Agar Manfaat Air Beras Lebih Optimal

manfaat air beras 2
Foto: Lovingkinkycurls

Manfaat air beras memang sudah diakui sejak lama. Namun air beras akan lebih optimal manfaatnya bila difermentasi, karena akan menghasilkan nutrisi yang disebut pitera.

Nutrisi ini disebut-sebut sebagai ramuan anti-penuaan, karena bermanfaat untuk mengatasi mengurangi garis-garis halus, mengecangkan, dan mencerahkan kulit.

Air beras yang sudah difermentasi juga menghasilan asam ferulik yang membantu melindungi kulit dari efek buruk ultraviolet matahari, sekaligus menetralkan kerusakan oksidatif, dan meningkatkan efektivitas antioksidan.

Baca juga: 5 Skincare Ampuh yang Jadi Rekomendasi Beauty Influencer

Untuk merawat rambut, air beras fermentasi dapat membantu mengembalikan keseimbangan derajat keasaman rambut, memberi nutrisi pada folikel rambut, dan meningkatkan kondisi keseluruhan rambut.

Cara membuat:

manfaat air beras untuk kecantikan
Manfaat air beras. Foto; Times of India

1. Masukkan beras ke dalam wadah, tambahkan air. Tutup, biarkan 15-30 menit.

2. Aduk dengan tangan secara perlahan hingga air menjadi keruh.

3. Pisahkan air dari beras. Biarkan pada suhu kamar selama satu hari atau hingga berubah jadi sedikit asam (sekitar 24-48 jam).
Ini menunjukkan sudah mulai terjadi fermentasi.

manfaat air beras 1
Foto: 4C Nappy Hair

4. Masukkan air beras yang fermentasi ini ke dalam botol tertutup. Simpan dalam lemari es. Air beras yang sudah difermentasi ini dapat digunakan sebagai pembersih wajah atau toner.

Air beras yang sudah difermentasi, larutannya cukup kuat. Karena itu, untuk merawat rambut sebaiknya cairkan lebih dahulu dengan satu atau dua gelas air hangat sebelum digunakan. Sesuaikan dengan kebutuhan rambut. Gunakan lebih banyak untuk rambut kering dan lebih sedikit untuk rambut berminyak. 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here