5 Tips Merawat Rambut Keriting

Punya rambut ikal seringkali dianggap menyusahkan. Kalau ada yang sepakat dengan hal tersebut, berarti belum tahu tips dan triknya merawat rambut keriting nih. Karena rambut dengan tipe tersebut butuh perhatian khusus, simak hacks yang telah di approved para ahli berikut ini!

Cuci rambut seminggu sekali

Rambut keriting rentan terhadap kekeringan, jadi mencucinya terlalu sering hanya akan memperburuknya. Satu minggu sekali adalah waktu yang pas untuk tetap mempertahankan minyak alami rambut. “Sebum adalah minyak alami yang dikeluarkan dari kulit kepala untuk memberikan kelembapan dan berfungsi sebagai mekanisme pelindung,” jelas Dre Demry-Sanders, penata rambut profesional Amerika.

Urai rambut sebelum dicuci

Rambut keriting memang rawan kusut, maka sebelum mencucinya kamu harus mengurainya terlebih dahulu. Jika kamu memiliki pola ikal yang longgar, sisir rambut dengan jari. Sedangkan untuk tekstur kasar dan pola ikal yang lebih kecil, gunakan sikat anti kusut atau sisir bergigi lebar.

Pakai conditioner dengan tepat

Tips merawat rambut keriting selanjutnya adalah gunakan conditioner secara tepat, tidak berlebihan. Ikuti petunjuk kemasan. Bila di kemasan menyatakan harus dibilas setelah 15 menit, maka lakukanlah. Karena membiarkannya lebih lama tidak akan memberi efek signifikan, kecuali hanya akan membuat kutikula rambut tersumbat. Bilas sampai bersih dengan menyeluruh, dan gunakan dari tengah ke ujung rambut.

Kenali porositas rambut keritingmu

Masih kata Sanders, “Penting untuk mengidentifikasi porositas rambut kamu ketika memilih produk untuk memastikan produk dapat diserap dengan baik.” Porositas rambut menggambarkan kemampuan rambut untuk menyerap air. Ada tiga tingkat porositas, yaitu rendah, sedang, dan tinggi. Gunakan produk ringan seperti busa dan mousse untuk rambut dengan porositas rendah.

| Baca juga: 10 Bidadari Victoria’s Secret Bagi Tips Kecantikan

Jangan sering menyentuh rambut

Kadang suka banget ya ngelus-ngelus rambut sendiri pas lagi wangi-wanginya. Tapi ternyata ini terlarang bagi pemilik rambut keriting, sebab rawan kusut. “Jari-jari kita menarik kelembapan, sehingga produk yang dipakai setelah keramas tidak dapat bekerja maksimal. Maka tunggu sampai benar-benar kering.” ujar Sanders. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here