Kru Nanggala 402, Letkol (E) Irfan Suri Pilih Lepas ITB Demi Masuk AAL

kru-kri-nanggala-402-letkol-irfan-suri
Foto: Dok. Pri

Ditinggal suami berdinas dalam waktu lama bukan hal baru bagi Amelia A Yuni. Maklum, suami Amelia adalah anggota TNI AL. Dia adalah Letkol (E) Irfan Suri yang jadi salah satu dari 53 prajurit Kapal Selam KRI Nanggala 402 yang gugur saat bertugas di perairan Bali. 

Duka menyelimuti hati Amelia ketika mendengar sang suami gugur. Tidak ada firasat apa pun yang dirasakan oleh Amelia. Kini ia hanya bisa berusaha ikhlas melepas kepergian sang suami tercinta.

Kesedihan juga dirasakan oleh kakak sulung Letkol (E) Irfan Suri, dr. Haris Raihan. Namun di balik kesedihan itu, Haris juga bangga karena adiknya telah berbakti pada bangsa dengan kemampuannya dan mendapat kehormatan bergabung dengan KRI Nanggala-402.

Diceritakan Haris, Irfan adalah anak ke enam dari tujuh bersaudara. Pria kelahiran tahun 1981 itu termasuk penurut dan cerdas. Bahkan Irfan sempat diterima di salah satu perguruan tinggi terkemuka Indonesia, Institut Teknologi Bandung (ITB).

”Irfan itu hebat. Sebelum masuk AAL (Akademi Angkatan Laut, red), Irfan terpilih masuk ITB lewat jalur bebas tes dari Kota Banda Aceh. Namun dia menolak, karena sejak remaja ingin jadi tentara,” kenang Haris.

Baca juga: Miris! Putri Serda Guntur Masih Berharap Ayahnya Pulang

Keinginan Irfan untuk mengabdi pada negaratelah tertanam kuat sejak dini. Sosoknya selalu jadi kebanggan bagi keluarga. 

”Dia memang kepengen masuk Angkatan Laut dan jadilah dia seperti sekarang ini. Dia jadi kebanggaan keluarga,” lanjutnya sambil menahan tangis.

Di kalangan teman satu angkatan di AAL, Irfan juga dikenal cerdas dan supel. ”Irfan sangat humble. Dia baik, periang dan cerdas. Kalau ketemu dia selalu bercanda,” ujar seorang teman Irfan yang hadir di rumah duka. Tanggung jawab dan keberanian Irfan sebagai prajurit juga patut dibanggakan. 

Irfan ternyata bukanlah ABK KRI Nanggala 402. Ini kali pertama pria 40 tahun itu bertugas di kapal tersebut. Lantas apa yang membuat Letkol Irfan ikut dalam rombongan tersebut? Baca ulasan selengkapnya di Tabloid Nyata edisi 2600, terbit Kamis, 29 April 2021. Dapatkan Tabloid Nyata di:

Surabaya:
ShopeeTokopedia: Nyata Store Official

Jakarta:
ShopeeTokopedia: Nyata Store Jakarta

Untuk berlangganan: 082131583223
Happy Reading 😉

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here