Pegolf Muda Laura Seca Widyamotjo Ajak Anak Muda Peduli Lingkungan

atlet-golf-pegolf-muda-laura-seca
Foto: Istimewa

Prestasinya di lapangan hijau, tidak membuat Laura Seca Widyamotdjo, pegolf junior berbangga diri. Laura begitu ingin membawa perubahan dan paradigma tentang menjaga lingkungan.

“Saya bermain di banyak lapangan golf yang indah di seluruh dunia. Ironisnya, di antara hamparan hijau asri terlihat sampah di aliran sungai, air danau jadi cokelat,” ungkap gadis kelahiran California, AS, 12 Mei 2004 itu.

Menurutnya sampah yang menumpuk telah merusak keindahan dan kenyamanan lingkungan dan menyebabkan polusi udara. Sebagai kaum milenial, Laura pun tergerak ingin membantu mencari solusi. Caranya, melakukan sesuatu yang sederhana.

“Saya mengontrol, mengurangi sampah yang saya hasilkan dalam sehari,” jelas perempuan yang mulai latihan bermain golf pada usia 9 tahun ini.

Dia juga membuat Gerakan Junior Golfers For A Cause. Kegiatan sosial berupa pengumpulan donasi untuk disumbangkan ke organisasi yang bergerak di konservasi atau edukasi lingkungan hidup. Cara mengumpulkan donasi ini cukup unik, dengan melakukan ‘juggling golf ball’, untuk setiap seribu rupiah yang masuk.

laura-seca-pegolf-muda
Laura Seca. Foto: Istimewa

Baca juga: Pengakuan Gadis India yang Pernah Dilamar Pangeran Harry

Laura mengaku, kegiatan ini telah dilakukan sejak 25 Maret 2021 dan akan berlangsung hingga 30 April 2021. “Saat ini donasi yang terkumpul sekitar Rp 6,5 juta,” ungkap pegolf yang meraih juara 3 ajang IJG (Indonesian Junior Golf) Premier League 8 di Jakarta pada tahun 2019 itu.

Rencananya, donasi yang terkumpul akan diserahkan kepada Teens Go Green Indonesia, sebuah komunitas anak muda yang melakukan kegiatan edukasi lingkungan bagi para remaja.

“Saya memilih organisasi ini karena mereka memiliki program mendidik anak remaja tentang bahaya sampah plastik di perairan kita. Saya ingin melanjutkan gerakan ini selama setahun dan memberikan donasi untuk beberapa proyek berbasis lingkungan lainnya,” jelas Putri ke dua pasangan Ben Widyatmodjo dan Vivian Secakusuma itu.

Menurut Laura, setiap orang dan siapa saja dapat berpartisipasi dalam Gerakan Junior Golfers for A Cause. Minimum donasi Rp 100 ribu untuk 100 juggles. “Setiap tindakan kecil atau besar akan sangat dihargai,” kata peraih juara ke 4 FOBISIA golf tahun 2019 itu. (Omi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here