6 Cara Jitu Tetap Produktif Bekerja saat Puasa. Dijamin Ampuh!

Foto: Dok. Cedric Fauntleroy/Pexels

Puasa bukan alasan untuk kehilangan fokus dan produktivitas saat bekerja. Biasanya, rasa haus dan lapar sering menjadi pengganggu utama fokus kita ketika bekerja sambil berpuasa. Namun, hal tersebut dapat dilalui dengan menata kebiasaan di bulan Ramadan sebaik mungkin.

Berikut ini adalah beberapa tips menjaga fokus dan produktivitas kerja ketika berpuasa di bulan Ramadan. Melalui tips-tips ini, kamu bisa mempertahankan fokus dan tetap produktif ketika bekerja sambil berpuasa lho. Simak terus ya:

1. Niat

Yang pertama adalah niat, niat disini bukan hanya pelafalan doa niat puasa yang diucapkan pada malam hari. Namun niat yang dimaksud adalah meyakinkan diri bahwasannya puasa bukan menjadi penghalang untuk tetap bekerja. Pikiran yang positif dapat membantu tubuh untuk tetap produktif ketika bekerja seharian lamanya.

|Baca Juga: 7 Takjil Dadakan yang Cocok Buat Buka Puasa di Perjalanan

2. Mengatur jam tidur

Berbeda dengan hari-hari biasanya, jam tidur saat berpuasa akan terpotong waktu sahur, sehingga tidak dapat dipungkiri keesokan harinya badan akan merasa lemas. Cara mengatasinya adalah usahakan tidur lebih awal sehingga saat bekerja tidak mengantuk dan lemas maupun haus seharian.

3. Perbanyak minum air putih

Tips ini cukup membantu untuk mengurangi dehidrasi saat siang hari, karena dehidrasi dapat berpengaruh pada kemampuan fokus saat bekerja. Dehidrasi ringan dapat menurunkan memori dan kinerja otak, meningkatkan kecemasan, hingga merusak suasana hati. Oleh karenanya sangat disarankan untuk memenuhi kebutuhan harian tubuh akan air putih saat berbuka maupun sahur.

4. Mengkonsumsi makanan yang bergizi

Selain minum air putih yang cukup, salah satu tips yang tidak boleh terlewatkan adalah mengkonsumsi makanan bergizi yang terdiri dari karbohidrat, protein, lemak, dan vitamin.

Saat menahan lapar maka tubuh akan merasakan sakit kepala, kelelahan, dan penurunan fungsi otak atau tidak fokus. Oleh karena itu hindari makanan junk food atau makanan instan saat sahur atau berbuka. Selain itu, perbanyak pula mengkonsumsi makanan yang bergizi seperti sayur, buah, ikan, telur.

|Baca Juga: 8 Tips Berolahraga saat Puasa Agar Tubuh Tetap Fit Selama Ramadan

5. Meja kerja selalu rapi

Tips kelima ini bisa membuat kamu lebih semangat dan fokus bekerja saat menjalankan puasa, pastikan hanya barang-barang yang dibutuhkan yang ada di meja kerjamu. Untuk barang-barang pribadi simpan di laci meja kerja agar tidak mengganggu konsentrasi bekerja.

6. Lakukan hal yang menyenangkan

Yang terakhir adalah melakukan hal-hal yang menurutmu dapat membuat suasana hatimu senang ketika bekerja saat berpuasa. Hal ini akan membantumu melalui puasa hingga sore tiba. Kamu bisa mendengarkan musik atau video lucu di sela-sela kerja untuk memperbaiki suasana hati.

Itulah sederet tips agar kamu bisa lebih fokus dan semangat saat bekerja, semoga bermanfaat. *emy/ika

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here