6 Manfaat Pole Dance, Salah Satunya Bikin Cepet Kurus!

manfaat-pole-dance
Dok. ohbox.ch

Memulai hidup sehat bisa dilakukan dengan mengubah gaya hidup, seperti makan makanan yang sehat bergizi dan melakukan olahraga. Salah satu olahraga yang kini sedang digandrungi para artis adalah Pole Dance. Olahraga ini memadukan gerakan senam dan tari yang dilakukan di satu tiang. Menggabungkan latihan isometrik (latihan kekuatan otot, tanpa melibatkan sendi, red) untuk kekuatan otot dan latihan kardio. Berikut manfaat pole dance, dilansir dari Lifehack.

Bantu bakar kalori dengan cepat

Pole dance akan memberikan beban fokus pada otot, sehingga otot dapat terbentuk maksimal. Sebab gerakan pole dance membantu latihan isometrik dan kardiovaskular. Ketika kamu melakukannya, itu sama dengan kamu melakukan aerobik dan senam selama 30 menit, sehingga menyebabkan penurunan berat badan yang lebih efektif.

Mengurangi stres

| Baca juga: Gara-gara Pole Dance, Prilly Dibilang Mirip Wonder Woman

Salah satu manfaat pole dance yang jarang diketahui ternyata bisa memberikan dampak positif bagi kesehatan mental kita. Itu karena, saat tubuh dalam kondisi stres, adrenalin yang menumpuk ditubuh membuat cemas, mudah kesal, lelah, bahkan depresi. Satu kali sesi pole dance akan membantu kamu memecah adrenalin dan mengubahnya menjadi endorfin, hormon yang membuat kamu merasa senang. Jadi, kamu akan lebih tenang dan bahagia. 

Bagus untuk tulang dan persendian

Osteoporosis adalah salah satu masalah wanita, seiring bertambahnya usia. Ini bisa dicegah dengan terus melatih kekuatan tulang dengan pole dance. Mobilitas tulang yang meningkat karena rajin berolahraga bisa membantu secara signifikan mengurangi osteoporosis. Apalagi latihan ini tidak memberikan tekanan pada sendi jadi relatif aman, dibanding olah raga lain seperti lompat tali dan berlari. 

Bagus untuk jantung dan aliran darah

Menari di tiang ini sama bagusnya seperti menjalani aerobik dengan intensitas sedang sampai tinggi. Sebab olahraga yang melibatkan otot itu bisa membuat jantung memompa lebih cepat dan aliran darah lebih lancar. Beberapa gerakan pun bisa memecah aliran darah yang tersumbat. Sehingga olahraga ini sangat disarankan bagi kamu wanita kantoran yang lebih banyak menghabiskan waktu dengan duduk berjam-jam di kursi.

Tidur lebih cepat dan pulas

| Baca juga: Pamer Aksi Pole Dance, Dewi Perssik Ogah Disebut Ikut-ikutan

Apa jadinya bila kamu terus menekan diri untuk beraktifitas tanpa istirahat? Organ yang ada dalam tubuh akan bekerja tidak maksimal karena kelelahan. Maka istirahat seperti tidur, sama pentingnya dengan olahraga. Latihan fisik bisa membuat kamu tidur lebih cepat dan istirahat lebih pulas, sebab otot-otot yang meregang dan telah terpecah menjadi hormon endorfin karena manfaat pole dance bisa membuat tubuh lebih rileks.

Bangun rasa percaya diri

Ketika kamu rutin melakukan pole dance, rasa percaya diri akan meningkat, lantaran postur tubuh membaik, kekuatan otot bertambah, dan tubuh akan semakin kencang, tak ada lemak tersisa.

Jadi, setelah tahu manfaatnya apa kamu masih enggan untuk ikut olahraga unik ini? (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here