5 Film Tokoh Perempuan Inspiratif Ini Cocok Ditonton Saat Hari Kartini

0
52
Film Kartini
Foto: IMDB

Ibu kita Kartini. Putri sejati. Putri Indonesia harum namanya.” Itulah sepenggal lirik lagu paling ikonik, untuk perayaan Hari Kartini. Seperti yang kita tahu, sosok pahlawan nasional itu berjasa besar bagi kemajuan para perempuan Indonesia.

Berkat jasa Kartini, martabat para perempuan terangkat. Diskriminasi antara kaum laki-laki dan perempuan semakin berkurang. Sebuah film pun dipersembahkan untuk mengingat kembali perjuangan Kartini saat itu.

Baca juga: Dare to Bare! 10 Foto Artis Tanpa Makeup Ini Bikin Pangling

Selain Kartini, ada beberapa lagi sosok perempuan yang menginspirasi. Bahkan kisah-kisah mereka pun turut difilmkan, sebagaimana film Kartini yang dirilis 2017 lalu. Apa saja film-film tersebut?

1. Kartini (2017)

Artis cantik Dian Sastrowardoyo dipercaya untuk memerankan tokoh emansipasi wanita itu. Dian tampil anggun nan cerdas dalam memainkan perannya.

Baca juga: Widi Mulia Biasakan Anak Tulis Buku Harian, Apa Manfaatnya?

Film Kartini garapan Hanung Bramantyo ini memang bukan yang pertama mengupas sosok Kartini. Sebelumnya telah ada dua film, yaitu R.A. Kartini (1982) dan Surat Cinta untuk Kartini (2016).

Meski begitu, film ini cukup menjanjikan karena lebih mengeksplor sisi lain Kartini muda. Seperti kisah Kartini yang ternyata menjadi penggerak usaha para pengrajin mebel Jepara. Bahkan Kartini juga menjadi pendorong penerjemahan Alquran, dalam bahasa lokal.

2. Nyai Ahmad Dahlan (2017)

Merupakan film biopik karya sutradara Olla Atta Adonara. Film ini mengisahkan Siti Walidah, atau yang kerap disebut Nyai Ahmad Dahlan. Dia adalah putri dari seorang Kyai dan anggota Kesultanan Yogyakarta. Pergaulannya sangat terbatas, bahkan ia tidak pernah mengenyam pendidikan formal.

Baca juga: Menilik Harga OOTD Hippie Luna Maya Saat Seru-seruan di Coachella

Namun kehidupannya berubah setelah menikah dengan sepupunya sendiri, K. H. Ahmad Dahlan yang memiliki pemikiran luas. Sebagai istri, Nyai Ahmad Dahlan begitu setia menemani dan mendukung suaminya, dalam mengembangkan Muhammadiyah yang berpikiran lebih maju.

Nyai Ahmad Dahlan pun menjadi salah satu tokoh pergerakan wanita, dengan membentuk Aisyiyah yang berada dalam naungan Muhammadiyah itu sendiri. Aisyiyah berperan dalam memberikan pengetahuan seputar agama, bagi kaum perempuan.

3. Athirah (2016)

Athirah diangkat dari novel karya Alberthiene Endah, dengan judul yang sama. Film karya sutradara Riri Riza ini, berkisah tentang kehidupan seorang perempuan Bugis yang bernama Athirah. Yang tak lain adalah ibunda dari Wakil Presiden kita saat ini, Jusuf Kalla.

Baca juga: Luna Maya Curi Perhatian dengan Gaya Rambut Barunya

Meski begitu, film ini tidak mengekspos sosok Jusuf Kalla itu sendiri. Melainkan murni kisah inspiratif bagaimana perjuangan seorang wanita. Konflik demi konflik disuguhkan dengan apik. Tentang bagaimana seorang wanita mendapati wanita lain dalam pernikahannya. Dan juga bagaimana ia mengambil keputusan, untuk terus bisa menghidupi lima anaknya.

4. 3 Srikandi (2016)

Bercerita tentang perjuangan tiga atlet panahan, untuk mewujudkan impian dalam mengikuti ajang olimpiade bergengsi. Ketiga srikandi yang diperankan oleh Bunga Citra Lestari, Chelsea Islan, dan Tara Basro itu, akhirnya membuahkan hasil.

Baca juga: Syahrini Dibilang Lebay Usai Pamerkan Luka Bengkaknya

Dengan pelatih Donald Pandiangan (Reza Rahadian), yang berjuluk Robin Hood Indonesia itu, mereka berhasil meraih medali perak dalam ajang Olimpiade Seoul 1988. Itu merupakan medali pertama bagi Indonesia, sejak turut dalam pesta olahraga paling bergengsi di dunia itu.

5. Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar (2014)

Siapa tak kenal dengan Merry Riana? Dia adalah pengusaha, penulis dan motivator sukses yang dimiliki oleh Indonesia. Kisahnya pun sempat dibuat film, pada 2014 lalu.

Diperankan oleh artis cantik Chelsea Islan, film ini mengisahkan jatuh bangun kehidupan Merry Riana pasca kerusuhan tahun 1998 di Indonesia. Merry yang akhirnya pergi ke Singapura untuk melanjutkan studi itu, kemudian berhasil meraih satu juta dolar pertamanya, saat usianya 26 tahun.

Baca juga: 8 Rahasia Skincare Artis Korea yang Wajib Dicoba

Kisahnya hingga dikenal sebagai motivator perempuan nomor satu di Asia ini, memberikan inspirasi pada perempuan lainnya, agar berusaha meraih kesuksesan semuda mungkin. (*)