Tara Basro Buka Suara setelah Foto Telanjangnya jadi Viral

foto-telanjang-tara-basro-viral
Foto: Dok. Instagram Tara Basro

Aktris Tara Basro menuai pro dan kontra, setelah membagikan potret yang memperlihatkan lekuk tubuhnya, pada Selasa (3/3) lalu. Setelah potretnya tersebut jadi viral, pemain film Perempuan Tanah Jahanam (2019) itu pun buka suara.

Pernyataan Tara diunggah oleh Executive Director SAFEnet, Damar Juniarto, di Twitter pribadinya, pada Rabu (4/3) malam. Ia mengungkap apa yang mendorong Tara mengunggah pesan agar para perempuan mencintai diri sendiri. Tak lupa ia juga menyertakan tagar #BelaTara dalam unggahannya itu.

Berawal ketika artis 29 tahun tersebut merasa tidak nyaman dengan foto-foto di media sosial yang selalu diedit agar terlihat sempurna. Puncaknya, ketika ia melihat efek krim pemutih yang membuat seorang korban memiliki stretch marks parah.

Jadi memang awalnya aku mumet bgt liat dimana2 foto di social media polished bgt.. orang2 berlomba2 mengejar kesempurnaan, nah kmrn peak nya pas aku liat info soal cream pemutih yang bikin kulit pemakainya stretch mark kayak macan, bener2 parah bgt,” begitu bunyi pernyataan Tara.

foto-bugil-tara-basro
Foto: Dok. Instagram Tara Basro

Baca juga: Pamer Lipatan Perut dan Stretch Marks, Tara Basro: Gue Cinta Tubuh Gue

Tara pun curhat kalau selama ini kampanyenya untuk mencintai diri sendiri selalu dipandang sebelah mata. Banyak yang tidak percaya dengan apa yang dikatakan Tara, karena mereka menganggapnya sebagai sosok yang sempurna. 

Dan selama ini kalau aku ngmg di social media soal self love banyak banget yang bilang “ah lo mah enak artis dll” karena mgkn mereka gak percaya karena keliatannya aku perfect di mata mereka,” curhat-nya.

Dari situlah, Tara berani membagikan fotonya tersebut. Ia ingin semua orang lebih mencintai dirinya sendiri. 

Nah aku pikir yaudah aku pengen post foto bener2 the real me, yang nunjukin semua bagian2 potensi insecurities, contohnya cellulites, big thighs big arms, lemak stretch marks dll. Biar orang bisa liat kalai kita itu semua sama,” pungkasnya. 

damar-juniarto-tara-basro-buak-seuara-foto-telanjang
Foto: Twitter Damar Juniarto

Baca juga: 4 Perempuan Hebat Dibalik Penyair Besar Chairil Anwar

Tara pun mengimbau para follower dan penggemarnya untuk terus mencintai diri sendiri dan menyebutnya sebagai ‘Worthy of Love’. Bahkan ia meminta para follower-nya untuk ikut menyebarkan kampanye tersebut. 

Begitu banyak yang terinspirasi dan berpartisipasi dalam gerakan ini. Tara pun mengunggah ulang beberapa bentuk ‘Self Love’ netizen lewat Instagram story-nya. 

Meski begitu, pihak Kemenkominfo menyebut foto telanjang yang dibagikan Tara Basro melanggar UU ITE. “Saya katakan bahwa itu memenuhi kategori melanggar asusila. Melanggar UU ITE ayat 1,” ujar Plt Kabiro Humas Kemenkominfo Ferdinandus Setu.

Baca juga: Habis Nonton Pengabdi Setan, Tara Basro Histeris di Rumahnya

Ferdinandus mengatakan bahwa ia menghargai pesan cinta diri sendiri yang dibagikan Tara. Namun konten foto yang dibagikan Tara dikatakan melanggar UU ITE Pasal 27 ayat 1.

“Setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan yang melanggar kesusilaan,” begitu bunyi UU ITE Pasal 27 ayat 1.

Lebih lanjut, Ferdinandus emgatakan kalau unggahan Tara kini telah dihapus. Tapi dia mengatakan kalau Kemenkominfo bukanlah dalang di balik hilangnya konten tersebut.

“Bukan Kominfo loh ya, bisa jadi report dari publik. Atau bisa jadi Tara Basro-nya sendiri yang take down,” tegasnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here