Hailey Bieber Buka-Bukaan tentang Operasi Jantungnya

Istri Justin Bieber, Hailey Bieber baru saja menjalani operasi jantung. Salah satu mimpi buruk terbesarnya.

Namun kini mimpi itu sedikit berlalu dan dia bisa menceritakan apa saja yang baru dialami. Kabar terbaru itu dia bagikan melalui video di kanal YouTube-nya, Rabu (27/4) lalu.

Lewat judul video Telling my story, model berusia 25 tahun itu mengatakan, ”ingin bercerita dengan kalimat saya sendiri. ”Hailey menjelaskan bahwa dia baru-baru ini menjalani prosedur penutupan patent foramen ovale (PFO), operasi untuk menutup lubang di jantungnya. ”Syukurlah semua berjalan lancar dan saya pulih dengan sangat baik dan cepat,” paparnya.

Justin dan Hailey Bieber kini lega pasca Hailey menjalani operasi jantung (Foto: Getty Image)

Prosedur itu dilakukan sebagai lanjutan dari operasi yang dilakukan sebelumnya. Hailey sempat mengalami gejala mirip stroke pada 10 Maret lalu, kemudian menjalani pengobatan. ”Saya baru saja mengalami mimpi buruk pada 10 Maret. Saya sarapan dengan suami, ngobrol biasa dan normal banget. Di tengah obrolan itu, saya merasakan sensasi aneh yang menjalar dari lengan, ke bahu hingga ke ujung jari,” kata Hailey dalam video itu. ”Itu bikin ujung jari saya mati rasa,” imbuhnya.

Hailey pun dilarikan ke rumah sakit di daerah tempat tinggal mereka di Palm Springs. Sesampainya di sana, dokter menemukan gumpalan darah di otaknya.  Itu yang menyebabkan serangan iskemik transien (TIA) yang sering disebut stroke mini. Mereka nggak tahu bagaimana bekuan darah itu bisa terjadi di sana.

”Ketika saya berobat ke UCLA, kami melakukan pemeriksaan lebih dalam dan diketahuilah PFO,” katanya. PFO adalah penutup antara bilik kanan dan kiri jantung. Sesuatu yang biasanya menutup dengan sendirinya pada lahir. Sementara Hailey tidak.

Hailey dan Justin dalam satu kesempatan (foto: Splash News)

Dokter berpikir, penerbangan panjang Hailey ke Paris, baru-baru ini, diagnosa COVID-19 dan penggunaan alat kontrasepsi meski menderita migrain parah, bisa jadi penyebab stroke ringannya.

Hailey melanjutkan, ”Kondisi yang saya alami lubang di jantung itu yang tertinggi. Ada tingkatannya dan saya tingkat lima, cukup besar lubang itu.”

”Yang biasanya terjadi adalah jantung menyaring gumpalan darah ke paru-paru dan paru-paru akan menyerapkan. Namun dalam kasus saya, gumpalan darah itu melarikan diri melalui lubang di jantung saya dan berjalan ke otak dan itulah sebabnya saya menderita stroke ringan.”

Justin, Hailey dan adik-adik Justin (foto: Instagram Justin Bieber)

Namun Hailey bersyukur, semua sudah berlalu. ”Saya sudah berpindah dari ketakutan yang besar ke kehidupan yang normal,” imbuhnya.

Patent foramen ovale (PFO) adalah penyakit jantung bawaan ketika lubang yang terletak di antara serambi kanan dan serambi kiri jantung tidak menutup sempurna setelah bayi lahir. Meski jarang bergejala, kondisi ini dapat menyebabkan migrain dan stroke ketika penderita dewasa.

Foramen ovale adalah lubang yang dibutuhkan janin ketika masih dalam kandungan. Normalnya lubang itu akan menutup secara alami setelah bayi lahir, karena sudah tidak diperlukan.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here