Jangan Sampai Kalap, Ini Tips Hemat Berburu Diskon saat Ramadan

Foto: Dok. Pexels/ Gustavo Fring

Pada bulan Ramadan aneka diskon belanja pasti bertebaran dimana-mana untuk menarik konsumen. Tawaran diskon tersebar dari toko online hingga offline.

Pilihan aneka diskon tersebut kerap membuat kita habis-habisan mengeluarkan uang. Apalagi saat THR sudah cair. Menurut kondisi tersebut, ada tips cara menikmati diskon tanpa membuat kantong kering.

Pertama, membuat daftar barang yang penting dan diperlukan untuk segera dibeli. Kenapa kita harus bikin list, supaya kita tidak gelap mata. Selain itu juga supaya kita beli barang yang memang kita butuhkan saja.

|Baca Juga: 7 Tradisi Unik Masyarakat Indonesia Sambut Bulan Ramadan

Dok. Net

Kedua, manfaatkan adanya Flash Sale. Sebab, harga barang bisa sangat turun jauh ketika ada Flash Sale.

Ketiga, cross check harga barang sebelum didiskon. Hal ini dilakukan agar kita tidak rugi ketika membeli barang.

Keempat, manfaatkan promo gratis ongkos kirim. Hal itu karena apabila membeli barang dari luar kota, biasanya ongkos kirim yang dikenakan cukup mahal.

Selain itu, sumber dari detik.com mewawancarai Perencana Keuangan dari Tatadana Consulting Tejasari Assad. Menambahkan hal pertama yang harus disiapkan untuk menikmati diskon adalah memiliki bujet untuk belanja.

|Baca Juga: 8 Tips Berolahraga saat Puasa Agar Tubuh Tetap Fit Selama Ramadan

Dok. Net

“Misalnya kita dapat THR, hitung untuk yang bayar zakat, kasih THR ke orang tua, jangan lupa zakat fitrah. Nah itu dibuat rinciannya dulu sampai ada hitungan ‘oke saya punya berapa nih untuk belanja’ misalnya Rp 1 juta. Kalau sudah dapat angkanya, baru mulai cari apa yang mau dibeli,” tuturnya.

Kedua, pahami apa yang kita butuhkan dengan yang kita inginkan. Lebih baik, membeli barang yang kita butuhkan terlebih dahulu dibanding barang yang kita inginkan.

Ketiga, mencari tahu waktu-waktu diskon. Keempat, lakukan pencarian atau cross check harga diskon di berbagai platform.

“Karena itu worth it ya untuk kita yang memang maunya bermutu baik, itu worth it untuk kita bisa dapatin diskon itu. Apakah mesti nunggu night sale atau bagaimana nanti,” paparnya. Jadi sudah siap berburu diskon?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here