Traveller dari Swiss Dilarang Masuk Indonesia, Gimana Nasib Krisdayanti?

krisdayanti-liburan-ke-swiss-corona
Foto: Dok. Instagram Krisdayanti

Hingga Jumat (20/3) ini, jumlah kasus virus corona sudah mencapai 245.859 di seluruh dunia. Berbagai tindak pencegahan untuk mengurangi jumlah penyebarannya pun sudah dilakukan. Beberapa di antaranya adalah kampanye #socialdistancing dan #dirumahaja.

Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Republik Indonesia pun sudah membuat kebijakan soal perlintasan orang dari dan ke Indonesia. Dilansir dari portal resmi Kemenlu, para pendatang atau travelers yang baru saja datang dari delapan negara, seperti Iran, Italia, Vatikan, Spanyol, Perancis, Jerman, Swiss dan Inggris, tidak diizinkan untuk masuk ataupun transit ke Indonesia.

Jika dari riwayat perjalanan menunjukkan bahwa dalam 14 hari terakhir yang bersangkutan pernah berkunjung ke negara-negara tersebut, maka yang bersangkutan dapat ditolak masuk ke Indonesia,” begitu bunyi pernyataan resmi dari Kemenlu.

Peraturan tersebut berlaku mulai Jumat (20/3) pukul 00.00 tadi malam. Lalu bagaimana nasib Krisdayanti dan keluarga yang baru saja berlibur dari Swiss?

Melansir peraturan yang berlaku, Krisdayanti dan keluarga bisa tidak diizinkan masuk ke Indonesia atau bisa jadi akan ada pemeriksaan tambahan. Seperti dalam poin ke-12 kebijakan tersebut yang berbunyi:

Bagi WNI yang berkunjung ke negara-negara tersebut di atas, akan dilakukan pemeriksaan tambahan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan setiba di tanah air:

  • Apabila pemeriksaan tambahan menemukan gejala awal Covid-19 maka akan dilakukan observasi pada fasilitas pemerintah selama 14 hari;
  • Apabila tidak ditemukan gejala awal maka sangat dianjurkan yang bersangkutan melakukan karantina mandiri selama 14 hari.

Baca juga: Jalan-Jalan ke Luar Negeri saat Darurat Corona, Krisdayanti Banjir Hujatan

Seperti  diketahui, penyanyi yang akrab disapa KD itu memboyong suami dan dua anaknya untuk melancong ke Swiss sejak satu minggu lalu. Dari unggahan di Instagram-nya, KD tampak melakukan perjalanan pulang dari Swiss menuju Indonesia.

Ia pun mengunggah beberapa video yang menampakkan betapa kosongnya suasana Bandara  Zurich. Seakan hanya keluarga artis yang kini jadi anggota DPR-RI itu saja yang ada di sana.

krisdayanti-liburan-di-swiss-virus-corona
Foto: Dok. Instagram Krisdayanti

Tak hanya ketika di bandara, pesawat yang ditumpanginya pun terlihat kosong. Hanya KD, Raul, Amora dan Kellen saja yang tampak menempatinya. KD pun mengabarkan kalau keluarganya dalam keadaan sehat.

krisdayanti-corona-swiss
Foto: Dok. Instagram Krisdayanti

Baca juga: Sempat Sakit Hati pada Krisdayanti, Aurel: Pokoknya Hancur Banget!

Keputusan KD untuk melancong ke Eropa itu sendiri sudah mendapat berbagai respon. Banyak warganet yang kesal melihat mantan istri Anang Hermansyah itu justru berlibur ke luar negeri.

“Bu wakil tau gak kl disini kita lg social distancing? Smua dunia lg kondisi prihatin…,” tulis akun @titankamal. “Saat negaranya lagi mengkampanyekan lockdown…wakil rakyatnya malah jaln2 keluar negeri.gini nih kalo anggota parlemen cuma ngandelin nma besar,” tulis akun @geeta_5807.

Tak cuma itu, banyak pula yang meminta agar Krisdayanti dan keluarganya dikarantina setelah pulang ke Indonesia.

“Nanti pulang harus dikarantina dulu nih waahh parah nih wakil rakyat ?,” tulis akun @putihpucuk. “Nanti pulang harus dikarantina dulu nih waahh parah nih wakil rakyat ?,” tulis akun @ilunamanna. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here