Cara Mengelola Uang THR Biar Nggak Habis Sia-Sia

tips kelola THR

Tunjangan Hari Raya (THR). Kalian pasti sudah mendapatkan itu kan sejak h-7 lebaran? Dengan nominal yang besar, sering kali kita tergiur untuk membelanjakannya untuk hal yang sia-sia. Nah, agar tidak kebablasan dan tidak menyesal, yuk kita ikuti tips kelola THR berikut ini!

Buat Tujuan

Yang pertama kamu harus membuat tujuan, apakah uang tersebut akan kamu pakai untuk beli gadget baru, mudik, bayar pajak, atau ngasih THR orang tua. Sebab itu akan menentukan seberapa banyak uangmu THR mu akan terpakai.

| Baca juga: 2022 Anti Miskin, Yuk Benerin Urusan Finansial Kamu dengan Tips Ini!

Prioritaskan Bayar Utang

Kalau kamu masih punya utang yuk bayar dulu utangnya. Sebab orang yang kamu utangi juga butuh ngasih THR ke keluargnya kan? Di sisi lain, reputasimu sebagai orang yang amanah juga akan terjaga.

Alokasikan untuk Kebutuhan Tahunan

Karena THR hanya datang satu tahun sekali, ada baiknya kamu alokasikan uangnya juga untuk kebutuhan tahunan seperti bayar pajak kendaraan maupun rumah, berkurban, maupun mudik.

Dengan begitu cash flow bulanan kamu tidak akan terganggu.

| Baca juga: Cara Agar Anak Kos Bisa Makan Enak

Sisihkan untuk Investasi

Investasi itu penting loh, karena kamu akan menerima manfaat lebih dari sekedar menabung. Untuk produk investasinya, kamu bisa sesuaikan dengan profilmu yang agresif atau cari untung saja.

Jangan Lupa Zakat dan Sedekah

Tips kelola THR yang terakhir adalah jangan lewatkan sedekah dan zakat fotrah untuk hari raya Idul Fitri yang datang satu tahun sekali. Menyisihkan uang untuk beribadah dijamin nggak akan buat uangmu habis, malah justru bertambah. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here