Angelina Jolie Bantu Pengungsi Yaman di Tengah Konflik Ukraina – Rusia

angelina-jolie-jadi-relawan-yaman
Dok. Twitter Variety

Angelina Jolie tiba di Yaman, Minggu (6/3). Kedatangannya bertujuan untuk membantu pengungsi perang. Dia menggambarkan keadaan krisis di timur tengah layaknya perang di Ukraina. “Semua orang berhak mendapatkan belas kasih sayang yang sama,” tulis Angelina Jolie sebagai relawan pengungsi yang bekerja sama dengan Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB).

Dok. Instagram @refugees

| Baca juga: Konflik Berlanjut, Angelina Jolie Layangkan Tuntutan Baru Pada Brad Pitt

Mantan istri Brad Pitt itu baru saja mengabarkan info terbaru kepada 12,4 juta pengikutnya di Instagram bahwa dirinya berhasil mendarat di Kota Aden. Dia merupakan perwakilan dari badan pengungsi PBB United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR).

Saya sudah mendarat di Aden, untuk bertemu keluarga pengungsi UNHCR @refugees dan menunjukkan dukungan saya kepada rakyat Yaman,” jelasnya dalam keterangan. “Saya akan mengusahakan yang terbaik untuk berkomunikasi.

Ketika kita terus menyaksikan kengerian yang terjadi di Ukraina, dan menyerukan diakhirinya segera konflik dan akses kemanusiaan. Saya di sini, di Yaman untuk mendukung orang-orang yang juga sangat membutuhkan perdamaian.
Situasi krisis ini adalah krisis kemanusiaan terburuk di dunia, dengan satu warga sipil tewas atau terluka setiap jamnya pada tahun 2022. Ekonomi hancur oleh perang, lebih dari 20 juta orang di Yaman bergantung pada bantuan kemanusiaan untuk bertahan hidup,” imbuhnya.

| Baca juga: Desak RUU Anti Kekerasan Disahkan, Angelina Jolie: Saya Merasa Tidak Berharga!

Angelina Jolie memang telah lama menjadi advokat bagi rakyat Yaman. Aktris 46 tahun itu juga menyamakan krisis kemanusiaan di negara tersebut sama dengan kehancuran yang terjadi di Ukraina, dan mendesak belas kasih bagi mereka yang terkena dampak konflik tersebut. 

Minggu ini satu juta orang terpaksa melarikan diri dari perang yang mengerikan di Ukraina. Jika kita belajar sesuatu dari situasi yang mengejutkan ini, kita tidak bisa selektif tentang siapa yang layak mendapat dukungan dan hak siapa yang (harus) kita bela. Semua orang berhak mendapatkan kasih sayang yang sama.

Nyawa korban sipil konflik di manapun memiliki nilai yang sama. Setelah tujuh tahun perang, rakyat Yaman juga membutuhkan perlindungan, dukungan, dan yang terpenting, perdamaian,” pungkasnya.

Dok. Instagram Angelina Jolie

| Baca juga: Angelina Jolie Pisah dengan Putra Tertuanya

Perang saudara di Yaman antara pemerintah yang dipimpin Abdrabbuh Masnur Hadi dan pemberontak Houthi, memang sudah terjadi hampir delapan tahun lamanya. Jutaan warga sipil mengalami kelaparan, lebih dari 100.000 jiwa dilaporkan tewas di tengah konflik, termasuk pengeboman yang didukung Arab Saudi.

Aksi Angelina Jolie ini juga menuai banyak pujian dari pengikutnya di Instagram. Beberapa orang keturunan timur tengah juga terlihat mengucapkan terimakasih atas apa yang dia lakukan. “Andai saja banyak orang seperti Anda,” kata @taherevojdani. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here