Aktris Korea Youn Yuh Jung Cetak Sejarah di SAG Awards

youn-yuh-jung-menang-sag-awards-2021-best-actress-supporting-roles
Foto: Peter Ash Lee/The New York Times

Screen Actors Guild Awards (SAG) 2021 untuk pertama kalinya digelar secara virtual. Meski dihelat dengan berbagai keterbatasan, namun justru muncul beberapa catatan sejarah baru dalam ajang penghargaan yang disiarkan pada Minggu (4/4) itu. 

Aktris Korea Youn Yuh Jung misalnya. Perempuan 73 tahun itu berhasil menyabet penghargaan kategori aktris pemeran pendukung terbaik berkat perannya di film Minari. 

Yuh Jung berhasil menorehkan sejarah di SAG Awards. Betapa tidak, ibu dua anak itu menjadi aktris Korea pertama yang berhasil membawa pulang piala SAG dalam kategori film. Sebelumnya, Sandra Oh jadi aktris berdarah Korea yang mendapat penghargaan SAG berkat perannya di serial tv, Killing Eve. 

Ketika tahu dirinya menang, Yuh Jung begitu kaget. Ia berhasil mengalahkan sederet aktris papan atas yang masuk dalam nominasi yang sama, seperti Maria Bakalova, Glenn Close, Olivia Colman dan Helena Zengel.

“Aku tidak tahu bagaimana menjelaskan perasaanku sekarang. Aku dikenali orang Barat!” kata Yuh Jung terbata.

Baca juga: Gemerlap 13 Best Dress SAG Awards 2021. Mana yang Paling Cetar?

Perempuan kelahiran 19 Juni 1947 itu pun mengucap terima kasih kepada pihak SAG Awards. Termasuk pada aktris lain yang masuk dalam nominasi kategori tersebut. 

“Aku sangat senang dan bahagia. Terima kasih SAG-AFTRA. Terima kasih banyak. Terima kasih juga pada Olivia, Glenn, Maria dan semuanya. Terima kasih,” ungkap Yuh Jung. 

Baca juga: 8 Foto Transformasi Atta Halilintar, dari Imut Hingga jadi Suami Aurel

Akting Youn Yuh Jung dalam film Minari berhasil merebut perhatian dunia. Ia berperan sebagai nenek Soon Ja dalam film garapan sutradara Lee Isaac Chung itu.

Jika biasanya seorang nenek terkenal sebagai perempuan yang lembut, suka membuat kukis untuk cucunya. Berbeda dengan nenek Soon Ja. Ia adalah sosok yang keras, suka mengumpat dan membuat cucunya sebal setiap waktu. Meski begitu, Soon Ja begitu menyayangi anak dan cucunya yang diceritakan tengah mengadu nasib di Amerika Serikat. 

Peran Yuh Jung sebagai nenek Soon Ja bukan hanya mencuri perhatian SAG Awards. Ia juga menjadi nominasi dalam ketgori yang sama di ajang Oscar 2021. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here