5 Cara Jitu Bedakan Masker Spirulina Asli dan Palsu

0
2333
masker-spirulina-feature-images
Foto: Pinterest/Emma Nunnally

Salah satu jenis masker yang jadi andalan kaum hawa, adalah masker spirulina. Masker tersebut dikenal sebagai skin care yang mampu mengatasi masalah wajah seperti kulit kusam, komedo, jerawat dan minyak berlebih.

Spirulina juga dipercaya sebagai perawatan anti aging. Hal tersebut lantaran masker ini terbuat dari ganggang biru, yang terkenal dengan khasiatnya.

Namun belakangan, marak sekali terjadi pemalsuan dari produk itu. Bukan membuat kulit menjadi lebih terlindungi, justru kulit akan semakin rusak, karena kandungan bahan yang tak sesuai.

Nah, bagi kamu yang khawatir dengan keaslian masker spirulina, coba simak lima tips berikut ini!

1. Warna

spirulina-1
Foto: Pinterest/totalbeauty

Cara paling mudah untuk membedakan masker spirulina asli dengan palsu adalah dilihat dari warnanya. Masker spirulina asli, berwarna hijau pekat agak kebiru-biruan. Sedangkan masker spirulina palsu, biasanya berwarna hitam pekat.

Baca juga: Hindari 6 Kesalahan Pengaplikasian Sheet Mask yang Bikin Gagal Cantik

2. Tekstur

spirulina-2
Foto: Pinterest/helloglow

Masker spirulina yang asli jika dicampur dengan air, maka teksturnya akan sedikit lebih kental. Sedang yang palsu akan terlihat lebih encer ketika dicampur dengan air.

Selain itu, saat kapsul berisi spiriluna yang asli dibuka, maka tekstur bubuknya terasa lebih halus dan lembut. Sedangkan yang palsu, teksturnya terasa sedikit kasar dan tidak rata.

3. Aroma

spirulina-3
Foto: Pinterest/helloglow

Aroma masker spirulina asli dan palsu, cukup mudah untuk dibedakan. Yang asli, memiliki bau yang khas, lantaran masker terbuat dari ganggang biru spirulina bernama anthospura maxima, yang memiliki kandungan polisakarida dan gamma linolenic acid, dengan manfaatnya yang cukup jitu.

Masker palsu akan cenderung berbau seperti kandungan bahan kimia, yg beraroma tak segar.

Baca juga: Awas Keliru! Cari Tau Pilihan Serum Berdasarkan 5 Jenis Kulit

4. Bentuk kapsul

spirulina-4
Foto: langsingsehat

Spirulina yang dikemas dalam kapsul akan terlihat perbedaan asli dan palsu. Ketika dibuka, maka salah satu bagian kapsul akan terlihat lebih panjang dibanding dengan bagian kapsul penutupnya. Hal tersebut menandakan masker sudah asli.

Ketika palsu maka ketika kapsul dibuka, ukuran dua bagian kapsul akan terlihat sama panjang.

5. Harga

spirulina-5
Foto: Pinterest

Cek terlebih dahulu harga masker sesuai dengan yang dipasaran. Dengan membandingkan harga antar satu produk dengan produk lainnya yang dijual terpisah, dapat membuat kita untuk berpikir dua kali saat akan memilih produk yang tepat. Jika harga tidak masuk akal atau terlalu murah, kamu patut mencurigainya. (*)