11 Upacara Penobatan Raja dan Ratu dari Seluruh Penjuru Dunia

6. Kamboja (1928)

Kamboja sendiri sebetulnya telah melakukan banyak upacara penobatan di periode masa kini. Tapi, foto ini merupakan foto upacara penobatan Raja Monivong yang dinobatkan menjadi Raja Kamboja pada tahun 1928. Dalam foto, terlihat Sisowath Monivog diangkat di tandu emas saat meninggalkan Istana Devaninichai untuk arak-arakan kemenangan di jalan-jalan seluruh kota.

7. Kamboja (1956)

Setelah Raja Monivog, foto berikut adalah foto dimana Raja Norodom Suramarit dan Ratu Kossouan dinobatkan menjadi raja dan ratu Kamboja pada tahun 1956. Ada juga foto close-up dari Raha Norodom Sumamarit saat upacara penobatannya di istananya di Pnom-Penh pada 7 Maret 1956. Dalam foto itu, ia mengenakan seragam Kepala Angkatan Darat. Dimana Anggota Korps Diplomatik juga menghadiri upacara penobatan itu. Dirayakan dengan megah, penobatan tersebut juga menampilkan parade 8.000 tentara untuk meramaikan penobatan Raja Norodom Suramarit.

|Baca Juga:12 Potret Perabotan Rumah Baru Nagita Slavina, Harga Kompor Seharga Mobil

8. Kamboja (2004)

Dari Kamboja lagi, kali ini maju hingga tahun 2004. Dimana upacara penobatan pada tahun 2004 ini merupakan upacara penobatan paling baru yang dilakukan di Kamboja. Saat itu merupakan penobatan bagi Raja Norodom Sihamoni. Penobatan itu dilangsungkan dengan biksu tertinggi Kamboja mengguyurkan air suci kepada sang raja saat upacara keagamaan di Istana Kerajaan di Phnom Penh. Layaknya penobatan raja-raja Kamboja terdahulu, Raja Norodom Sihamoni juga dibawa menggunakan tandu emas ke singgasananya saat penobatan ini berlangsung. Ia diketahui merupakan putra dari raja pendahulunya, Raja Norodom Sihanouk.

9. Zulu (2022)

Foto: Dok. Phil Magakoe/GettyImages

Penobatan paling baru dalam daftar ini ada dari Zulu, Afrika Selatan. Misuzulu ka Zwelithini dinobatkan sebagai raja baru pada Agustus 2022 lalu. Acara itu dimeriahkan oleh tarian dan nyanyian tradisional yang turut memperingati prosesi bersejarah itu.

Acara puncaknya, Perdana Menteri Zulu, Pangeran Mangosuthu Buthelesu menyerahkan tombak kekuasaan pada sang Raja Baru.

10. Thailand (2019)

Foto: Dok. Lauren Decicca/GettyImages

Penobatan lain yang juga baru-baru ini terjadi ada dari Kerajaan Thailand. Penobatan Raja Maha Vajiralongkorn atau yang dikenal sebagai Raja Rama X, berlangsung sangat meriah.

Raja Vajiralongkorn diberikan mahkota yang terbuat dari emas seberat 7,3 kilogram. Kemudian ia ditandu dan dibawa berkeliling Bangkok sambil dipayungi dengan payung sembilan tingkat yang sakral.

11. Jepang (2019)

Foto: Dok. POOL/GettyImages

Meski tidak bisa dibilang acara penobatan, namun Jepang memiliki tradisi di mana Kaisar secara resmi mengumumkan kenaikan tahtanya ke Tahta Krisan di Istana Kekaisaran.

Nah itu dia merupakan potret-potret upacara penobatan dari masa ke masa di seluruh dunia. Menarik sekali bukan? *via/ika

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here