yang terjadi padamu karena lama tidak bertemu. Tenang, jangan khawatir kamu bisa menjawabnya seperti ini:

Buat yang masih jadi jobseeker kamu bisa jawab, “iya ini masih usaha untuk cari kerja, semoga salah satunya bisa lolos ya.”

“Nyari perusahaan itu kaya nyari jodoh, kalau belum pas ya brarti belum nemu. Gak mau asal pilih.”

3. Kok Tambah Gendut?

Pertanyaan yang menyakitkan terutama buat cewek-cewek nih. Rasa penasaran yang berkedok body shaming. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan, salah satunya adalah diam sambil tersenyum, atau kamu bisa menjawab seperti ini:

“Alhamdullilah kalau saya gemukan, berarti saya bahagia karena makan terus.”

“Yah gakpapa sih gemukan, daripada makan temen kan gak enak,”

“Punya banyak uang nih, bingung ngabisinnya gimana jadi beli makanan aja.”

4. Loh Jerawatan Sekarang?

Pertanyaan yang menjurus ke body shaming lainnya. Mungkin ada beberapa orang yang jarang berkumpul dengan keluarga besar, jadi sekalinya bertemu akan ada beberapa perubahan fisik yang terjadi. Perubahan itulah yang sering dibuat pertanyaan yang bikin hati sebal. Kalau kayak gitu kamu bisa jawab dengan:

“Iya nih masih coba-coba skincare baru demi muka glowing di masa depan.”

“Jerawatan kan normal, pokoknya aku udah usaha ngerawat nanti kan hilang-hilang sendiri.”

” Skincare mahal nih, mungkin mau ikut nyumbang dana?.”

|Baca Juga: 7 Ide Parsel Lebaran Ini Bikin Silaturahim Kamu Makin Erat Terjaga

5. Masih Belum Punya Anak ?

Pertanyaan yang jelas sangat mengganggu pasangan suami istri terutama pengantin baru. Padahal si penanya tidak mengetahui alasan dan perjuangan dibaliknya untuk bisa memiliki anak. Pertanyaan ini bisa kamu jawab seperti:

“Masih belum rezeki, doain aja ya.”

“Gak tau ya, itu kan rahasia Allah.”

Terlepas dari seberapa jengkelnya kamu dengan pertanyaan-pertanyaan itu, tetapi hari raya adalah waktu untuk bersuka cita. Jangan berlarut-berlarut memendam emosi karena itu adalah racun hati. Saling memaafkan di hari fitri adalah keutamaan yang harus dijalankan. Minal Aidin Wal-Faizin, Mohon Maaf Lahir dan Batin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here