5 Smartphone Selfie Terbaik 2018 Mulai Harga Rp 1 Jutaan

0
1219
Bukan Sekadar Megapiksel Besar, Ini 10+ Smartphone Selfie Terbaik 2018
Foto: OPPO

Hanya untuk yang hobi selfie, wefie, atau narsis di medsos saja! Berikut pilihan smartphone selfie terbaik, yang bisa sulap penampilan wajahmu menjadi sekeren bintang film!

Selfie dan wefie telah menjadi tren tersendiri, di tengah pengguna smartphone. Meski kerap dikonotasikan negatif–sebagai aktivitas yang terlalu narsis dalam kaitannya dengan eksistensi di jejaring sosial–namun swafoto atau foto narsisi (bahasa Inggris: selfie) juga berkembang menjadi suatu keharusan, dalam mengabadikan setiap momen yang dirasakan penting oleh pengguna smartphone.

Pose yang digunakan umumnya bersifat kasual, dan diambil dengan menggunakan kamera yang diarahkan ke diri sendiri, atau bisa juga melalui cermin. Objek foto ini biasanya hanya si fotografer pemegang smartphone, atau beberapa orang yang bisa dijangkau oleh fokus kamera. Selfie yang melibatkan beberapa orang, disebut dengan wefie.

Bukan Sekadar Megapiksel Besar, Ini 10+ Smartphone Selfie Terbaik 2018
Foto: Xiaomi Indonesia

Pada perkembangannya, smartphone dengan kemampuan kamera selfie mumpuni menjadi satu faktor penentu baru yang dicari pengguna, sebelum memutuskan untuk membeli. Karena itulah, berikut kami pilihkan 5 smartphone selfie terbaik 2018.

Daftar yang kami pilihkan ini bukan sekadar memiliki kualitas megapiksel kamera besar, namun juga didukung beberapa teknologi kamera selfie terkini, yang biasanya tidak diungkapkan produsen pada daftar spesifikasi resmi smartphone yang mereka jual.

Bahkan, beberapa diantaranya memiliki kamera selfie yang justru lebih baik lho, dibandingkan kamera utamanya.

Asus ZenFone 4 Selfie / ZenFone 4 Selfie Pro

Bukan tanpa alasan ZenFone 4 Selfie dan ZenFone 4 Selfie Pro dari Asus ini kami dudukkan pada posisi pertama, karena pada nama mereka jelas ada kata selfie. Sebenarnya ada satu lagi, ZenFone 4 Selfie Lite, yang bisa dikenali dengan dimensi layar yang lebih kecil (5.2 inci), namun kami tidak terlalu merekomendasikannya untuk selfie.

Jika dana kalian Rp 2.999 juta, bisa ambil ZenFone 4 Selfie, dan jika tersedia hingga Rp 4.999 juta, versi Pro-nya lebih menarik dengan beberapa kelebihan.

Foto: Asus Indonesia

Untuk ZenFone 4 Selfie, kalian mendapatkan kamera 20MP dengan sensor OmniVision OV20880 PureCel Plus-S, dengan bukaan lensa F2.0, ukuran piksel 1 micron, yang masih didukung dengan kamera sekunder 8MP sensor OmniVision OV8856. Kamera sekundernya memiliki lensa dengan sudut lebar, hingga 120 derajat.

Sensor yang digunakan di sini termasuk PureCel, jenis baru yang diperkenalkan tahun 2016 lalu, untuk smartphone kelas menengah hingga kelas atas. Teknologinya diklaim mampu meningkatkan kualitas gambar meskipun menggunakan ukuran piksel yang lebih kecil (hanya 1 micron).

Selain itu, OmniVision OV20880 juga mendukung EIS, atau electronic image stabilization ketika merekam video. Hasilnya, selama proses perekaman dengan kondisi bergerak, hasil video bakal lebih stabil.

Foto: Asus Indonesia

Sedangkan untuk Untuk ZenFone 4 Selfie Pro, sensor kameranya lebih canggih lagi, Sony Exmor RS IMX362. Meskipun megapikselnya hanya 12MP dan ukuran sensornya hanya 1/2.55 inci, namun memiliki ukuran piksel 1.4 micron.

Makin besar ukuran piksel, makin banyak cahaya yang bisa ditangkap dan diproses di dalam sensornya. Hal itu juga didukung dengan bukaan lensa F1.8 serta fokus cepat Dual PDAF atau Dual Pixel.

Makin wah, ada kamera sekunder untuk foto selfie yang juga sama-sama menggunakan sensor Exmor RS IMX362 berlensa lebar 120 derajat, dan lapisan filter lensa 6 elemen untuk membuat foto selfie kalian makin akurat kualitas warnanya.

Fitur EIS untuk menstabilkan perekaman video, lampu kilat LED untuk foto selfie, kemampuan membuat foto portrait / bokeh, hingga merekam video pun didukung sampai kualitas 4K Ultra HD. Ada yang minat membuat video dengan kamera selfie sampai resolusi tinggi?

Jika kalian mencari smartphone kamera selfie terbaik 2018 sesungguhnya, ini satu-satunya pilihan yang kami rekomendasikan.

Vivo V9 / Vivo V5 Plus

Bicara foto selfie, tidak bisa lepas dari merek ini, dan rekan senegaranya, OPPO. Wakil terbarunya kami masukkan di sini, yaitu Vivo V9. Dijual dengan harga resmi Rp3.999.000, resolusinya mencapai 24MP (secara teknis, 23.79MP).

Sensornya tidak diungkapkan detailnya. Hanya disebutkan sensor CMOS BSI saja, dengan bukaan lensa F2.0. Yup, itu saja yang biasa dibeberkan Vivo (atau tenaga pemasarannya) ke konsumen. Padahal, ada cukup banyak hal menarik dari kamera depannya.

Foto: Vivo Indonesia

Apa yang ditonjolkan tidak lain teknologi Artificial Intelligence atau AI baru, untuk fitur Face Beauty. Kini Face Beauty begitu dicari kaum Hawa, karena membuat hasil foto selfie menjadi lebih sempurna. Makin cerdas dengan hadirnya mode AI HDR dan Ultra HDR.

Memang ini lebih berbasis perangkat lunak, algoritma yang mendeteksi kondisi cahaya, usia, jenis kelamin, warna kulit dan tekstur wajah obyek selfie, dan kemudian menentukan pengaturan yang paling optimal selama melakukan foto selfie.

Algoritma ini sendiri dibangun melalui database dari hampir 1 juta selfie dari seluruh dunia, untuk melatih algoritma AI, yang memungkinkan AI Face Beauty untuk menyesuaikan dan menerapkan algoritma yang ideal untuk foto yang lebih sempurna. Seiring dengan penggunaan kamera, AI juga akan mempelajari preferensi pengaturan, secara otomatis membuat foto yang ideal setiap waktu dan tepat seperti yang diinginkan pengguna.

Fitur AI Selfie Lighting terbaru juga memungkinkan pengguna menghasilkan foto yang artistik, kapanpun dimanapun tanpa perlu pengaturan yang rumit. Algoritma AI V9 mengubah profil wajah dalam foto 2D asli, menjadi model 3D untuk memproses aksen cahaya secara lebih otentik. Dikombinasikan dengan berbagai pilihan stiker dekoratif pada fitur AR Sticker, hasil selfie akan semakin atraktif, dan mencerminkan keunikan gaya pengguna.

Keseluruhan, dari segi hardware kamera selfie Vivo V9 memang tidak istimewa selain ukuran megapikselnya yang besar. Namun algoritma yang digunakannya di sini patut diapresiasi, dan pengembangan algoritmanya itu juga pasti sangat mahal. Oh ya, sayangnya, karena versi Indonesia berbeda dari versi luar (kamera dan prosesornya), maka opsi merekam video dengan resolusi 4K dengan kamera belakang dan depan, tidak kalian temukan di sini.

Alternatif lain smartphone selfie terbaik dari merek Vivo ini adalah seri V5Plus. Ok, ini memang sudah bisa dianggap lama, karena dijual awal tahun 2017 lalu. Namun masih termasuk pilihan terbaik untuk melakukan swafoto. Apalagi dengan sensor utamanya, menggunakan kamera Sony Exmor RS IMX376 (ukuran 1/2.78 inci, dan ukuran piksel 1 micron) yang cukup canggih pada masanya.

Foto: Vivo

Belum lagi dipadukan dengan sensor kamera sekunder 8MP, selfie Auto HDR, filter lensa 5 elemen serta foto bokeh yang dihasilkan pada level hardware (bukan hasil render algoritma kamera), membuat VivoV5Plus sebenarnya lebih menarik untuk aktifitas selfie (harganya kini pun juga lebih murah dari Vivo V9).

OPPO F7 / OPPO F3

Memasukkan nama Vivo V9, tidak akan lengkap tanpa OPPO F7. Bahkan smartphone yang sangat menggoda spesifikasinya sudah bisa dibeli mulai Kamis (12/4) ini, melalui salah satu jaringan retailer online Indonesia. Harganya pun bisa dikatakan sepadan dengan teknologinya, yaitu Rp 4.2 juta.

Foto: OPPO

Mungkin sebagian dari kalian tertarik memilikinya, karena layarnya yang lebar memiliki “poni” ala iPhone X, atau menggunakan prosesor terbaru dari MediaTek, Helio P60. Namun kamera selfie OPPO F7 ini juga sesuatu banget, bahkan bisa dikatakan lebih baik dibandingkan kamera utamanya.

Ada sensor Sony Exmor RS IMX576 di sini, salah satu sensor kamera terbaru Sony. Sensor CMOS BSI ini memiliki resolusi 25MP, bukaan lensa F2.0 (makin kecil angkanya, makin besar diafragma lensa memasukkan cahaya), lapisan filter lensa 5 elemen, mendukung mode HDR, fokus PDAF dan teknologi pengenalan wajah. OPPO F7 ini pun menjadi smartphone pertama di dunia yang menggunakan kamera Sony tersebut.

Di atas kertas, seharusnya Sony Exmor RS IMX576 memiliki teknologi terkini, namun sejauh ini yang terungkap hanya dukungan untuk Artificial Intelligence saja yang dioptimalkan OPPO.

F7 memiliki A.I. Beauty Technology yang dapat mengenali secara presisi sebuah subyek foto, seperti warna kulit, usia dan jenis kelamin. Teknologi ini pun diunggulkan karena bisa memindai 296 titik wajah, sehingga smartphone bisa menyimpan database foto berdasarkan pengelompokan wajah seorang.

Menggunakan teknologi A.I. Scene Recognition, ketika akan digunakan memotret obyek manusia, kamera OPPO F7 mampu mengidentifikasi jenis kelamin obyeknya. Ditandai dengan munculnya ikon perempuan atau laki-laki pada layar, karena fiturnya bisa mengenali struktur wajah dan jenis kelamin.

Baca juga: Cerdasnya Ponsel Selfie Chelsea Islan, Bisa Bedakan Kamu Itu Pria atau Wanita

Teknologi AI ini juga dapat mengenali obyek foto lain, seperti hewan atau makanan. Jadi misalnya nih, ketika kamera akan kalian gunakan untuk memotret makanan, muncul ikon piring (kamera mengenali bahwa obyek tersebut adalah makanan). Selanjutnya, A.I. akan mengoptimalkan hasil jepretan melalui penyesuaian pengaturan kamera, agar foto makanan menjadi terlihat lebih menarik.

Sayangnya, seperti Vivo V9, megapiksel besar yang dimiliki kamera selfie OPPO F7 tidak didukung fitur seperti lampu kilat untuk mendukung foto selfie pada kondisi ruangan yang minim cahaya.

OPPO dan Vivo tampaknya lebih percaya diri menyerahkan semuanya, pada pemrosesan software/algoritma kamera untuk membuat foto selfie terbaik pada setiap kondisi cahaya.

Foto: OPPO Indonesia

Alternatif lain smartphone selfie terbaik dari OPPO, adalah OPPO F3 / OPPO F3 Plus. Seperti seri V5Plus, memang sudah bisa dianggap lama, karena dijual pertengahan tahun 2017 lalu. Namun masih termasuk pilihan terbaik untuk melakukan swafoto. Apalagi seperti VivoV5Plus, kamera selfienya sudah dual. Bedanya, jika Vivo mengajukan kamera Sony Exmor RS, maka di sini kalian dapati sensor Samsung Isocell dan OmniVision. Secara keseluruhan, walaupun beda merek, namun kualitas kamera selfie OPPO F3 sepadan dengan VivoV5Plus.

Nubia M2 / Nubia M2 Lite

Kami memasukkan merek yang satu ini karena memang memiliki value-for-money yang tinggi. Apalagi untuk seri teratasnya, Nubia M2.

Di Tiongkok sendiri, brand Nubia sudah berdiri kurang lebih 5 tahun. Nubia juga telah hadir di Eropa dan Amerika, dan untuk Indonesia, Nubia baru masuk pada tanggal 26 April 2017 lalu. Saat itu Nubia memperkenalkan 3 smartphone mereka, yakni Nubia M2, Nubia M2 Lite, dan Nubia N1 Lite. Dari ketiga smartphone tersebut, Nubia M2 menduduki peringkat teratas dengan spesifikasi paling mumpuni dibanding yang lain.

Foto: Nubia Indonesia

Jika saat pertama rilis dipatok dengan harga Rp. 4.399.000, maka mulai awal Januari 2018 harganya terjun bebas menjadi hanya Rp. 2.799.000 saja. Sangat menarik, apalagi bagi kamu yang mencari smartphone dengan kemampuan selfie yang baik

Karena artikel ini terfokus pada kamera selfie, maka kami tidak menyinggung kehebatan kamera utamanya, yang juga sudah dual dengan konfigurasi sensor warna dan hitam putih. Kamera selfie Nubia M2 menggunakan sensor Samsung ISOCELL dengan resolusi 16MP, dengan lubang diafragma F2.0, serta memiliki ukuran piksel terbesar dibandingkan semua kamera selfie yang kami ulas kali ini, yaitu mencapai 2 micron (jamak disebut UltraPixel).

Besarnya ukuran piksel tersebut berujung pada kecepatan fokus, dan banyaknya cahaya yang bisa masuk untuk mendukung pemotretan. Nubia juga melengkapinya dengan lapisan filter 5 elemen, serta lensa Biru agar menghasilkan foto yang lebih natural. Sudut pemotretan kamera selfienya pun cukup luas, mencapai 80-derajat, cukup luas, sudah pada taraf tipikal Action Cam.

Foto: Nubia Indonesia

Alternatif lainnya dari Nubia M2 adalah versi downgrade-nya, Nubia M2 Lite, yang ditawarkan Rp. 2.399 juta. Terpaut Rp. 400 ribu, hanya saja kalian kehilangan banyak fitur. Kamera dual, layar AMOLED, resolusi menurun, baterai makin kecil, bahkan sensor juga banyak yang hilang. Namun kalian mendapatkan kamera selfie yang cukup hebat, serta banyak gimmick mode pemotretan yang biasanya hanya didapatkan dari aplikasi pihak ketiga.

Xiaomi Redmi Note 5A Prime

Sebenarnya agak susah mencari Xiaomi bergaransi resmi di Indonesia yang memiliki kualitas kamera selfie yang baik. Kami sendiri masih percaya seri Mi memiliki kamera yang lebih mumpuni, namun karena dalam hal ini kita memilih kamera selfie, maka yang diajukan adalah Redmi Note 5A. Harganya cukup terjangkau, Rp. 1.999 juta saja di Indonesia. Bahkan ini pilihan paling murah dari smartphone berkamera selfie terbaik pada ulasan ini.

Foto: Xiaomi Indonesia

Redmi Note 5A Prime mengajukan sensor 16MP dari pabrikan OmniVision. Memiliki bukaan lensa F2.0, ukuran sensor 1 micron, dan lampu kilat LED untuk kamera depannya. Ya, karena hal itulah, kami lebih memilih Redmi Note 5A Prime ini dibandingkan Xiaomi lainnya untuk masuk pilihan.

Sebagai smartphone yang memang difokuskan untuk selfie, jangan kaget kamu temukan beragam opsi seperti pengaturan Face Beauty, filter lucu, sampai algoritma yang mendeteksi wajah kalian, yang bisa mencoba menerka jenis kelamin dan usia obyek selfienya.

Bagaimana menurutmu dengan daftar yang kami berikan di atas, apakah ada yang sudah menjadi incaran untuk dibeli sebagai penunjang aktifitas selfie tahun ini? Jika kamu ada pilihan lainnya, tuangkan saja pendapat dan alasannya kenapa pilihanmu tersebut harus masuk di daftar ini.