Kuku Rusak Akibat Sering Cuci Tangan? Rawat dengan Cara Ini!

kuku-rusak-karena-sering-mencuci-tangan
Foto: Net

Selama pandemi corona, mencuci tangan yang benar dengan sabun menjadi kegiatan yang dilakukan secara intens. Akibatnya kulit tangan dan kuku akan menjadi kering dan rapuh. Namun jangan khawatir, beberapa cara ini bisa kamu lakukan agar kuku kembali sehat. Apa saja?

1. Rendam Kuku dengan Air Panas

Saat telapak tangan terasa kering dan kuku seperti rapuh karena sering mencuci tangan dengan sabun antiseptik. Rendamlah kuku serta tangan ke dalam air hangat selama kurang lebih 10 menit. Setelah itu keringkan dengan handuk lembut.

|Baca juga: Cuci Tangan dengan Sabun Lebih Baik daripada Pakai Hand Sanitizer!

2. Pakai Hand Cream

Hand cream atau lotion akan membantu untuk melembutkan kulit tangan dan kuku terutama di daerah kutikula atau pangkal kuku. Pilihlah krim tangan yang mengandung asam laktat, asam alfa hidroksi serta humektan yang mampu membantu menarik air ke dalam lempeng kuku.

Jangan pilih krim yang mengandung alkohol yang biasanya terkandung pada produk yang beraroma. Kuku justru akan menjadi kering dan lebih rusak.

3. Oleskan Minyak di Daerah Kutikula

Saat kutikula rusak, bakteri akan mudah masuk ke akar kuku sehingga kuku akan gampang iritasi. Aplikasikan minyak pelindung kutikula atau minyak zaitun pada keseluruhan kuku. Pijatlah dengan lembut.

|Baca juga: Perlukah Alat Pembersih Wajah? Ini Kata Dokter Spesialis Kulit

Mengoleskan minyak pada kutikula dapat membantu merangsang pertumbuhan kuku dan juga memberi nutrisi pada kuku.

4. Pakai Penguat Kuku

Penguat kuku atau vitamin kuku, bisa digunakan untuk mengatasi kuku yang kering dan mengelupas. Namun jangan gunakan produk yang mengandung formaldehyde.

5. Manfaatkan Petroleum Jelly atau Lip Balm

Petroleum jelly atau petrolatum dan juga lip balm sama-sama memiliki fungsi untuk melembabkan. Oleskan petroleum jelly atau lip balm di daerah sekitar kuku yang terlihat rapuh. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here