Cetak Sejarah! Michelle Yeoh jadi Wanita Asia Pertama yang Menang di Oscar

Foto: Dok. AFP/Kevin Winter

Michelle Yeoh berhasil mencetak sejarah baru setelah memenangkan penghargaan Oscar atau Academy Awards ke-95. Ia berhasil membawa penghargaan dalam kategori Best Actress dan menjadi wanita Asia pertama yang memenangkannya.

Penghargaan ini dimenangkannya setelah 40 tahun berkarir sebagai seorang aktris. Dilansir dari CNN, pencapaian ini didapatnya berkat penampilan kerennya sebagai Evelyn Wang, yang merupakan karakter utama dalam film Everything Everywhere All at Once.

Saat menerima piala Oscar pertamanya itu di atas panggung, Michelle tak mampu menahan tangis harunya. Saat menyampaikan pidato kemenangannya pada Minggu (12/3) lalu, bintang Crazy Rich Asians tersebut menyampaikan pesan mendalam bagi semua orang terutama wanita yang mungkin telah melewati usia produktif. Hal ini tidak terlepas dari dirinya sendiri yang berhasil memenangkan penghargaan ini di usianya yang telah menginjak 60 tahun.

|Baca Juga:Michelle Yeoh Jadi Aktris Asia Pertama yang Memenangkan Pemeran Utama Terbaik di SAG Awards

“Ini adalah bukti bahwa mimpi memang menjadi kenyataan. Dan ladies, jangan biarkan siapa pun mengomentari kalian bahwa kalian sudah melewati masa jaya. Jangan pernah menyerah,” kata Michelle Yeoh dalam pidatonya.

Selain itu ia juga berterimakasih kepada semua orang yang membantunya dalam proses pembuatan Everything Everywhere All at Once. Ia mengatakan tanpa mereka ia tidak bisa menerima penghargaan yang begitu berarti untuknya itu.

“Saya tidak mungkin bisa berdiri di sini malam ini tanpa The Daniels, tanpa A24, tanpa deret pemeran dan kru yang luar biasa, tanpa semua orang yang terlibat dalam Everything Everywhere All at Once,” lanjutnya menambahkan.

Michelle Yeoh jadi Wanita Asia Pertama yang Menangkan Penghargaan Best Actress di Oscar. Foto: Dok. AFP/Kevin Winter

Selain untuk semua kru yang membantunya, ia juga mempersembahkan penghargaan tersebut untuk semua ibu di dunia ini. Menurutnya ibu merupakan pahlawan yang berjasa di setiap pencapaian semua orang. Tak terkecuali para penerima penghargaan Oscar malam itu.

Saat menyampaikan ini, ia berusaha kuat agar air matanya tidak jatuh. Yang mana membuat suasana ajang penghargaan itu semakin terasa haru.

“Para ibu benar-benar superhero dan tanpa mereka tidak seorang pun dari kita akan berada di sini malam ini,” ucap wanita berusia 60 tahun tersebut.

Ia juga mempersembahkan piala tersebut untuk ibunya tersayang yang saat ini berada di Kuala Lumpur, Malaysia. Yang tengah menonton acara penghargaan itu bersama dengan anggota keluarga lain dan teman-temannya.

|Baca Juga:6 Busana Terburuk di SAG Awards 2023. Michelle Yeoh Disebut Pakai Jerami

“Dia berusia 84 tahun dan saya akan membawa pulang piala ini untuknya. Dia saat ini menonton di Kuala Lumpur, Malaysia, bersama keluarga dan teman-temanku. Aku cinta kalian semua, aku akan bawa pulang ini untuk kalian,” ucapnya.

Michelle Yeoh berhasil unggul melawan aktris lain seperti Cate Blanchett untuk Tar, Michelle Williams untuk The Fabelmans, Andrea Riseborough untuk To Leslie, dan Ana de Armas untuk Blonde. Tak hanya mencetak sejarah dengan memenangkan Best Actress di Oscar, nyatanya pemeran Evelyn Wang ini juga mencetak sejarah lain. Yaitu dimana ia baru pertama kali masuk nominasi Oscar dan langsung memenangkan nominasi itu juga. *via/ika

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here