Langkah Mudah Jadi Pengusaha Kosmetik Bersama PT. Mash Moshem Indonesia. Cocok untuk Semua Generasi!

Foto: Dok. IST

Tidak dapat dipungkiri bahwa industri kosmetik di Indonesia sedang naik daun. Berdasarkan laporan dari Badan Pusat Statistik (BPS) saja tercatat ada kenaikan jumlah perusahaan yang bergerak di industri kosmetik hingga 20 persen pada tahun 2022. Kenaikan tersebut terjadi karena tingginya kepedulian wanita untuk menjaga penampilan. Juga dengan adanya pengaruh influencer dan beauty vlogger yang selalu berhasil menghipnotis konsumen untuk membeli produk kosmetik yang direkomendasikannya. Tak heran jika bisnis kosmetik ini sangat menggiurkan dan bisa jadi usaha yang berkesinambungan.

Akan tetapi membangun bisnis kosmetik juga tidaklah mudah, karena persaingan dalam bisnis kosmetik cukup berat dan membangun rumah produksi untuk produk kosmetik juga membutuhkan biaya yang cukup besar. Apalagi jika harus membangun bisnis ini dari nol, maka akan memakan waktu yang lama untuk bisa menghasilkan produk kosmetik berkualitas.

Belum lagi harus bersaing dalam hal pemasaran produk dengan brand yang sudah punya nama besar. Namun, bukan berarti hal ini membuatmu menyerah untuk menggeluti bisnis kecantikan. Ada banyak hal yang bisa kamu coba untuk mengawalinya, salah satunya adalah bekerja sama dengan jasa maklon kosmetik.

1. Jangan Salah Pilih Jasa Maklon

Foto: Dok. IST

Perusahaan yang menawarkan jasa maklon sudah banyak beredar di Indonesia. Jasa ini sangat membantu para pebisnis untuk membuat produknya dengan mudah dan praktis. Meski begitu, kamu perlu jeli untuk memilih jasa maklon yang terpercaya, agar produkmu bisa menarik di pasaran. Salah satu perusahaan maklon terbaik dan terkemuka di Tanah Air adalah PT. Mash Moshem Indonesia.

Perusahaan ini menawarkan jasa pembuatan beragam produk kosmetik. Ketika kamu ingin memiliki produk kosmetik dengan brand sendiri tetapi tidak tau bagaimana memulainya, maka menggunakan jasa maklon kosmetik adalah pilihan yang tepat. Bisnis maklon ini sangat cocok bagi anak muda jaman now alias Gen Z yang ingin jadi pengusaha kosmetik.

Perusahaan yang telah berdiri sejak tahun 2011 itu menawarkan jasa pembuatan kosmetik yang terpercaya dan memiliki service terbaik. Kamu tidak perlu pusing memikirkan bagaimana cara meramu formula kosmetik sampai pemasarannya.

Semuanya akan ditangani langsung oleh PT. Mash Moshem Indonesia. Perusahaan yang beralamat di Ruko Dian Istana G11 No. 7, Surabaya itu menawarkan service yang beragam mulai dari Tim business development, penyediaan bahan, formulator ahli (untuk pembuatan formula dan sampel produk), pengurusan legalitas BPOM dan berbagai sertifikasi lain seperti HAKI, Halal, HSA Singapura, dan Vegan. Mereka juga memiliki penyediaan kemasan hingga media promosinya.

|Baca Juga: Step By Step Make Up Natural untuk Pemula

2. Keunggulan PT. Mash Moshem Indonesia

Foto: Dok. IST

Perusahaan spesialis maklon ini telah  bekerja sama dengan lebih 965 brand kosmetik serta menghasilkan lebih 2563 produk kosmetik terdaftar di BPOM. Nggak cuma kosmetik aja, produk perawatan dari ujung rambut hingga ujung kaki juga bisa kamu request disini. Mulai dari skin care, body care, hair treatment, fragrance.

Mereka akan membuat suatu produk kosmetika atau skincare yang sesuai dengan pesananmu mulai dari bahan hingga spesifikasi yang diinginkan. Tentunya ada campur tangan para ahli di bidangnya.

Selain itu, produk kamu dijamin tidak akan sama dengan milik klien MMI (Mash Moshem Indonesia) lainnya. Dengan menjunjung One Formula for One Brand, tiap produk yang diciptakan di MMI punya nilai unik sendiri, jadi tidak perlu khawatir produkmu akan sama dengan yang lain karena privasi klien nomor satu. Selain itu brand yang kamu buat nanti akan dipromosikan juga di semua platform media sosial milik Mash Moshem Indonesia.

Tak hanya itu saja, pada 1 Oktober 2021 lalu, perusahaan milik Scorpi Fillia itu mendapatkan penghargaan sertifikat Vegan resmi dari NAC Amerika Serikat. Artinya, perusahaan maklon kosmetik ini dapat mencantumkan trademark symbol vegan pada produk kosmetik yang mereka buat secara legal.

Ha ini bagaikan angin segar bagi para calon pengusaha kosmetik yang ingin mengembangkan usaha mereka. Dengan menciptakan inovasi produk vegan cosmetic bersama Mash Moshem Indonesia. Sebab belakangan ini permintaan terhadap skincare atau kosmetik vegan semakin diminati oleh masyarakat.

Vegan skincare terbuat dari bahan botanical yang dicampur dengan produk olahan seperti madu, beeswax, lanolin dan squalane. Sehingga, tak hanya bermanfaat bagi diri sendiri, tetapi juga ikut membantu menjaga lingkungan serta ekosistem laut.

Selain itu, vegan skincare juga sangat efektif dalam memperhalus kerutan pada kulit, menutrisi dan menangkal dampak buruk radikal bebas. Produk yang paling banyak dicari di daerah perkotaan. Melihat fenomena tersebut, tim Research and Development (RnD) Mash Moshem Indonesia langsung membuat formulasi untuk produk tersebut.

Pada akhirnya, bahan organik yang terdapat pada produk vegan skincare lebih rendah terhadap resiko iritasi kulit. Sehingga aman digunakan sebagai produk perawatan kecantikan.

3. Proses yang Mudah, Praktis dan Anti Ribet

Foto: Dok. IST

Untuk melakukan ekspansi yang lebih besar lagi, tim Mash Moshem Indonesia gencar melakukan promosi. Dengan membuat acara seperti pameran atau bazar, dari situ mereka juga akan menjelaskan mengenai bisnis jasa maklon kosmetik yang masih jarang dimengerti banyak orang.

Seperti halnya yang dilakukan pada Sabtu (24/2) lalu. Lewat acara PLAY di Tunjungan Plaza, Surabaya. Booth Mash Moshem Indonesia dipadati oleh pengunjung dari berbagai kalangan. Mulai influencer, brand owner dan beauty enthusiast.

Dalam acara tersebut juga, Mash Moshem Indonesia memberikan penawaran menarik dan promo-promo besar bagi brand owner kosmetik. Dengan hadirnya Mash Moshem dalam acara tersebut akan semakin banyak entrepreneur muda yang mau melebarkan bisnis mereka di industri kosmetik, khususnya sebagai brand owner.

“Promo yang kami tawarkan mulai dari free pengurusan sertifikasi produk, potongan harga, dan masih banyak lainnya,” tutur Angel, tim pemasaran Mash Moshem Indonesia di lokasi acara.

Ia pun melanjutkan, “Karena di PLAY ini ada fesyen, kosmetik, kecantikan, dan lifestyle, kami ingin menjangkau lebih banyak audiens untuk memperkenalkan apa itu jasa maklon kosmetik. Khususnya juga memberitahukan apa saja layanan dan penawaran yang ada di PT. Mash Moshem Indonesia,” lanjutnya.

Meskipun bukan hal yang baru, namun pengetahuan masyarakat akan Jasa Maklon kosmetik masihlah kurang. “Mereka hanya sekadar tahu bahwa itu adalah perusahaan ‘pembuatan produk kosmetik’, tanpa tahu bagaimana regulasi dan apa saja keuntungannya untuk mereka,”  katanya.

Menurut Angel, bahkan tak sedikit orang yang salah kaprah menyebut perusahaannya sebagai bentuk lain dari dropshipper, agen, bahkan reseller. “Hal ini juga yang membuat event langsung seperti ini sangat penting dilakukan. Terlebih pertumbuhan bisnis kosmetik juga sangat pesat, khususnya di Indonesia. Akan sangat disayangkan bila pasar kosmetik kita hanya dipenuhi oleh brand-brand luar negeri saja. Sedangkan tenaga kerja dan kualitas produk dari perusahaan lokal pun tak kalah saing,” katanya.

4. Strategi Sukses Jadi Enterpreuneur Muda

Foto: Dok. IST

Seperti yang dijelaskan diatas, tren industri kosmetik semakin pesat. Jika diliat dengan cermat maka bisnis ini akan memberikan keuntungan yang menggiurkan. Hal ini sangat cocok bagi generasi Z untuk memulai karirnya sebagai entrepreneur. Sebelum terjun di dalamnya, ada 7 strategi dari Mosh Moshem nih yang wajib kamu catat,

  • Siapkanlah konsep bisnis yang matang dan terarah. Mulai dari produk kosmetik yang dibuat, proses produksi hingga pemasarannya. Kamu harus menyiapkan konsep bisnis kosmetik yang lebih rinci dalam setiap aspeknya, semua kegiatan bisnis yang akan dijalankan nanti setidaknya sudah terkonsep sejak awal.
  • Mengikuti trend yang sedang berlangsung juga jadi pertimbangan penting ketika kamu ingin meluncurkan produk kosmetik ke pasaran. Sebelum resmi dijual kamu bisa melakukan riset kecil-kecilan untuk mengetahui produk kosmetik apa yang sedang dibutuhkan dan digemari konsumen.
  • Tentukan target pasar atau sasaran produk kosmetik yang kamu buat. Sebab target pasar itu ibarat sebuah tujuan yang ingin dicapai yang tolak ukut produk kosmetik diterima konsumen.
  • Pilihlah metode pemasaran yang efektif untuk mengenalkan produk kosmetik ke para konsumen sekaligus mendapatkan konsumen atau pengguna produk kosmetik anda.
  • Carilah mitra kerja yang mempunyai visi dan misi yang sama. Mulai dari mitra untuk modal awal, kegiatan operasional produk hingga mitra untuk pemasaran. Jika hal ini sudah bisa dipenuhi niscaya bisnis kosmetikmu cepat berkembang.
  • Ciptakan pengalaman konsumen yang unik pada bisnis kosmetik yang dijalankan. Aspek ini berkaitan dengan produk kosmetik yang dibuat. Dengan kualitas produk kosmetik yang berkualitas maka kamu bisa membangun customer experience dalam cakupan besar kedepan yang akan menguntungkan bisnismu.
  • Pastikan produk kosmetikmu aman untuk digunakan, misalnya sudah berlabel BPOM dan bersertifikasi halal MUI. Produk kosmetik yang tersertifikasi akan digemari para konsumen karna keamananya tak diragukan lagi. Dengan begitu bisnis kosmetik kamu pun bisa berjalan tenang tanpa terganggu masalah legalitas dan keamanannya.

|Baca Juga: Selalu Tampil Glowing, Ini 7 Rahasia Cantik Jang Won Young ‘IVE’

5. Selalu Berikan yang Terbaik

PT Mash Moshem Indonesia tak pernah berhenti untuk memberikan yang terbaik bagi para pelanggannya. Dengan pengalaman lebih dari satu dekade lebih, tentunya perusahaan ini tak perlu diragukan lagi soal hasil kinerjanya. Terbukti dari banyaknya brand kosmetik yang telah mereka keluarkan, ini menjadi bukti kuat bila Mash Moshem memang perusahaan penyedia jasa maklon yang sudah ahli di bidangnya. Buat kamu yang tertarik berbisnis kosmetik, ini adalah kesempatan emas untukmu.

Nah untuk tahu informasi lengkapnya, kamu bisa cek official website mereka di mashmoshem.co.id dan follow akun Instagramnya di mashmoshem. Jadi tunggu apa lagi?. (adv) *pad/ika

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here