9 Artis Beri Motivasi Kartini Masa Kini untuk Berjuang Lawan Pandemi

pesan-hari-kartini-artis
Foto: Dok. Pri

Hari Kartini tahun ini terasa begitu berbeda. Kondisi dunia yang tengah dilanda pandemi corona, membuat para ‘Kartini’ masa kini harus berjuang lebih keras. 

Saling membantu dan menguatkan satu sama lain, jadi misi utama di tengah kondisi krisis saat ini. Tak ingin ketinggalan, para artis pun memberikan kalimat motivasinya di hari spesial untuk perempuan Indonesia ini. Seperti apa?

1. Titi DJ

titi-dj-hari-kartini-ucapan
Foto: Dok. Instagram Titi DJ

Titi menceritakan kalau foto tersebut diambil saat mengisi acara Malam Puspawarni Indonesia, pada 11 Maret 2020. Ia tidak menyangka kalau ini akan jadi acara terakhirnya sebelum pandemi corona mengubah segalanya. 

Hari ini, di Hari Kartini tahun ini. Hal ini membuat saya berfikir, bahwa bagi saya dan banyak wanita Indonesia di luar sana. Kami harus selalu siap dengan datangnya tantangan-tantangan baru yang sedang dan akan kami hadapi,” tulis Titi

Ia pun menuliskan perjuangan tanpa lelah dari para pekerja perempuan. Mulai dari dokter, perawat, sukarelawan, hingga para karyawan perempuan. 

Para Dokter, Perawat, Petugas Kesehatan, Team Sukarelawan wanita yang harus berjuang demi kesembuhan para pasien, hingga terpaksa harus jauh atau harus โ€œmenjauhiโ€ dulu keluarganya di rumah . Para pasien-pasien wanita yang terus berjuang untuk sembuh agar bisa kembali pulang berkumpul dengan keluarga,” kata Titi.

“Para Ibu-ibu yang harus selalu memastikan, bahwa keluarganya selalu tercukupi semua kebutuhan, dalam kondisi yang makin sarat keterbatasan . Para karyawan wanita yang harus tetap berjuang, mencari cara-cara baru untuk menghasilkan uang,” lanjutnya. 

Baca juga: Tubuh Idealnya Bikin Titi DJ Iri, Luna Maya Justru Bongkar Kekurangannya

Ia yakin dan memberikan semangat bahwa situasi ini akan tetap berlalu. Menyerah bukanlah pilihan untuk menghadapi kondisi berat ini. Ia meminta agar para perempuan saling menguatkan dan bergandengan tangan. 

Semua cobaan ini pasti akan sirna . Tetaplah Berdoโ€™a . Tetaplah Bahagia . Karena kita wanita . Adalah sumber banyak cinta . SELAMAT HARI KARTINI 2020 ๐Ÿ’›๐ŸŒผ๐Ÿงก๐ŸŒธ๐Ÿ’–๐ŸŒบโค๏ธ,” pungkasnya. 

2. Aura Kasih

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by spongebob (@aurakasih) on

Aura membagikan video spesial di Hari Kartini. Ia memberikan semangat dan motivasi kepada seluruh perempuan di Indonesia. 

“Hai saya Aura Kasih. Di era pandemi ini doa dari perempuan seluruh Indonesia sangat dibutuhkan, karena perempuan adalah tiang negara. Dan saya yakin dan saya percaya habis gelap terbitlah terang. Selamat hari Kartini bagi semua perempuan di seluruh Indonesia,” ujar Aura.

Baca juga: 6 Artis Ini Koleksi Hewan Eksotis yang Unik Abis, Yuk Intip!

Tak lupa ia menulis caption menyertai video pendek itu. Ia mengatakan bahwa setiap masalah yang ada pasti solusinya. Untuk itu, kita harus tetap semangat dan optimistis.

Habis gelap terbitlah terang sebuah legacy dari Kartini kepada kita untuk selalu melihat solusi dari setiap masalah. Jaga iman, rasa optimismu, bangun diri ke dalam , temukan jati dirimu dan jadilah terang itu sendiri . Sebaik baiknya umat adalah berdaya dan menjadi saluranNya berbuat kebaikan bagi mahluk lainnya,” tulis ibu satu anak itu. 

3. Yuni Shara

yuni-shara-pakai-kebaya-hari-kartini
Foto: Dok. Instagram Yuni Shara

Dengan menolong diri sendiri akan dapat menolong orang lain dengan lebih sempurna #RadenAjengKartini . Dalam kondisi yang tidak biasa ini, saya ingin mengucapkan. Selamat Hari Kartini kepada perempuan perempuan hebat di seluruh Nusantara ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ,” tulis kakak Krisdayanti tersebut.

4. Acha Septriasa

acha-septriasa-kebaya-hari-kartini
Foto: Dok. Instagram Acha Septriasa

Acha menuliskan puisi nan indah yang dipersembahkannya untuk Kartini. Seperti apa?

Dalam kesederhanaan engkau selalu rupawan. Masa depan perempuan bukan hanya lah angan, kesuksesan yang di raih bukan dijadikan Alasan nya untuk menang. Perempuan hanya ingin menyentuh setiap kalbu seseorang dengan akal dan fikiran,” tulis Acha.

Ia berlanjut dan mengatakan bahwa perempuan menyukai kelembutan, meski kini harus bekerja di dunia yang keras. 

“Perempuan hanya ingin dibelai dalam kedamaian dan kelemah lembutan. Namun kecintaan nya pada sesuatu melebihi terang nya matahari yang dirinya songsong setiap Pagi. Harapan nya berjalan seiring ketakutan nya yang kadang tidak mudah di mengerti,” kata Acha

Meskipun bajuku bukan kebaya lagi dan aku bekerja layaknya lelaki. Segala yang kau perjuangkan di usiamu yg belia harus menerima takdir mu diawal impianmu, ibu Kartini. Aku dan perempuan perempuan lain dinegeri ini lah bukti Door Duisternis tot Licht. Habis Gelap terbitlah Terang. 21 April. Acha Septriasa,” tulis ibu satu anak itu.

5. Donna Agnesia

kebaya-donna-agnesia
Foto: Dok. Instagram Donna Agnesia

Donna mengunggah fotonya saat mengenakan kebaya warna merah di Instagram. Tak lupa, ia menyertainya dengan salah satu quotes dari Kartini.

Terkadang, kesulitan harus kamu rasakan terlebih dulu sebelum kebahagiaan yang sempurna datang kepadamuโ€ – RA Kartini – ๐ŸŒน Selamat Hari Kartini โ™ฅ๏ธ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ,” tulisnya. 

6. Sophia Latjuba

hari-kartini-sophia-latjuba
Foto: Dok. Instagram Sophia Latjuba

Sophia membuka caption-nya dengan mengatakan kalau menjadi seorang perempuan bukanlah hal mudah. Namun, seiring dengan tantangan tersebut, kekuatan yang didapat pun tidaklah kecil. 

Menjadi seorang perempuan lebih dari sekadar biologi; ini adalah sebuah pengakuan dan perjuangan berat yang mungkin kalian hadapi di dunia yang tidak sempurna ini. Dan kekuatan yang datang pada perempuan, kekuatan dari hatimu, pikiran dan tubuhmu,” kata Sophia. 

“Jadilah apa yang kamu bisa. Buka takdirmu dan ambil tanggung jawabmu. Selamat Hari Kartini untuk semua pejuangku di luar sana ๐Ÿ™๐Ÿป,” tulis Sophia melanjutkan. 

7. Cynthia Lamusu

cynthia-lamusu-kebaya
Foto: Dok. Instagram Cynthia Lamusu

Cynthia melihat kondisi pandemi saat ini harus membuat semangat emansipasi para perempuan tumbuh. Beradaptasi dengan cepat dengan situasi jadi langkah cerdas yang bisa dilakukan oleh para perempuan.

Nah Di situasi Seperti Sekarang semangat #Emansipasi nya sedikit beda rasa nya… Bukan Bagaimana Berjuang Untuk Kesetaraan Hak di Bidang Karir saja tapi Bagaimana Kita Bisa #Sama dalam bertanggung jawab dalam Aktifitas #dirumahaja selama Menghadapi Ujian PANDEMIK ini,” kata Cynthia mengiringi foto yang diunggahnya.

“Semua Ibu Di tuntut Harus Bisa Cepat Belajar dan Beradaptasi dengan Situasi, Yang Gaptek (kayak saya ๐Ÿคญ) HARUS BISA Nemenin Anak Sekolah Online, Yang biasa Arisan atau sosialisasi minimal sebulan Dua kali HARUS BISA menahan diri ga keluar rumah sama sekali dll… dll,” tulis istri Surya Saputra tersebut. 

Meski kondisi saat ini sedang tak menentu, Cynthia mengatakan kalau perempuan harus tetap disiplin. Karena segala masalah pasti ada solusinya.

“Apapun… Bagaimanapun… Kondisi nya sekarang… Memang yang Perlu Kita Lakukan sekarang Tetap Disiplin dengan semua Himbauan Pemerintah, selanjutnya bersikap #Tawakal berdoa kepada Tuhan agar Kita Semua Bisa Melalui Cobaan ini dengan Cepat…
#HabislahGelapTerbitlahTerang Segera !!! ๐Ÿ˜‰๐Ÿ™,” pungkasnya. 

8. Raline Shah

raline-shah-hari-kartini
Foto: Dok. Instagram Raline Shah

Raline melihat hari Kartini tahun ini jadi kesempatan untuk mengasah kemampuan untuk berpikir. Sehingga setelah pandemi berakhir, kita bisa jadi lebih mandiri.

Selamat merayakan Hari Kartini sesama perempuan Indonesia. Adanya R.A Kartini memberi kita semangat untuk menjadi lebih mandiri, mementingkan pendidikan dan juga mendorong perempuan di untuk berpikir kritis,” tulisnya

“Tahun ini memberi kita ruang dan waktu untuk banyak mengasah perasaan dan pikiran selagi kita masih WFH. Saya berdoa dan berharap kita sebagai perempuan bisa mengingatkan generasi penerus akan Bhinneka Tunggak Ika dan memajukkan agenda kemanusiaan dan berpikir dengan hati,” lanjut Raline.

Di akhir ucapannya, Raline pun menulis kalau ia bangga menjadi perempuan Indonesia. Ia berharap dengan jasa Kartini, para perempuan Indonesia bisa bebas memilih peran yang sesuai dengan passion mereka. 

9. Ira Wibowo

ira-wibowo-kebaya
Foto: Dok. Instagram Ira Wibowo

Selamat Hari Kartini ๐Ÿ˜ perjuangan kita belum selesai…tetap semangat, dalam kondisi apapun…termasuk menghadapi corona…bersama kita berjuang…dan bersama kita akan menang…๐Ÿ™ you can even be a hero by staying at home…โ˜บ๏ธ carpe diem,” tulis Ira Wibowo. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here