6 Fakta Youn Yuh Jung, Aktris Korea yang Borong 30 Penghargaan Dunia

fakta youn yuh jung menarik film minari
Foto: Peter Ash Lee/The New York Times

Film Minari benar-benar menunjukkan eksistensinya di kancah internasional. Salah satu pemain film Minari yang menarik perhatian adalah Youn Yuh-jung yang berperan sebagai nenek Soon-ja. Ternyata ada sederet fakta menarik dari Youn Yuh-jung.

Berkat kepiawaiannya berakting, aktris veteran Korea ini langsung panen 30 piala, di berbagai penghargaan Internasional sebagai Best Supporting Actress. Selengkapnya simak fakta dari Nenek terproduktif, Youn Yuh-jung ini.

1. Aktris Kawakan

Diketahui, Yuh-jung mengawali debutnya dalam film Woman Of Fire pada tahun 1971. Ia telah mengambil peran yang tidak terlupakan di lebih 80 drama, 30 film layar lebar dan menerima banyak penghargaan nasional hingga internasional.

2. Fakta Youn Yuh Jung: Baru saja dapat penghargaan

Dalam ajang EE British Academy Film Awards atau BAFTA, pada Minggu (11/4) lalu di London. Sang aktris menjadi perwakilan pertama Korea yang membawa piala BAFTA.

3. Masuk Nominasi Oscar 2021

fakta youn yuh jung aktris pemain film minari
Foto: Dazed

Tidak berhenti disitu, mantan istri penyanyi Jo Young-nam ini diketahui masuk dalam nominasi penghargaan film tertinggi dunia Oscar, yang akan diselenggarakan pada 26 April Mendatang.

4. Fakta Youn Yuh Jung: Kandidat Terkuat Pemenang Piala Oscar

fakta youn yun jung
Foto: Hook Entertainment

Sebelumnya, salah satu majalah Amerika Serikat Variety sudah menyebut nama aktris berumur 73 tahun itu sebagai kandidat terkuat, untuk mendapatkan Piala Oscar. Dia bersaing dengan beberapa aktris terbaik dunia, seperti Amanda Seyfried, Olivia Colman, Maria Bakalova hingga Glenn Close.

”Ini mungkin salah satu tahun yang berantakan untuk kategori Aktris Pendukung Terbaik di Oscar. Namun Youn Yuh-jung kandidat kuat saat ini, apalagi dia sudah mendapatkan piala Critics Choice Awards untuk penampilannya,” tulis mereka pada Kamis (4/3) lalu.

5. Sempat Merasa Terbebani

youn-yuh-jung-menang-sag-awards-2021-best-actress-supporting-roles
Foto: Peter Ash Lee/The New York Times

Dipuji oleh penonton seluruh dunia, membuat ibu satu anak ini tidak mau berpuas diri. Yuh-jung malah takut akan banyaknya orang yang mengatakan jika dirinya bisa membawa pulang Piala Oscar.

”Setiap kali bertemu dengan orang-orang, mereka selalu mengeluarkan kata-kata Oscar untuk saya. Jujur saja, itu sangat mengganggu. Jika seperti itu saya memilih menghindar dari mereka,” ungkapnya.

6. Bukan Yang Pertama

fakta youn yuh jung 1
Foto: 1st Look

Sebelum Minari, ia sudah menerima pengakuan internasioanl lewat Festival Film Cannes untuk The Housemaid  dan  The Taste of Money. Yuh-jung juga sempat membintangi serial bahasa Inggris pertamanya sebagai Minjung dalam drama Sense8 yang di produksi oleh Netflix. *bbs/aii

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here