Pangeran Harry dan Meghan Gandeng Produser Berdarah Indonesia untuk Serial Netflix

pangeran-harry-meghan-markle-produser-asal-indonesia-proyek-netflix-joanna-natasegara
Foto: Getty Images/Vogue

Pangeran Harry dan Meghan Markle siap meluncurkan proyek dokumenter Netflix pertama mereka. Berjudul Heart of Invictus, serial tersebut menceritakan tentang perjuangan para atlet yang bakal berkompetisi di Invictus Games 2022.

Ada yang menarik dari proyek perdana Meghan-Harry dengan Netflix ini. Sebab keduanya menggandeng dua pembuat film papan atas yang telah memenangkan penghargaan Oscar, untuk menggarap Heart of Invictus. Mereka adalah sutradara Orlando von Einsiedel dan produser Joanna Natasegara.

Usut punya usut, ternyata Joanna Natasegara adalah produser film keturunan Indonesia. Dilansir dari Vogue, ibunda Joanna, Barbara Natasegara adalah perempuan asli Inggris. Sementara ayahnya adalah pria Indonesia. 

joanna-natasegara
Joanna Natasegara. Foto: Vogue

Baca juga: Kado Manis George, Charlotte dan Louis untuk Ratu Elizabeth

Perempuan yang lahir serta tumbuh besar di Inggris ini sudah memiliki ketertarikan terhadap dunia perfilman sejak remaja. Perempuan yang memiliki gelar Master in Human Rights dari London School Economics tersebut juga peduli dengan berbagai isu sosial kemanusiaan. 

Melalui film-film yang digarapnya, Joanna ingin membuka mata dunia terhadap berbagai isu kemanusiaan. Misalnya saja dalam film dokumenter The White Helmets yang diproduksi 2016 lalu. Bersama sutradara Orlando von Einsiedel, Joanna menyoroti perjuangan petugas pertahanan sipil di daerah konflik Aleppo, Suriah yang terkenal dengan helm putihnya.

Puluhan bom diledakkan di Suriah setiap harinya. Para pahlawan berhelm putih inilah yang jadi penolong pertama masyarakat. 

“Dengan membuat film ini, kami ingin menyoroti apa yang terjadi di Suriah. Meski begitu susah untuk membuat film ini, namun ada orang-orang baik yang melakukan tindakan mulia melawan segala rintangan yang ada di Suriah,” ujar Joanna dalam wawancaranya bersama Vogue2017 silam.

Baca juga: Dear Meghan Markle, Perbaikilah 2 Kekuranganmu Ini Jika Ingin Jadi Presiden

Film tersebut pun mendapat perhatian luar biasa dari seluruh dunia. Bahkan setelah film tersebut viral, sederet bintang Hollywood seperti George Clooney, Ben Affleck dan Daniel Craig menandatangani petisi yang meminta komite Nobel untuk memberikan penghargaan kedamaian tahun 2016 kepada para sukarelawan yang menjadi petugas pertahanan sipil di Suriah. 

joanna-natasegara-oscar
Joanna dan Orlando memenangkan piala Oscar untuk The White Helmets. Foto: Manchester Evening News

Film tersebut juga berhasil menyabet penghargaan Oscar kategori Best Documentary (Short Subject) di tahun 2016. Ini bukanlah satu-satunya film Joanna yang mencuri perhatian. Sebelumnya lulusan Universitas Cardiff itu juga mendulang kesuksesan dengan film dokumenter yang bertajuk Virunga. Setidaknya 50 piala penghargaan internasional dibawa pulang Joanna dan timnya lewat karya itu. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here