Widi Mulia Biasakan Anak Tulis Buku Harian, Apa Manfaatnya?

0
39
Manfaat buku harian
Foto: Dok. Instagram The Sasonos Family

Widi Mulia bertolak ke Jepang usai merayakan pesta demokrasi, Rabu (17/4) kemarin. Kepergian Widi ke Negeri Sakura ini, dalam rangka mengantar Widuri yang akan menghadiri Okinawa International Movie Festival 2019.

Ya, seperti yang kita tahu, Widuri menjadi salah satu bintang film Keluarga Cemara (2018). Di mana film yang juga dibintangi oleh Ringgo Agus Rahman dan Nirina Zubir ini, rencananya akan diputar di Sakuraza Theater, Kamis (18/4).

Baca juga: Mengejutkan! Boy William Ngaku Jadi Pacar Rossa

Sebelum melakukan penerbangan, Widi sempat membuat video singkat yang diunggah di Instagram @thesasonosfam. Dalam rekaman itu, terlihat Widuri tengah sibuk menulis bukunya.

Manfaat buku harian
Foto: Dok. Instagram Widi Mulia

“Sambil nunggu check in menulis jurnal harian dulu..,” begitu tulisan yang mengiringi video tersebut.

Baca juga: Akhirnya Ranty Maria Bocorkan Alasan Putus dari Ammar Zoni

Rupanya, Widi memang membiasakan putri keduanya itu untuk menulis jurnal harian. Dari video itu diketahui pula, Widuri sedang menulis pengalamannya saat melihat orangtuanya menyalurkan hak pilihnya di TPS.

“Diajak ke sana tetapi aku tidak ikut….,” kata Widuri sambil membacakan apa yang ia tulis.

“Memilih. Belum ikut milih. Belum bisa,” sahut Widi melanjutkan tulisan Widuri.

Baca juga: Ketika Adipati Dolken dan Tora Sudiro Saingi Nicholas Saputra

Seorang konselor bernama Jaime Malone dari New Jersey berpendapat, menulis jurnal harian berguna untuk mengembangkan rasa kepemilikan, dan mengontrol emosi anak.

Seringkali, anak kesulitan dalam mengungkap apa yang mereka rasakan. Dengan menulis sendiri jurnal harian mereka, maka anak lebih mudah mengekspresikan perasaannya.

Dari jurnal itu juga, anak berlatih soal kepemilikan. Yaitu bagaimana menyimpan informasi dan cerita-cerita pribadi yang tersimpan di dalamnya.

Baca juga: 10 Model Riasan Mata Luna Maya yang Buatmu Sulit Berkedip

Semakin sering menulis, maka saraf otak akan semakin kuat. Dan kegiatan ini juga bisa melatih fokus anak. Jadi, tertarik untuk coba menerapkannya? (*)