Cara Agar Anak Kos Bisa Makan Enak

tips untuk anak kos

Apa yang kamu pikirkan jika mendengar kata anak kos? Pasti rata-rata jawabannya adalah, mie instan, obat sakit maag, uang habis di pertengahan bulan, makan ngirit. Aduh nggak banget deh, padahal banyak cara yang bisa dilakukan agar tidak harus erat dengan hal-hal tersebut. Anak kos juga bisa kok makan enak, asal tahu cara mengelola keuangan. Gimana sih caranya? Nih tipsnya..

Catat Pengeluaran

Bagi anak kos yang baru saja menginjakkan kaki di kota rantau. Wajib hukumnya mencatat semua pengeluaran keuangan selama tiga bulan berturut-turut. Dengan begitu, kamu bisa melacak keborosanmu dan tahu berapa banyak uang yang harus kamu butuhkan dalam sebulan.

| Baca juga: 2022 Anti Miskin, Yuk Benerin Urusan Finansial Kamu dengan Tips Ini!

Bawa Minum Sendiri

Gara-gara pandemi, orang-orang jadi sadar untuk bawa botol minum sendiri. Momen ini bisa dimanfaatkan anak kos untuk menghemat pengeluaran. Selain itu kamu juga jadi terbiasa hidup sehat karena gemar minum air putih.

Cuci Baju Sendiri

Nggak ada salahnya sih kalau kamu mau mencucikan baju di tempat laundry. Tapi, daripada menghabiskan Rp 50 ribu per minggu untuk itu, lebih baik uangnya kamu simpan untuk cadangan dana darurat. Baju yang dicuci sendiri pun terjamin kebersihannya.

Masak Sendiri

Yuk rubah mindset makan enak itu nggak cuma bisa dibeli lho, tapi bisa juga dibuat. Daripada kamu menghabiskan uang di luar untuk membeli makan-makanan mahal, lebih baik kamu bikin sendiri di kos. Syukur-syukur bisa patungan sama teman. Dengan kualitas bahan yang sama kamu bisa dapat kuantitas lebih banyak. Soal resep? gampang! Cari aja di YouTube atau baca rubrik Reka Rasa, Tabloid Nyata.

| Baca juga: Bisa Ditiru! Tips Bijak Kelola Keuangan Ala Tantri Kotak

Pakai Transportasi Umum

Gunakan transportasi umum agar bisa menghemat pengeluaran. Naik kendaraan umum juga bisa bantu mengurangi kemacetan. Lagipula lebih asyik kan, jalan-jalan menikmati pemandangan hingga sampai di tempat tujuan.

Intinya, anak kos tetep kok bisa makan enak dan terhindar dari stereotype yang menyedihkan asal pandai atur uang. Selamat mencoba ya! (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here