Ini Penghormatan Terakhir Rakyat Inggris untuk Pangeran Philip

pangeran-philip-meninggal-suasana-istana-buckingham
Foto: Getty Images

Inggris Raya berduka. Suami Ratu Elizabeth II, Pangeran Philip tutup usia pada Jumat (9/4) pagi. Ayah empat anak itu wafat setelah sempat dirawat di rumah sakit selama hampir satu bulan.

Tak hanya jadi pukulan berat bagi anggota keluarga kerajaan, kepergian Pangeran Philip juga menyisakan luka di hati masyarakat Inggris. Terbukti setelah berita kematian Duke of Edinburgh tersebar, publik berbondong-bondong ke Istana Buckingham, London.

suasana-istana-buckingham-pangeran-philip-meninggal-dunia
Foto: Matt Dunham/AP Photo

Ratusan karangan bunga diletakkan di pagar istana sebagai tanda duka. Publik memenuhi kawasan Istana Buckingham untuk mengucap belasungkawa. 

Bendera Union Jack berkibar setengah tiang di salah satu sudut istana. Beberapa warga terlihat menangis terisak sembari meletakkan karangan bunga. 

suasana-istana-buckingham
Foto: Ian West/PA Images/Getty Images

Baca juga: Suami Ratu Elizabeth II, Pangeran Philip Wafat

Sebelumnya pihak istana Buckingham sudah menghimbau agar masyarakat tidak datang secara langsung di depan istana. Apalagi kini Inggris tengah dalam kondisi darurat Covid-19. Namun ratusan orang tetap berkumpul untuk mengungkap belasungkawa. 

pangeran-philip-wafat
Foto: Nikklas Halle’n/AFP/Getty Images

Bukan hanya karangan bunga, ada ratusan surat yang diletakkan di depan gerbang istana. “Selamat jalan Pangeran Philip. Kamu akan selalu dirindukan,” begitulah ungkapan yang ditulis oleh masyarakat London.

pangeran-philip
Foto: Reuters

Tak hanya di Istana Buckingham, masyarakat juga mengirim ratusan karangan bunga ke Kastil Windsor, Berkshire, Inggris.

suasana-istana-windsor-pangeran-philip-meninggal-dunia
Seorang petugas istana memindahkan karangan bunga dari gerbang Henry VII di Istana Windsor. Foto: Adrian Dennis/AFP/Getty Images

Baca juga: Akhirnya Terkuak! Begini Kondisi Terakhir Pangeran Philip Sebelum Meninggal Dunia

Pangeran Philip meninggal dunia di Istana Windsor, Inggris pada Jumat (9/4) pagi. Pihak Istana Buckingham, Inggris telah mengonfirmasi hal tersebut lewat sebuah pernyataan resmi.

“Dengan kesedihan mendalam, Yang Mulia Ratu Elizabeth mengabarkan bahwa suaminya, Yang Mulia Pangeran Philip, Duke of Edinburgh meninggal dunia,” begitu bunyi pernyataan resmi Istana Buckingham. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here