Indonesian Idol X Berakhir: Lyodra Juara, Tiara Bangga

lyodra-juara
Foto: Dok. Nyata

Masa penantian itu akhirnya berakhir. Grand final Indonesian Idol 2020 yang bertajuk Result & Reunion Show digelar di studio RCTI+ Kebon Jeruk , Jakarta Barat, Senin (2/3) malam. Hasilnya, finalis asal Medan Lyodra Ginting (16) berhasil mendapatkan perolehan suara terbanyak. Itu berarti Lyodra berhasil menyisihkan Tiara Anugrah (18), finalis asal Jember.

Kemenangan Lyodra disambut dengan kesenangan meriah dari fans dan keluarganya yang ikut hadir melihat langsung penampilannya di lokasi Result & Reunion Show. Dengan hasil itu, Lyodra mendapatkan hadiah uang tunai Rp150 juta, sebuah mobil dan motor. Sedang Tiara meraih hadiah Rp100 juta, sebuah mobil dan motor.

Perjuangan Lyodra untuk menjadi juara ajang pencarian bakat Indonesian Idol X tidaklah mudah. Lyodra harus mengalahkan ratusan ribu peserta yang ikut audisi dari seluruh Indonesia.

Panggung Result & Reunion Show Indonesian Idol X dibuka oleh penampilan Tiara dan Lyodra yang membawakan lagu Don’t Give Up On Me. Acara semakin meriah dengan hadirnya bintang tamu ternama, seperti NOAH, Lea Simanjuntak, Nella Kharisma, Rizky Febian, JFlow, Saykoji, dan para grand finalis TOP 12 Indonesian Idol X.

NOAH berhasil membuat seluruh penonton di studio ikut bernyanyi bersama. Lea Simanjutak, JFlow, dan Lyodra tampil memukau membawakan lagu Biring Manggis x Sik Sik Sibatumanikam.

Tak mau kalah, Tiara kembali menyanyikan lagu Pamer Bojo bersama Nella Kharisma dan Saykoji sontak membuat seluruh penonton ikut bergoyang. 

nella-kharisma
Nella KHarisma saat membawakan lagu Pamer Bojo. Foto: Bayu Aji/Nyata

Lagu And I’m Telling You I Am Not Going yang dibawakan Lydora membuat seluruh juri dan penonton berdecak kagum dibuatnya. Tiara membawakan I Surrender dengan penuh penghayatan.

Di tengah acara, Judika menyanyikan single terbarunya yang berjudul Tak Mungkin Bersama yang membuat Bunga Citra Lestari tak kuasa menahan air mata. 

Suasana studio RCTI+ menjadi menegangkan ketika host Daniel Mananta dan Sere Kalina mengumumkan siapa pemenang Indonesian Idol X. Suasana menegangkan itu mendadak riuh ketika host mengumumkan bahwa Lyodra menjadi juara Indonesian Idol X.

lyodra-dan-tiara
Foto: Dok. Nyata

Mendapatkan 18 kali standing ovation membuat Lyodra membuktikan bahwa usia tidak membatasi kreasi. Inilah yang Judika katakan usai acara. 

“Yang jelas aku bangga. Umur tidak membatasi kreasi, di umur mereka yang masih muda mereka bisa fight, kemarin Maria dari Medan sekarang Lydora dari Medan,” ujar Judika, bangga.

Judika merasa Lyodra membawa nama harum Sumatera Utara lagi. Judika pun mengakui bahwa lawannya juga luar biasa. 

“Aku harus bilang lawannya super super fight. Gila Tiara bisa memberikan perlawanan yang luar biasa. Karena itu semua orang nggak nyangka Lyodra bisa jadi juara. Itu yang penting,” imbuhnya.

Baca juga: Tiara dan Lyodra Sukses Membius Juri Indonesian Idol

Sang juara, Lyodra mengucapkan terima kasih untuk semua yang sudah mendukungnya selama di Indonesian Idol X ini. 

“Bukan perjalanan yang pendek dan mudah. Seneng banget rasanya, Puji Tuhan dan aku berterima kasih juga untuk juri-juri yang hebat, yang udah kritik aku dari awal sampai akhir itu yang membuat aku jadi seperti saat ini,” ungkap Lyodra.

Tiara sebagai runner up tak kalah bangga. Pasalnya, Tiara sempat berekspetasi bahwa dirinya hanya bertahan hingga bulan Desember. 

“Aku seneng banget sampai saat ini. Ini jauh dari ekspektasiku. Aku bawa koper dari Jember seadanya aja, bawa baju sedikit aja, karena aku mikirnya gak mungkin sampai empat bulan di sini. Ya mungkin sampai Desember lah, Tahun Baru sama keluarga, ternyata Tahun Baru bersama keluarga yang ada di sini, ini berkat judges. Mas Judika berkat titaniumnya. Terima kasih banyak,” beber Tiara, bangga.

Baca juga: Usung ‘Kebodohanku’, Keponakan Dewi Perssik Digaet Raffi Ahmad

Menurut Anang kemampuan Lyodra sudah terlihat dari awal, tapi Tiara memang bisa bersaing dengan Lyodra. “Hari ini adalah bukti mereka berdua layak ada di Grand Final, karena mereka mempunyai kemampuan di luar rata rata,” ujar Anang. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here