5 Tips Jitu Mencuci Wajah Agar Lebih Glowing. Wajib Dicatat Nih!

0
767
tips-mencuci-wajah-yang-benar
Foto: Net

Mencuci wajah menggunakan facial foam wajib dilakukan setiap hari agar kulit senantiasa sehat. Tapi jangan terlalu sering melakukannya, karena malah bikin kulit jadi kering. Akibatnya kulit jadi mudah keriput. 

Dikatakan dr Arini Astasari Widodo SpKK, mencuci wajah cukup dua kali sehari dan setelah berolahraga. ”Jangan terlalu sering, karena justru akan bikin kulit jadi kering,” ujar Arini dalam sebuah kesempatan. 

Hal itu terjadi karena terlalu sering mencuci wajah akan mengikis lapisan minyak dan kelembaban alami kulit. Akibatnya kulit wajah akan terasa seperti tertarik, kering, gatal, bahkan mengelupas. Kondisi kulit seperti itu akan menyebabkan wajah jadi mudah keriput. 

Lantas apa saja yang harus diperhatikan saat mencuci wajah? Berikut ini tips dari Arini: 

1. Suhu Air

Penggunaan air untuk mencuci wajah juga harus diperhatikan. Arini mengingatkan agar tidak menggunakan air yang terlalu panas atau terlalu dingin. Cukup gunakan air suhu ruang atau sedikit hangat. 

”Menggunakan air suhu ekstrem untuk mencuci wajah dapat merusak kulit. Air panas dapat melarutkan lemak kulit. Padahal lemak itu berguna untuk menjaga kelembaban kulit,” terangnya. 

Baca juga: Ini Jurus Jitu Natasha Wilona Agar Cepat Move On!

2. Pembersih Lembut 

Pilih pembersih dengan formula yang ringan dan lembut di kulit, sehingga aman dan cocok digunakan sehari-hari. Beberapa produk bahkan kini diperkaya dengan Pearl Micro Serum yang bekerja di lapisan kulit. Sehingga kulit jadi cerah alami dan membantu menyamarkan noda hitam. 

3. Ujung-Ujung Jari 

Arini menyarankan hanya menggunakan ujung-ujung jari untuk menggosok kulit saat mencuci wajah. ”Gosok dengan lembut menggunakan ujung-ujung jari. Tidak perlu menggunakan kain, scrub, atau alat-alat lain untuk mengeksfoliasi kulit,” ujarnya.

Kalaupun ingin menggunakan eksfoliator fisik, Arini mengingatkan agar sangat berhati-hati. Sebab tidak semua jenis kulit cocok dengan eksfoliator fisik. ”Gesekan kulit dapat merusak kulit dan bariernya. Ini terutama terjadi pada mereka yang kulitnya berjerawat, sensitif dan kering,” kata Arini.

4. Pembilasan 

Setelah mencuci wajah menggunakan facial foam, bilas dengan air hingga benar-benar bersih. Tidak ada sisa-sisa sabun dan busa. ”Untuk memastikan, cek air bilasan. Bila memang sudah tidak ada lagi sisa-sisa sabun dan busa, berarti sudah bersih,” tutur Arini. 

Pada beberapa orang membutuhkan lebih banyak untuk membilas. Misalnya, mereka yang memiliki rambut wajah lebih banyak. Juga kualitas air dan metode mencuci wajah yang dilakukan apakah di wastafel atau shower. ”Yang pasti, mencuci wajah dengan air mengalir akan memberikan hasil yang lebih bersih,” ujar Arini. 

5. Keringkan 

Jangan menggosok setelah mencuci wajah. Cukup tepuk-tepuk secara lembut dengan handuk bersih. Setelah itu lanjutkan dengan mengoleskan moisturizer atau pelembab agar kulit terjaga kelembabannya. *hen 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here