Ini Penghormatan Terakhir Keluarga Pangeran Philip dari Jerman

pangeran-philip-keluarga-jerman
Foto: Jens Hartmann/REX/Shutterstock

Mengharukan. Tiga keluarga Jermannya Pangeran Philip akan hadir dan masuk dalam daftar 30 orang yang boleh mengikuti prosesi pemakaman suami ratu Elizabeth II, yang bergelar Duke of Edinburgh itu. Seperti diketahui, ayah Pangeran Charles itu berdarah campuran Inggris, Yunani, Jerman dan Denmark.

Keluarga-keluarga Jerman ini dulu menentang pernikahan Philip dengan Elizabeth Alexandra Maria yang kini kita kenal sebagai Ratu Elizabeth II. Alasannya sepele, karena lokasinya di Inggris.

Perubahan zaman dan sikap Philip yang aslinya bernama Prince Philip of Greek (Pangeran Philip dari Yunani) yang menganggap yang sudah berlalu, biarlah berlalu, mencairkan kebekuan itu. Mereka pun lantas berkomunikasi kembali dan saling mengunjungi. Itu alasan kakek Pangeran William dan Pangeran Harry itu meminta mereka diizinkan mengantar ke peristirahatan terakhir Philip.

Baca juga: Wasiat Terakhir Pangeran Philip

Tiga keluarga Jerman yang akan menghadiri pemakaman kakek mertua Kate Middleton dan Meghan Markle itu adalah seorang sepupu dan dua orang cucu keponakan, yang saat ini sedang karantina di sebuah rumah di Berkshire, tak jauh dari London.

Selain mereka adalah Bernhard, Pewaris Pangeran Biden; Pangeran Donatus, Landgrave of Hesse; serta Prince Philipp of Hohenlohe-Langenburg yang karantina terpisah di Ascot Hotel.

Mereka dan juga Pangeran Harry akan diizinkan untuk bergabung dengan Ratu dan keluarga bila hasil swab terbarunya nanti negatif. Mereka sudah menjalani pemeriksaan itu saat berangkat ke London, saat tiba di London dan nanti pasca lima hari karantina. Kalau bukan untuk pemakaman Philip, karantinanya 10 hari.

“Sungguh ini suatu kehormatan yang luar biasa. Kami semua benar-benar merasa tersanjung dan terharu dimasukkan dalam daftar keluarga besar yang mengantar Pangeran Philip,” tulis Pangeran Philipp dari rumah karantinanya.

Baca juga: Terungkap! Begini Kondisi Terakhir Pangeran Philip Sebelum Wafat

Philipp ini cucu keponakan Duke of Edinburgh. Sebab nenek Philipp, Putri Margarita adalah kakak sulung almarhum Pangeran Philip. “Almarhum dulu sering bertandang ke rumah kami di kastil Langenburg (di selatan Jerman, Red),” kenang Philipp.

Sedang Pangeran Donatus, 54, adalah kerabat Pangeran Philip. (*nan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here