Nicky Tirta Curhat Pengalamannya Jadi Single Parent

Anak Nicky Tirta
Foto: Dok. Instagram Nicky Tirta

Disibukkan dengan beragam kegiatan bisnis, penyiar radio serta aktifitas dunia entertainment, tak membuat Nicky Tirta melupakan tugas utamanya sebagai single parent. Sejak bercerai setahun lalu dengan Liza Elly, Nicky mencurahkan perhatiannya pada putri tunggalnya, Naara Ellyana Tirtadjaya.

“Naara sekarang sudah semakin besar, dia sedang membutuhkan perhatian saya. Saya tak ingin kehilangan momen-momen bersama anak. Harga itu sangat mahal. Itu yang membuat diri saya bahagia,” ucap Nicky usai melakukan siaran di ultah Delta FM yang ke-32, di Kemang, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Nicky Tirta Cerita Kondisi Vanessa Angel di Penjara

Pemain film Petak Umpet Minako (2017) itu, menggambarkan menjadi single parent untuk laki-laki seusianya, bukanlah hal yang mudah. Namun Nicky punya cara untuk bisa menjalani perannya itu.

Nggak mudah memang, tapi saya belajar setiap hari,” jelasnya.

Sebagai orangtua tunggal, aktor yang menyukai olahraga Muay Thai itu memiliki tugas tak ringan. Mulai dari memandikan, menguncir rambut, mendadani, mengantar dan jemput sekolah, menemani belajar bahkan menemani tidur, adalah rutinitas yang dilakukan setiap hari.

Menjadi ayah sekaligus menjadi ibu, Nicky mengaku tidak mengalami kendala serius. “Tidak ada hal-hal yang berat, meski Naara punya ibu. Awalnya terasa berat, tatapi kemudian saya menikmati peran itu,” kata Nicky.

Baca juga: 5 Anak Artis dengan Segudang Prestasi yang Bikin Bangga

Untuk meringankan urusan rumah, Nicky dibantu asisten rumah tangga.   Jika dirinya sedang repot, tugas tersebut kemudian diambil alih oleh asistennya.

Nicky dan Elly resmi cerai pada 15 April 2018 lalu, di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Jika saat ini Naara berada dalam asuhan Nicky, hal itu sudah menjadi keputusan bersama.

“Kita sepakat membesarkan bersama, tapi saya memutuskan pinginmengurus anak,” kata Nicky.

Karenanya, hubungan pria berdarah campuran Tionghoa-Belanda itu dengan mantan istrinya tetap terjalin baik. Ia tak membatasi ruang komunikasi Naara dengan ibundanya.

Baca juga: Menjelajah Uniknya Rumah Dodit Mulyanto yang Ada di Hutan

Nicky menjelaskan, putrinya sudah mulai mengerti mengapa orangtuanya bercerai. Tetapi ia selalu meyakinkan pada Naara, ia tidak akan kehilangan kasih sayang walau orangtuanya bercerai.

“Saya tidak membatasi ruang komunikasi anak dan ibu kandungnya. Sampai kapanpun, itulah ibu kandungnya. Malah saya sering tanya, mau jalan sama mama, nggak? Kadang Naara saya antar liburan ke Malang bertemu ibu maupun omanya,” ucapnya.

Diakui Nicky, interaksi ibu dan anak perlu tetap dibangun, meski mereka tinggal terpisah. Nicky menegaskan, orang tua boleh bercerai, namun anak  tidak boleh kehilangan kasih sayang.

“Saya kesampingkan ego. Nomor satu adalah kepentingan anak. Dia punya hak sama mama dan oma. Saya tak ingin Naara kehilangan itu,” ungkap artis yang sudah membintangi puluhan judul sinetron maupun FTV itu.

Baca juga: Kimmy Jayanti Dibanjiri Sanjungan Usai Kenakan Hijab

Meski sudah satu tahun menduda, demi sang buah hati, Nicky belum berpikir untuk menikah kembali. Pilihan itu harus diambil Nicky, karena ia ingin fokus membesarkan sang anak.

“Saya lagi menikmati hidup, belum kepikiran mencari pasangan. Ada yang dekat, tapi fokus saya, waktu saya, dominan untuk anak. Yang dekat hanya sahabat saja,” ujarnya.

Menghabiskan momen spesial dengan putri tersayang, dikatakan Nicky memang menyenangkan.

“Saya nggak kesepian. Pulang siaran mengurus anak, bercanda mendampingi tidur, pagi antar sekolah. Saya menikmati itu. Itu membahagiakan saya,” bebernya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here