Haru! Begini Suasana Pemakaman Pangeran Philip

1-suasana-pemakaman-pangeran-philip
Foto: Adrian Dennis/WPA Pool/Getty Images

Setelah seumur hidupnya selalu berjalan dua langkah di belakang Ratu Elizabeth. Kini Pangeran Philip di perjalanan terakhirnya berada di depan sang istri. Peti jenazah Duke of Edinburgh diangkut dengan mobil Land Rover favoritnya, dari Kastil Windsor menuju kapel St. George. 

Suasana duka begitu terasa ketika prosesi pemakaman dimulai. Prosesi iring-iringan peti jenazah dari Kastil Windsor ke Kapel St. George dipimpin kelompok Pengawal Grenadier.

Upacara pemakaman diawali dengan Mengheningkan Cipta selama satu menit di seluruh negara itu, untuk mengenang Duke of Edinburgh. Di awal dan akhir Mengheningkan Cipta akan ditandai dengan senjata yang ditembakkan Artileri Pasukan Berkuda Ratu. Seperti apa suasana prosesi pemakaman Pangeran Philip? Berikut ulasannya.

1. Kesedihan Keluarga

suasana-prosesi-pemakaman-pangeran-philip
Suasana pemakaman Pangeran Philip. Foto: BBC

Pangeran Charles, Putri Anne, Pangeran William dan Pangeran Harry berjalan di belakang peti jenazah Pangeran Philip. Kesedihan tak bisa disembunyikan dari wajah mereka. 

2. Peti Jenazah Pangeran Philip

peti-jenazah-pangeran-philip
Foto: BBC

Peti jenazah Pangeran Philip ditutup dengan bendera yang didesain khusus dengan lambang negara-negara asal usul Pangeran Philip, yakni  Yunani, Denmark serta Inggris. Bendera Inggris diwakili logo dinasti Mountbatten dan Edinburgh.

Baca juga: Detik-detik Pemakaman Pangeran Philip, William dan Kate Sampai di Kastil Windsor

3. Diiringi Anak Cucu

pemakaman-pangeran-philip
Foto: Daily Mail

Peti jenazah Pangeran Philip, lengkap dengan topi perwira dan pedang komando di atasnya baru saja keluar dari aula dalam Kastil Windsor, diikuti barisan anak cucunya. 

4. Harry dan William Tidak Berjalan Beriringan

pangeran-harry-dan-william-di-pemakaman-pangeran-philip
Foto: BBC

Seperti yang telah disepakati sebelumnya, Pangeran William dan Harry tidak berjalan berdampingan. Sepupu mereka, Peter Phillips berjalan di antara kakak beradik tersebut. 

5. Protokol Kesehatan

suasana-pemakaman-pangeran-philip
Foto: BBC

Setelah memasuki kapel St. George, Windsor para tamu undangan diwajibkan memakai masker. Hanya 30 orang yang mengikuti prosesi doa untuk Pangeran Philip di dalam kapel.

6. Ratu Elizabeth di Kapel St. George

ratu-elizabeth-pemakaman-pangeran-philip
Foto: Daily Mail

Ratu berjalan didampingi Dean of Windsor, David Conner. Prosesi doa untuk almarhum dipimpin oleh Uskup Agung Canterbury, Justin Welby.

7. Peti Jenazah Sampai di Kapel St. George

peti-jenazah-pangeran-philip-makam
Foto: BBC

Kesedihan tampak jelas di mata para kerabat dan keluarga kerajaan Inggris, ketika peti jenazah Pangeran Philip memasuki kapel St. George. Mereka juga menundukkan kepala, memberikan penghormatan terakhir untuk sang duke. 

8. Duka Mendalam Pangeran Charles

Pangeran charles menangis
Foto: Getty Images

Pangeran Charles tampak yang paling luruh dalam duka selama prosesi pemakaman ayahandanya, Pangeran Philip.

9. Ratu Elizabeth Tampak Tegar

Ratu elizabeth pemakaman pangeran philip
Foto: PA

Ratu duduk sendiri, agak di ujung tapi tak jauh dari Pangeran Andrew. Tampak tegar selama prosesi doa dan pelepasan jenazah Pangeran Philip yang sudah mendampinginya selama lebih dari tujuh dekade.

10. Kereta Kuda Kesayangan

Kereta-berkuda-kesayangan-yg-jg-sdh-dimodifikasi-sdri-oleh-Duke-of-Edinburgh-ikut-mengantar-jenazah-sang-Pangeran-ke-peristirahatan-terakhirnya.-Foto-Reuter
Foto: Reuters

Kereta berkuda kesayangan yang sudah dimodifikasi sendiri oleh Duke of Edinburgh, ikut mengantar jenazah sang Pangeran ke peristirahatan terakhirnya. 

11. Pangeran William, Harry dan Kate Berjalan Bersama

Harry, Kate n William jalan bareng meninggalkan kapel St George seusai prosesi pemakaman Pangeran Philip. Kali pertama mereka bersama dlm setah FHun terakhir. Tampak Kate n Harry berbincang akrab sepulang dri kapel St George Sabtu siang (waktu London) td
Foto: Net

Pangeran William, Harry dan Kate berjalan bersama meninggalkan kapel St. George usai prosesi pemakaman Pangeran Philip. Kali pertama mereka bersama dalam setahun terakhir. Tampak Kate dan Harry berbincang akrab sepulang dari kapel St. George, Sabtu siang (waktu London). (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here